Firestick vs. Roku – Perangkat Streaming Mana yang Cocok untuk Anda?

Device Links
Fire TVRokuDevice Missing?
Firestick dan Roku adalah dua pemain konten terlaris di pasar. Meskipun mereka memiliki beberapa fitur serupa, mereka bersinar di area yang berbeda. Jika Anda tidak yakin di mana Anda berdiri dalam debat Firestick vs. Roku, kami di sini untuk menjernihkan kebingungan.

Artikel ini akan menguraikan fitur utama dari kedua perangkat dan membantu Anda menentukan pemutar streaming mana yang paling cocok untuk Anda.

Tentang Firestick

Amazon’s Tongkat TV api adalah perangkat pengukus yang berguna untuk meningkatkan kualitas perangkat televisi Anda. Pemutar media digital memungkinkan Anda untuk mengalirkan konten video dan audio serta mengunduh aplikasi melalui TV Anda dengan mudah.

Amazon menawarkan beberapa model Firestick, sehingga pelanggan dapat memilih titik harga yang sesuai dengan anggaran mereka dan menikmati fitur pintar produk.

Ketika dipasangkan dengan stabil koneksi internet, Firestick memberi Anda akses ke platform streaming seperti Netflix, YouTube, Disney+, dan banyak lagi. Selain itu, perangkat ini memungkinkan Anda mendengarkan acara TV langsung dan mendengarkan konten audio dari Pandora, Spotify, dan aplikasi serupa.

Tentang Roku

Pemutar media Roku adalah perangkat yang mudah digunakan yang memberi pengguna cara bebas repot untuk mengakses audio dan video konten di TV mereka. Produk Roku mendukung platform streaming utama seperti Amazon Prime Video, Netflix, dan YouTube, tetapi mereka juga hadir dengan ratusan saluran eksklusif.

Perusahaan ini berkolaborasi dengan raksasa teknologi seperti Toshiba, TCL, dan RCA untuk memproduksi TV Roku yang ditunjuk. Produk ini membanggakan perangkat keras yang menyediakan dukungan Dolby Vision. Menggabungkan perangkat media Roku dengan TV yang ditentukan memungkinkan Anda untuk menikmati rentang streaming dinamis yang memberikan setiap adegan tampilan yang realistis.

Model Roku yang berbeda memenuhi berbagai anggaran, memastikan bahwa siapa pun dapat membuat home theater atau hub game.

Fitur Tongkat Api

Amazon’s Firestick dengan cepat menjadi pemimpin industri di dunia streaming, tetapi itu tidak berarti itu akan memenuhi semua kebutuhan Anda. Untuk memastikan Anda memilih perangkat media terbaik, mari kita periksa produk yang ditawarkan.

Harga

Banyak pelanggan tertarik dengan model Firestick asli yang paling murah, tetapi sebaiknya tunda belanja sampai musim diskon. Bergantung pada modelnya, pemain Firestick akan dikenakan biaya antara $30-$60. Namun, Amazon memiliki beberapa penjualan sepanjang tahun ketika membeli model terbaru lebih ramah anggaran daripada membeli yang asli. Semua produk Firestick hadir dengan Alexa yang terintegrasi dengan baik dan menawarkan kontrol handsfree, tetapi model yang lebih baru menampilkan beberapa keuntungan eksklusif.

Sebelum meraih dompet Anda, periksa apakah perangkat Firestick sedang dijual untuk mendapatkan perpaduan terbaik antara keterjangkauan dan kualitas.

Firestick Mobile App

Aplikasi Amazon Fire TV gratis untuk diunduh di Google Play Store dan Apple Store. Pengguna yang tidak puas dengan remote Firestick dapat mengunduh aplikasi dan mengubah ponsel Android atau iOS mereka menjadi remote yang mudah dinavigasi. Untuk meluncurkan aplikasi, yang harus Anda lakukan adalah memeriksa apakah Firestick dan ponsel cerdas terhubung ke jaringan nirkabel yang sama. Anda dapat menemukan film menggunakan keyboard bawaan atau perintah suara, mengakses game, dan menyesuaikan kontrol pemutaran.

Selain itu, aplikasi ini sangat cocok untuk bepergian karena Anda tidak perlu membawa remote untuk mengikuti acara favorit Anda. Firestick bergaya USB cocok dengan koper atau tas apa pun, memungkinkan Anda untuk mengalirkan konten bahkan saat Anda jauh dari rumah.

Amazon Voice Assistant

Remote berkemampuan Alexa dilengkapi dengan tombol mikrofon khusus yang mengaktifkan asisten suara dan memasangkannya dengan perangkat medianya. Anda dapat menggunakannya untuk menyesuaikan volume dan daya televisi dan bahkan mengakses perintah pemutaran lanjutan. Setelah Anda menekan tombol mikrofon, mengeluarkan perintah suara yang sesuai akan meminta Alexa untuk menelusuri acara, film, dan aplikasi dari berbagai platform.

Berkat integrasi Alexa, pengguna juga dapat memantau rekaman kamera keamanan rumah mereka di layar TV mereka. Selain itu, Firestick memungkinkan Alexa untuk menampilkan ramalan cuaca, hasil olahraga, atau info Wikipedia, keunggulan yang tidak dimiliki banyak perangkat streaming.

Ukuran Portabel

Pada pandangan pertama, pemutar media mudah disalahartikan sebagai flash drive USB tipis. Kecil dan praktis, stik terhubung ke TV melalui port HDMI. Pengaturan tanpa kabel berarti Anda tidak perlu khawatir tentang kabel yang rusak atau rusak yang mengganggu streaming Anda. Selama Firestick terpasang ke layar, Anda dapat bersantai dan mengikuti konten baru tanpa gangguan. Stik media responsif dan segera bertindak berdasarkan perintah yang datang dari remote nirkabel.

Dukungan Aplikasi

Platform Firestick memiliki akses ke platform populer seperti Netflix, Spotify, dan YouTube, memberikan pengguna peluang streaming yang tampaknya tak ada habisnya. Namun, saran teratas sebagian besar berasal dari aplikasi Amazon Prime. Meskipun Amazon menghasilkan banyak acara berkualitas, Anda harus menjelajahi layar beranda sebelum mendapatkan rilis non-Amazon.

Firestick menebus sedikit kekurangan ini dengan pilihan non-streamingnya. Pemutar media bekerja pada sistem operasi berbasis Android, dan pengguna dapat mengunduh dan meluncurkan aplikasi yang tersedia untuk perangkat Android dan Kindle. Anda bahkan dapat mengunduh game dan memainkannya di televisi karena tidak memerlukan peralatan game yang mahal.Fitur

Roku

Pemain Roku telah menjadi kebutuhan pokok di banyak rumah. Meskipun produk mungkin tampak melebihi harapan Anda, produk itu mungkin tidak memenuhi semua kebutuhan Anda saat tiba. Untuk mencegah pengambilan keputusan yang tergesa-gesa, mari kita lihat fitur utama Roku.

Harga

Dengan harga mulai dari $30-$100, perangkat Roku adalah gadget ramah anggaran yang menghilangkan kerumitan streaming konten. Kecuali untuk Roku Express asli, semua model mendukung streaming 4K dan HDR, memberikan Anda kualitas video dan audio yang sangat baik dengan harga yang wajar.

Tidak ada biaya tambahan setelah Anda membeli perangkat, tetapi beberapa konten berbasis langganan. Misalnya, tidak mungkin untuk melihat rilis Netflix atau Hulu tanpa mendaftar ke layanan platform.

Antarmuka yang Disederhanakan

Layar beranda Roku menampilkan saluran yang terpasang di menu utama, membuat proses penelusuran cepat dan mudah. Pengguna dapat mempersempit pencarian mereka dengan memasukkan informasi tentang aktor, genre, atau sutradara untuk pengalaman yang lebih personal. Selain itu, Anda dapat mengatur ulang tata letak saluran sehingga saluran favorit Anda muncul di bagian atas antarmuka.

Opsi Aplikasi

Gadget multiguna mengalirkan judul dari aplikasi utama seperti YouTube, Netflix, dan Hulu. Namun, ia juga memiliki “Saluran Roku” khusus yang berisi berbagai acara dan film gratis, memastikan bahwa Anda tidak akan pernah kehabisan konten menarik.

Selain itu, pengguna dapat mengakses bagian permainan dan mengunduh permainan arcade untuk menghabiskan waktu, dan memeriksa ramalan cuaca dengan mengetuk salah satu aplikasi cuaca.

Aplikasi Seluler

Gratis untuk perangkat Android dan iOS, aplikasi seluler Roku mengubah ponsel cerdas menjadi remote streaming yang andal. Aplikasi ini memindai perpustakaan media dan dengan cepat menemukan judul yang ingin Anda streaming. Selain itu, ia hadir dengan fitur “Play on Roku” bawaan. Aplikasi mengakses gambar, video, dan musik yang Anda simpan di ponsel dan mentransfernya ke layar TV saat Anda mengaktifkan opsi ini. Manfaat lainnya adalah mode mendengarkan pribadi, di mana Anda dapat memasukkan headset ke perangkat seluler Anda dan mengalirkan konten favorit Anda tanpa mengganggu orang lain.

Kontrol Suara

Roku remote memungkinkan pengguna untuk menjalankan serangkaian perintah suara terbatas, tetapi Anda masih dapat mencari acara dan film dan pilih opsi pemutaran secara handsfree. Namun, pemutar Roku kompatibel dengan Google Assistant dan Alexa.

Pembaruan Otomatis

Sementara beberapa pemutar media dengan cepat berjuang dan memerlukan pembaruan manual yang sering, ini bukan masalah dengan Roku. Produk secara otomatis mencari fitur baru dan memperbarui perangkat lunaknya, sehingga layar TV Anda tidak akan pernah berhenti karena perangkat lunak yang ketinggalan zaman.

Firestick vs. Roku: Mana yang Anda Pilih?

Meskipun Roku dan Firestick adalah pengiring streaming berperforma tinggi, beberapa perbedaan kecil ditetapkan mereka terpisah. Jika Anda mencari perangkat dengan lebih banyak aplikasi, fitur eksklusif, dan konten gratis, Roku adalah jawabannya. Di sisi lain, pengguna dengan beberapa produk Amazon Smart dan langganan Prime tidak akan salah jika mereka memilih Firestick.

Apakah Anda pernah menggunakan Firestick atau Roku sebelumnya? Fitur mana yang menarik Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.