Haruskah Anda Menginstal iOS atau iPadOS Beta di iPhone atau iPad?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

 

Menginstal versi beta iOS atau iPadOS di iPhone atau iPad itu mudah—tetapi hanya karena Anda bisa, itu tidak berarti Anda harus melakukannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda masuk ke kumpulan perangkat lunak pra-rilis Apple.

Dapatkan Cita Rasa Versi iOS dan iPadOS Masa Depan

Setiap tahun Apple memperbarui sistem operasi intinya untuk iPhone, iPad, dan Mac. Ini tiba sebagai pembaruan gratis sekitar musim gugur, dengan pengumuman awal biasanya datang di WWDC pada bulan Juni. Namun antara pengumuman dan rilis final, ada fase beta di mana Anda dapat menginstal versi pra-rilis dari perangkat lunak yang akan datang.

Ini mungkin menarik bagi Anda jika Anda bersemangat tentang apa yang akan datang. Perangkat lunak pra-rilis biasanya mencakup sebagian besar fitur baru yang dipamerkan Apple di WWDC, yang berarti Anda berpotensi dapat merasakan apa yang akan datang ke iPhone dan iPad sebelum orang lain.

Selain pengumuman besar seperti versi lama yang didesain ulang aplikasi, tweak ke layar beranda atau layar kunci, dan pengumuman “tiket besar” lainnya; Anda mungkin akan melihat berbagai tweak yang lebih kecil juga. Ini termasuk hal-hal yang disebutkan secara sepintas selama presentasi utama atau hal-hal yang tidak dibicarakan Apple sama sekali.

Menginstal versi beta iOS atau iPadOS juga memungkinkan Anda untuk langsung melakukan perubahan. Mungkin sulit untuk mengetahui bagaimana fitur baru bekerja dengan tepat, atau bagaimana hal itu memengaruhi aspek lain dari OS, tanpa membuat tangan Anda kotor dan menggunakannya. Jika Anda penasaran, Anda dapat menginstal versi beta dan memainkannya.

Perangkat Lunak Beta Memiliki Lebih Banyak Bug

Masalah besar dengan perangkat lunak pra-rilis adalah bahwa ini masih dalam proses. Tingkat pengawasan yang sama yang diterapkan pada rilis “final” tidak terlihat di sini. Perangkat lunak beta diharapkan memiliki bug, fitur yang hilang, dan masalah lainnya. Lihat subreddit r/iOSBeta untuk melihat beberapa contoh.

Masalah ini dapat mengenai hampir semua aspek sistem operasi. Anda mungkin menemukan bahwa fitur andalan seperti notifikasi tidak berfungsi dengan baik, atau fitur yang telah Anda gunakan selama bertahun-tahun (seperti AirPlay) benar-benar rusak. Ini dapat memengaruhi layanan inti seperti aplikasi Notes yang tidak disinkronkan dengan benar atau aplikasi Podcast yang menolak mengunduh episode terbaru acara favorit Anda. Perangkat lunak

Beta juga dapat sangat memengaruhi kinerja perangkat Anda. Tidak hanya hal-hal dapat berjalan jauh lebih lambat, tetapi Anda juga mungkin menemukan bahwa masa pakai baterai Anda tidak seperti yang Anda harapkan dan terkuras jauh lebih cepat daripada sebelumnya. Anda mungkin mengalami masalah dengan Wi-Fi atau Bluetooth, atau fitur seperti AirDrop tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain itu, beberapa fitur yang Anda harapkan mungkin tidak ada sama sekali. Anda mungkin melihat bug visual yang belum pernah Anda perhatikan sebelumnya, baik dalam fitur baru (seperti layar kunci atau perubahan layar beranda) dan yang lama (seperti Apple Maps yang tidak menampilkan petunjuk arah dengan benar dalam mode CarPlay). selanjutnya, dengan perangkat lunak yang biasanya meningkat seiring waktu. Namun terkadang, seperti halnya rilis final, versi baru dapat memperbaiki beberapa hal dan merusak lainnya. Itulah risiko yang Anda ambil.

Developer Betas vs. Public Betas

Ada suatu masa ketika versi beta Apple iOS dan iPadOS terbatas untuk pengembang. Untuk bergabung, Anda memerlukan langganan Program Pengembang Apple (berbayar) yang akan memberi Anda kemampuan untuk mendaftarkan perangkat Anda dan menginstal beta secara sah menggunakan iTunes.

Tujuan beta pengembang adalah untuk memungkinkan pengembang pihak ketiga menguji mereka aplikasi dan siapkan semuanya untuk rilis final. Beta pengembang ini masih ada dan tiba segera setelah pengumuman perangkat lunak baru di WWDC.

Apple sejak itu membuka program perangkat lunak beta untuk siapa saja yang ingin mengambil bagian. Dengan mendaftar ke Program Perangkat Lunak Apple Beta, perusahaan mengundang penggunanya untuk “mencoba perangkat lunak pra-rilis dan memberikan masukan untuk membantu kami menjadikannya lebih baik”. Versi ini tiba beberapa minggu setelah rilis beta pengembang awal dan biasanya lebih stabil dan kaya fitur.

Sebaiknya hindari beta pengembang sama sekali (kecuali Anda memelihara aplikasi), terutama jika Anda belum memiliki Program Pengembang Apple berlangganan yang akan dikenakan biaya $99. Jika Anda penasaran, Anda dapat bergabung dengan beta publik secara gratis dan masih dapat merasakan sistem operasi Apple berikutnya.

Secara umum, semakin lama Anda menunggu untuk menginstal beta, semakin baik. Versi yang lebih baru akan memiliki lebih banyak perbaikan, stabilitas yang lebih baik, dan fitur yang lebih lengkap. Ini bukan ilmu pasti untuk menyadari bahwa tidak ada perangkat lunak pra-rilis yang sempurna. Bahkan sebagian besar rilis iOS dan iPadOS “final” datang dengan bug dan segera ditindaklanjuti dengan patch kecil.

Hindari Perangkat Lunak Beta di Perangkat Utama Anda

Jika Anda masih tergoda untuk mencoba perangkat lunak beta Apple, Anda harus mencoba dan melakukannya di perangkat sekunder perangkat. Mungkin bukan ide yang baik untuk menjalankan iOS beta di iPhone yang Anda andalkan untuk pekerjaan atau navigasi di dalam mobil. Hal yang sama berlaku untuk iPad yang Anda gunakan sebagai perangkat pencatat utama di sekolah atau untuk mengobrol dengan rekan kerja melalui panggilan konferensi. kompatibel dengan rilis iOS yang akan datang). Jika iPad Anda adalah perangkat hiburan di rumah yang Anda gunakan untuk menonton video dan memainkan permainan aneh, Anda mungkin baik-baik saja mengorbankan stabilitas untuk menjalankan iPadOS versi berikutnya. )

Anda dapat menginstal iOS atau iPadOS versi beta setelah versi beta publik tersedia. Kunjungi Program Perangkat Lunak Apple Beta dari perangkat yang ingin Anda daftarkan dan ikuti petunjuk untuk melakukannya.

Jika nanti Anda memutuskan bahwa perangkat lunak pra-rilis bukan untuk Anda, Anda dapat menghapus versi beta dan menurunkan versi ke versi stabil terbaru.

Itulah berita seputar Haruskah Anda Menginstal iOS atau iPadOS Beta di iPhone atau iPad?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.