Haruskah Anda Meningkatkan ke Versi Profesional Windows 11?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Edisi Professional (Pro) Windows 11 menawarkan berbagai fitur yang tidak disertakan dalam versi Home. Jika Anda sudah menjalankan Windows 10 Pro, maka Anda tidak perlu khawatir tentang apa pun — Anda akan mendapatkan Windows 11 Pro secara otomatis. Tetapi apakah upgrade $99 layak untuk orang lain?

Apa yang Ditawarkan oleh Versi Profesional?

Sebagian besar fitur eksklusif di Windows 11 Pro terkait dengan manajemen dan pengaturan jarak jauh, serta kebutuhan khusus bisnis lainnya. Itu menarik—dan sering kali perlu—untuk bisnis. Itu sebabnya kebanyakan PC yang datang dengan Windows 11 menyertakan Windows 11 Home.

Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda harus mengupgrade PC rumah Anda untuk fitur-fitur tersebut, jawabannya hampir pasti tidak. Fitur-fitur tersebut tidak terlalu berguna di luar lingkungan bisnis atau pendidikan.

Ada beberapa fitur yang mungkin menarik bagi para penggemar Window.

Windows Sandbox

Windows Sandbox memungkinkan Anda menjalankan aplikasi di lingkungan virtual yang benar-benar terisolasi dari aplikasi lainnya. sistem. Ini bukan pengganti praktik keamanan yang baik dan dosis kehati-hatian yang sehat, tetapi ini memungkinkan Anda untuk membuka file atau program yang dicurigai tanpa risiko yang hampir sama dengan sistem Anda.

Sebelum Mengunduhnya kasus di mana Anda mengunduh executable yang seharusnya memungkinkan Anda menyesuaikan antarmuka pengguna PC Windows Anda. Biasanya, Anda akan dipaksa untuk menjalankannya melalui layanan seperti VirusTotal.com, kemudian benar-benar mencoba menginstalnya di PC Anda. Jika ini adalah jenis malware baru atau sangat pintar, sangat mungkin pemindai virus di VirusTotal (dan di PC Anda) akan melewatkannya. Kemudian Anda terjebak dengan komputer yang terinfeksi. Windows Sandbox akan memungkinkan Anda memuat executable ke lingkungan yang aman, menjalankannya, dan kemudian benar-benar melihat apakah itu berbahaya atau tidak, dengan risiko yang sangat kecil untuk komputer Anda.

Windows Sandbox jelas merupakan salah satu fitur paling berguna di Windows 11 Pro, dan sebagian besar pengguna dapat memanfaatkannya.

Hyper-V Manager

Hyper-V Manager adalah antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk Hyper-V. Hyper-V adalah hypervisor yang membuat dan mengelola mesin virtual.

Kedengarannya rumit, tetapi sebenarnya tidak terlalu buruk — mesin virtual hanyalah komputer ‘palsu’ yang berjalan di komputer Anda yang asli dan fisik komputer. Anda dapat melakukan segala macam hal dengannya, seperti menjalankan sistem operasi lain, menyetel RAM, inti CPU, memori video, dan pada dasarnya atribut lain yang Anda inginkan. Ada sejuta dan satu kegunaan untuk mesin virtual, dan mereka benar-benar hanya dibatasi oleh imajinasi, kreativitas, dan kebutuhan Anda.

Seiring berjalannya program virtualisasi, Hyper-V cukup bagus — iterasi kedua dari Subsistem Windows untuk Linux (WSL ) bergantung padanya, dan kinerja WSL cepat dan responsif. Hyper-V Manager hanya memungkinkan Anda memantau dan mengontrol mesin virtual yang menggunakan Hyper-V dengan antarmuka pengguna grafis. Ada banyak aplikasi virtualisasi yang tersedia untuk Windows, seperti VirtualBox atau VMWare Workstation Player, yang sangat bagus dan gratis. Proxmox dan EXSi keduanya merupakan pilihan yang baik jika Anda mencari sesuatu yang lebih canggih untuk menjalankan “bare metal” di server. Di antara keduanya, Proxmox mungkin lebih ramah terhadap pengguna baru.

Hyper-V Manager jelas merupakan alat yang hebat jika Anda perlu bekerja dalam ekosistem Windows untuk beberapa alasan, tetapi tidak menawarkan banyak untuk pengguna rumahan biasa — bahkan penggemar rumahan pengguna — jika mereka bersedia menggunakan alat pihak ketiga atau Kebijakan hypervisor.

Group berbasis Linux dan Editor Kebijakan Grup

Kebijakan Grup, dan Editor Kebijakan Grup Lokal, adalah alat administrasi Swiss Army Knife pada versi profesional Windows . Ini memberi Anda kontrol langsung atas banyak perilaku yang berbeda, termasuk pembaruan Windows otomatis. Penggunaan potensial lainnya terlalu banyak untuk dicantumkan secara eksplisit, tetapi ini adalah utilitas yang fantastis jika Anda ingin membuat Windows bertindak persis seperti yang Anda inginkan.

Pada akhirnya , Editor Kebijakan Grup adalah kemudahan yang luar biasa, tetapi tidak sepenuhnya diperlukan. Hampir semua hal yang dapat Anda lakukan dengan Editor Kebijakan Grup dapat diselesaikan dengan cara lain—seperti dengan mengedit Windows Registry—meskipun biasanya membutuhkan lebih banyak pekerjaan. Apakah kenyamanan sepadan atau tidak, biaya tambahan pada akhirnya tergantung pada preferensi pribadi.

BitLocker Encryption

Edisi Windows 11 Home menyertakan enkripsi perangkat biasa, yang mengenkripsi drive di komputer jika memiliki TPM 2.0 dan Anda masuk dengan akun Microsoft.

BitLocker Device Enkripsi sedikit lebih rumit — ini memberi Anda kontrol yang lebih terperinci atas cara kerja enkripsi perangkat Anda. Anda dapat mengenkripsi drive tertentu atau perangkat media yang dapat dilepas dengan Bitlocker To Go. Anda juga dapat mengontrol apakah seluruh drive dienkripsi atau hanya ruang yang digunakan pada drive—di antara pengaturan lainnya.

Mengenkripsi hard drive Anda sangat penting di dunia saat ini — kami menyimpan sejumlah besar informasi sensitif di komputer kami tanpa berpikir dua kali. Jika komputer Anda dicuri dan seseorang mulai mengobrak-abrik hard drive Anda yang tidak terenkripsi, mereka mungkin akan menemukan informasi yang cukup untuk menyebabkan banyak masalah. Jika Anda menyimpan salinan pajak di komputer Anda, itu mungkin cukup untuk mencuri identitas Anda.

Apakah kontrol ekstra sepadan dengan tuntutan Windows 11 Pro premium? Mungkin tidak. Enkripsi perangkat biasa yang ditawarkan oleh Windows 11 Home sudah cukup untuk menjaga informasi Anda aman dari pencuri, dan kontrol ekstra yang ditawarkan oleh Enkripsi Perangkat Bitlocker tidak meningkatkan perlindungan Anda, itu hanya memungkinkan Anda untuk menyesuaikannya.

Ada juga alternatif Bitlocker yang menarik. ada yang benar-benar gratis, seperti VeraCrypt. VeraCrypt dapat mengamankan file sensitif di PC Anda, seperti halnya BitLocker.

Remote Desktop

Peringatan: Sesuai sifatnya, segala jenis program atau protokol Akses Jarak Jauh meningkatkan kerentanan sistem Anda. Jika Anda tidak perlu mengaktifkan akses jarak jauh internet di PC, jangan lakukan itu.

Jika Anda sering bepergian atau memiliki banyak PC di rumah, Anda mungkin berharap dapat mengakses satu PC Windows dari PC lain alih-alih berinteraksi secara fisik dengannya. Remote Desktop memungkinkan hal itu — cukup aktifkan Remote Desktop di satu PC, instal Aplikasi Remote Access di perangkat pengontrol, buat koneksi, dan Anda siap melakukannya.

Remote Desktop hanya tersedia di Windows 11 Pro, meskipun Anda bisa gunakan aplikasi pada versi Windows apa pun.

Sangat menyenangkan memiliki protokol dan aplikasi desktop jarak jauh yang dibangun langsung ke dalam Windows, tetapi sangat sulit untuk mengatakan “pengguna rumahan harus membayar untuk fitur ini” ketika ada banyak alat akses jarak jauh gratis untuk menghubungkan ke PC atau Mac.

TERKAIT:5 Alat Akses Jarak Jauh Gratis untuk Menghubungkan ke PC atau Mac

Apakah Upgrade ke Windows 11 Pro Bermanfaat? Seperti biasa, sebagian besar tergantung pada keadaan spesifik Anda. Seperti berdiri, sebagian besar pengguna tidak akan melewatkan sebagian besar fitur yang ada di Windows 11 Pro.

Pengguna dan penggemar Power mungkin menginginkan beberapa fitur, terutama Sandbox, Manajer Hyper-V, dan akses ke Kebijakan Grup. Namun, hampir semua fitur tersebut memiliki alternatif pihak ketiga gratis atau solusi lain yang dapat menyelesaikan hal yang sama.

Mengingat biaya peningkatan dan betapa sedikit fitur yang bahkan dapat digunakan di pengaturan rumah, peningkatan ke Windows 11 Pro tidak layak itu untuk kebanyakan orang.

Cara Meningkatkan ke Windows 11 Pro

Jika Anda ingin memutakhirkan, Anda dapat melakukannya dari dalam Windows 11 Home. Buka Pengaturan> Sistem> Aktivasi dan gunakan opsi di bawah “Tingkatkan edisi Windows Anda.”

Tombol “Buka Toko” akan membuka aplikasi Microsoft Store, tempat Anda dapat membeli pemutakhiran dari Microsoft. Biayanya $99 di AS.

Anda juga dapat menggunakan tombol “Ubah” untuk mengubah kunci produk sistem Anda jika Anda memiliki kunci Windows 11 Pro atau Windows 10 Pro yang Anda peroleh dari tempat lain. (Namun, kami memperingatkan Anda agar tidak membeli kunci pihak ketiga pasar abu-abu murah yang Anda temukan online.)

TERKAIT:Kunci Windows 10 Murah: Apakah Berfungsi?

Itulah berita seputar Haruskah Anda Meningkatkan ke Versi Profesional Windows 11?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.