iCloud vs. Dropbox – Pertarungan Penyimpanan Cloud

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

penyimpanan
Cloud adalah cara aman untuk menyimpan proyek Anda. Dua opsi paling populer adalah iCloud dan Dropbox. Kedua platform memiliki fitur yang kuat, tetapi mana yang lebih baik?

Artikel ini akan membandingkan iCloud dan Dropbox.

iCloud dan Dropbox: Perincian Mendalam

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Dropbox atau iCloud lebih baik adalah dengan menganalisis semua aspek platform, termasuk alat produktivitas , antarmuka, dan harga.

Alat Produktivitas

iCloud dirancang untuk penggunaan bisnis dan pribadi, memungkinkan Anda menyimpan foto, dokumen, dan file lain di perangkat Apple Anda. Ini memiliki banyak alat menarik, termasuk aplikasi iWork.

Suite ini menyediakan akses instan ke berbagai alat produktivitas. Mereka memungkinkan Anda untuk menyimpan file Anda di iCloud, dan Anda dapat mengaksesnya di halaman web iCloud.

Fitur yang paling mengesankan dari suite ini adalah memfasilitasi presentasi, spreadsheet, dan proyek berbasis teks. Ini menggabungkan fungsionalitas banyak program, jadi tidak perlu membeli aplikasi tambahan. Selain iWork, Anda dapat berintegrasi dengan alat praktis lainnya, seperti iA Writer dan GoodReader.

Sementara iCloud secara dramatis meningkatkan kinerja tempat kerja Anda, Dropbox menawarkan kemampuan produktivitas yang lebih baik. Platform ini berfokus pada kolaborasi tim dan bisnis, memungkinkan Anda menyelesaikan proyek dan menetapkan tugas tanpa hambatan.

Dropbox menonjol dari persaingan karena paket Microsoft Office 365 yang disertakan. Hasilnya, Anda dapat menyimpan berbagai macam file, dari spreadsheet hingga presentasi. Anda bahkan mungkin dapat berbagi database Microsoft Access dengan platform ini dan mengizinkan pengguna lain untuk mengeditnya. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda mengedit dokumen Office secara online di Office 365.

Hal hebat lainnya tentang Dropbox adalah berbagi kata sandi. Sebelum mengirim tautan ke Word Doc, PDF, atau file lain, Anda dapat melindungi tautan dengan kata sandi. Dengan cara ini, hanya penerima yang dapat mengaksesnya, yang secara drastis meningkatkan keamanan.

Berbagi Keluarga dan Versi

Jika Anda mencari penyimpanan keluarga yang mudah digunakan, Anda tidak akan salah dengan iCloud. Anggota dapat mengakses berbagai layanan Apple, termasuk Apple TV+, Apple Music, Apple Fitness+, dan Apple Arcade. Anda juga dapat berbagi Apple Books, pembelian App Store, atau album foto keluarga Anda. Ini membuatnya sempurna untuk penggunaan dasar.

Pengguna tingkat lanjut mungkin lebih baik menggunakan Dropbox. Ini bekerja sangat baik untuk berbagi file, baik Anda dan anggota tim Anda perlu mengakses file Doc atau PDF.

Selain itu, platform ini adalah salah satu solusi versi terbaik. Fitur ini pada dasarnya adalah riwayat file Anda. Saat Anda mengubah file, itu menandai instance yang lebih baru dan memperbarui catatan. Ini juga memungkinkan Anda untuk kembali ke salinan lama jika Anda membuat perubahan yang tidak disengaja.

Versi Dropbox meminimalkan risiko ransomware, yang dapat merusak sistem Anda. Selain itu, ini berfungsi sebagai tombol reset yang memungkinkan Anda untuk membalikkan perubahan apa pun dan memulihkan versi yang lebih lama. Anda tidak dapat menggunakan pencadangan tanpa batas, tetapi ini masih merupakan keuntungan besar.

Terakhir, Dropbox terkenal dengan pratinjau web filenya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengomentari bagian tertentu dari file pratinjau Anda. Ini sempurna untuk kolaborasi cepat pada proyek yang tidak mengharuskan Anda untuk membuka dokumen besar seluruhnya.

Performance

Anda tidak akan mengalami masalah saat mengunggah dan menyinkronkan file di Dropbox dan iCloud. Mereka memungkinkan Anda mengunggah file menggunakan ponsel cerdas, browser web, atau komputer Anda. Anda dapat mengunggah hingga 50GB di iCloud, apa pun platformnya. Batasnya sama jika Anda menggunakan Dropbox di browser, tetapi melompat ke 2TB jika Anda menyelesaikan proses dengan aplikasi seluler atau desktop.

iCloud adalah layanan yang dikonfigurasi dengan baik untuk perangkat Apple. Ini dapat digabungkan dengan mulus ke iPad, iPhone, atau Mac untuk mengatur file.

Misalnya, Anda dapat dengan mudah mengatur struktur folder di Finder dan mencadangkannya ke akun iCloud Anda. Atau, Anda dapat menyinkronkan gambar dari rol kamera dengan perangkat apa pun.

Integrasi bawaan berarti Anda harus melakukan penyiapan minimal. Jika Anda memiliki gadget Apple, Anda sudah memiliki akun iCloud. Perangkat lunak yang diperlukan untuk menyimpan file juga ada. Semakin banyak perangkat yang Anda sambungkan ke penyimpanan, semakin banyak yang akan Anda peroleh.

Satu-satunya kelemahan adalah tidak berfungsi dengan baik dengan perangkat yang tidak terkait, seperti PC Windows. Seringkali kikuk di komputer ini dan dilengkapi dengan antarmuka yang hambar.

Ini membawa kita pada manfaat paling signifikan dari kinerja Dropbox – integrasi yang lancar dengan perangkat apa pun. Platform ini bekerja sangat baik dengan komputer Windows dan Mac. Ini juga bekerja dengan baik dengan Windows File Explorer dan Finer.

Selain itu, aplikasi ini beroperasi dengan sedikit bug di sebagian besar tablet dan ponsel.

Meskipun Anda dapat menggunakan Dropbox di gadget apa pun, pengaturannya di perangkat iOS bisa memakan waktu. Tidak ada integrasi asli dengan produk ini, jadi Anda harus mendaftar dan menginstal program.

Support

Jika Anda kesulitan menggunakan iCloud, Anda selalu dapat beralih ke dukungan andal Apple. Bahkan jika Anda menjalankan paket gratis, Anda harus dapat menghubungi teknisi dengan cepat. Waktu tunggu sekitar satu hingga dua menit.

Sebaliknya, hanya anggota Tim Bisnis yang dapat mengakses dukungan telepon dengan Dropbox. Anda tidak dapat menghubungi teknisi jika Anda memiliki versi gratis, jadi Anda terbatas pada chatbot Anda. Jika Anda meningkatkan ke paket berbayar, Anda juga dapat menghubungi tim dukungan mereka melalui email. Mereka biasanya merespons dalam 24 jam.

Interface

Dropbox memiliki antarmuka yang hebat di seluruh platform. Baik Anda menjalankannya di desktop, seluler, atau browser, aplikasi ini mudah digunakan. Pengguna Windows dan Mac dapat melihat Dropbox mereka di Windows File Explorer atau Finder tanpa menggali lebih dalam. Ini memungkinkan Anda menjatuhkan dan menghapus file dari penyimpanan cloud Anda dalam hitungan detik.

Perusahaan telah membawa antarmuka ke tingkat berikutnya dengan pembaruan terkini. Mereka membuatnya lebih bersih, sehingga Anda dapat mengenalinya dengan mudah di semua platform. Misalnya, menyinkronkan, memberi tahu, dan berbagi dari area pengaturan menjadi mudah, bahkan jika Anda seorang pemula.

Sulit untuk menemukan kesalahan dengan antarmuka iCloud juga. Kurva pembelajarannya minimal, dan Anda dapat memanfaatkan beberapa fitur untuk mengatur penyimpanan Anda dengan lebih efisien.

Menavigasi iCloud sangatlah mudah. Antarmukanya mudah dinavigasi (baik di laptop dan ponsel Anda) dengan tampilan penuh warna yang mengubah pengaturan file menjadi mudah. Anda juga dapat memberi kode warna dan menandai folder dan file untuk mengambilnya dalam hitungan detik.

Hal ini terutama berlaku jika Anda terbiasa dengan perangkat iOS. Jika Anda sudah memiliki iPhone atau iPad, Anda tidak akan kesulitan untuk menggunakan iCloud. Menangani pencadangan dan file tidak bisa lebih sederhana.

Speed

Anehnya, iCloud lebih cepat daripada Dropbox. Ini mungkin terdengar tidak terduga, mengingat Dropbox mengungguli pesaingnya dalam hal produktivitas dan kinerja.

Meskipun demikian, iCloud memungkinkan Anda mengunggah dan mengunduh file lebih cepat, terutama karena berjalan di server Amazon Web Services. Mereka terkenal dengan kecepatan luar biasa tinggi, mengungguli server Eropa dan Asia yang diandalkan Dropbox.

Faktor lain yang berkontribusi adalah batasnya. Dropbox membatasi kecepatan unggah, sedangkan iCloud menggunakan bandwidth maksimum yang tersedia untuk setiap file.

Namun, Dropbox mungkin lebih cepat saat memproses file yang diedit lebih besar. Aplikasi menggunakan sinkronisasi tingkat blok untuk mengunggah hanya bagian yang telah diubah dan bukan seluruh dokumen. Ini dapat mempercepat proses secara signifikan.

Pricing

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengguna Dropbox mendapatkan penyimpanan gratis 2GB, sedangkan pelanggan iCloud menerima 5GB. Opsi ini cukup untuk penggunaan pribadi, tetapi profesional membutuhkan lebih banyak. Untuk memastikan lebih banyak ruang, Anda harus membayar biaya.

Paket Dropbox termurah adalah $11,99 per bulan. Anda bisa mendapatkan paket ini dengan harga lebih murah $2 per bulan jika Anda membeli setahun penuh di muka. Ini menyediakan 2TB ruang.

Opsi lain adalah paket Profesional mereka, yang dilengkapi dengan penyimpanan 3TB. Biayanya $19,99 atau lebih dari $16 per bulan jika ditagih setiap tahun.

Tim yang lebih besar dapat membeli penyimpanan tak terbatas. Misalnya, sebagian besar perusahaan menggunakan paket Lanjutan, dengan biaya $25 per pengguna per bulan. Itu menyimpan jumlah file yang tidak terbatas, tetapi Anda hanya dapat menggunakannya jika tim Anda terdiri dari setidaknya tiga anggota.

Sementara itu, iCloud menghargai paket berbayar dasarnya dengan $0,99 per bulan, menawarkan penyimpanan 50GB. Atau, Anda dapat membeli paket 200GB dengan harga sekitar $3,00 per bulan atau paket 2TB, dengan biaya $9,99 per bulan. Tidak ada komitmen tahunan.

Meskipun iCloud tidak memiliki penyimpanan tak terbatas, ini adalah opsi yang lebih terjangkau.

Putusan Akhir: Mana yang Harus Anda Pilih?

Apakah Anda memilih Dropbox atau iCloud, Anda tidak akan kecewa. Konon, platform tidak dibuat untuk pengguna mana pun.

Jika Anda mencari aplikasi langsung yang ditujukan untuk penggunaan keluarga dan pribadi, iCloud adalah pilihan yang lebih baik. Dropbox memiliki fitur sederhana, penyiapan minimal, dan terintegrasi secara mulus dengan perangkat lain dan perangkat Apple.

Sebaliknya, Anda dapat memperoleh manfaat lebih banyak dari Dropbox jika Anda adalah pengguna bisnis. Ini membanggakan fitur produktivitas yang kuat untuk membuat beban kerja Anda lebih mudah dikelola. Plus, Anda dapat membayar untuk penyimpanan tak terbatas, yang sangat penting untuk kolaborasi tim yang efektif.

Aplikasi mana yang Anda sukai: Dropbox atau iCloud? Apakah Anda akan merekomendasikan opsi lain untuk pengguna individu dan profesional? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.