Inilah Cara Membersihkan Earbud Kotor Anda dengan Benar

Jawab dengan jujur: kapan terakhir kali Anda membersihkan earbud secara sah? Jika Anda tidak ingat (atau jika Anda memalingkan muka dari layar karena malu karena Anda belum pernah membersihkannya), jangan khawatir: inilah semua yang Anda butuhkan untuk membersihkan kuncup dengan benar.

Prosesnya sederhana, bahkan jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, Anda akan dapat mengikuti setiap langkah hingga earbud Anda terlihat bagus dan berkilau lagi, seperti yang Anda lakukan saat pertama kali mengeluarkannya dari kotaknya! Semua bahan pembersih adalah barang-barang yang mungkin sudah Anda miliki di sekitar rumah, meskipun Anda dapat dengan mudah mengambilnya di toko bahan makanan setempat. Kami juga menyertakan beberapa tips untuk menjaga earbud Anda tetap bersih lebih lama, sehingga Anda tidak perlu terlalu sering membersihkannya!

Mengapa Anda Harus Membersihkan Earbud Anda?

Membersihkan earbud Anda memiliki dua tujuan: kebersihan dan pemeliharaan. Ya, earbud memudahkan Anda mendengarkan lagu favorit setiap hari, tetapi juga merupakan vektor kecil bagi bakteri. Kotoran telinga, minyak, sel kulit, lotion, riasan, debu, dan kotoran lainnya sering terkumpul di earbud ini saat Anda memakainya. Hal ini dapat menyebabkan earbud menjadi kotor, terlihat kotor, dan bahkan berpotensi menyebabkan telinga tersumbat oleh kotoran telinga, yang dapat mengganggu pendengaran Anda.

Jika Anda tidak membersihkan earbud secara teratur, penumpukan apa pun yang ada dapat merusak driver earbud, kisi kisi speaker pelindung, dan komponen elektronik. Itu juga dapat mendistorsi musik Anda, yang tidak diinginkan siapa pun. Pikirkan seperti ini: Anda tidak akan mengenakan pakaian kotor atau menggunakan peralatan dapur yang kotor (kami harap); earbud Anda seharusnya tidak berbeda. Elektronik bersih adalah elektronik bahagia.

Seberapa Sering Anda Perlu Membersihkannya?

Tidak ada aturan standar untuk ini, tetapi akal sehat menentukan untuk membersihkannya berdasarkan penggunaan Anda. Earbud yang Anda pakai setiap hari saat bekerja? Beri mereka pembersihan menyeluruh sekitar seminggu sekali. Earbud yang Anda pakai saat berolahraga? Itu harus dibersihkan lebih sering, seperti setelah setiap latihan (terutama jika Anda banyak berkeringat). Mungkin juga tidak ada salahnya untuk membersihkannya lebih banyak selama bulan-bulan panas, karena Anda akan lebih sering berkeringat.

Selain itu, sebaiknya periksa earbud Anda sesekali. Bersiaplah untuk segera membersihkannya jika Anda melihat ada debu atau kotoran telinga yang terkumpul; jangan menunggu sampai nanti untuk menangani pekerjaan ini, karena itu hanya akan membuat kotoran lain lebih mudah menumpuk.

Cara Membersihkan Earbud Anda

Baiklah, saatnya untuk membahas seluk beluknya di sini. Silakan ambil earbud Anda dan mari kita mulai. Anda memerlukan persediaan berikut:

AirSikat gigi baruKain lembut yang tidak berbuluKapas penyeka kapasBeberapa tusuk gigiIsopropil alkohol Handuk kertasSabun cuci piring lembutTisu alkohol (opsional)Udara kalengan (opsional)Dempul/gel pembersih (opsional)Sarung tangan sekali pakai (opsional)

Saat membersihkan earbud, Anda harus selalu cobalah untuk menjaga prosesnya tetap sederhana. Lebih sedikit lebih banyak di sini, dan tidak perlu menandai peralatan berat atau bahan kimia apa pun. Selain itu, jangan invasif kecuali Anda benar-benar perlu, dan selalu bersikap lembut. Jika Anda tidak ingin menyentuh kotoran apa pun di earbud Anda, jangan ragu untuk juga memakai sepasang sarung tangan sekali pakai sebelum memulai.

Tips Membersihkan Earbud Gel

Ini adalah bagian yang paling mudah dibersihkan. Jika earbud Anda memiliki ujung gel atau silikon (yang secara default dilakukan oleh Apple AirPods Pro dan banyak earbud murah lainnya), lanjutkan dan lepas. Anda benar-benar dapat membilasnya dengan air; jika masih ada kotoran yang menempel, basahi kapas dengan air dan oleskan sedikit pada setiap ujungnya. Lakukan dengan hati-hati agar tidak sobek.

Letakkan di atas tisu dan biarkan mengering sepenuhnya sebelum memasangnya kembali. Anda tidak perlu menggunakan bahan pembersih yang keras atau alat lainnya. Dan jika Anda benar-benar tidak ingin berurusan dengan ini, Anda selalu dapat mengganti tip earbud gel atau tip earbud busa (kami tidak akan memberi tahu).

Cara Membersihkan Earbud dengan Busa

Tips earbud busa juga cukup mudah dibersihkan. Anda akan melepaskannya dari setiap earbud, yang dapat Anda lakukan dengan mencubit dan menariknya dengan lembut dari batangnya. Mulailah dengan membilasnya dengan air hangat, lalu gunakan deterjen ringan seperti sabun cuci piring. Gunakan kapas untuk membersihkan bagian dalam, lalu biarkan mengering di atas tisu. Jangan pasang kembali earbud sampai benar-benar kering.

Cara Membersihkan Kisi-kisi Speaker Earbud

Membersihkan panggangan adalah bagian tersulit dari proses pembersihan. Penumpukan kotoran di sini terlihat menjijikkan dan juga berpotensi bersarang di lubang kecil panggangan atau melewati dan mengganggu komponen internal. Hal ini dapat menurunkan kapasitas kinerjanya, menyebabkan masalah seperti volume yang berkurang atau earbud langsung rusak.

Menjaga panggangan tetap bersih penting untuk semua earbud, tetapi terutama AirPods karena tidak memiliki ujung gel atau busa yang dapat bertindak sebagai penyangga kotoran telinga dan kotoran lainnya. Kisi-kisi speaker sangat halus, jadi berhati-hatilah di sini saat Anda membersihkan. Juga, perlu diingat bahwa pembersihan sedikit lebih sulit karena mereka memiliki lubang di dalamnya. Anda tidak bisa begitu saja mencelupkannya ke dalam air dan berhenti sejenak—Anda perlu meluangkan waktu di sini dan memastikan Anda memiliki peralatan yang tepat.

Jika Anda menggunakan earbud dengan ujung gel atau busa, lanjutkan dan lepaskan mereka sebelum membersihkan panggangan mereka. Pertama, ambil kain lembut yang tidak berbulu dan bersihkan panggangan dengan lembut; ini seharusnya menghilangkan sebagian besar kekacauan, tetapi mungkin tidak akan menyelesaikan semuanya. Jika demikian, ambil sikat gigi kering dan gerakkan perlahan di atas permukaan panggangan, pastikan Anda melewati bagian tepi dan tengahnya. Kami juga merekomendasikan untuk memiringkan earbud (atau memegangnya terbalik) saat Anda membersihkan, untuk mendorong puing-puing jatuh ke meja atau meja Anda alih-alih jatuh ke bud.

Ada beberapa langkah tambahan yang dapat Anda ambil jika kotoran Anda pertempuran ekstra menantang. Pertama, ambil kapas, basahi dengan alkohol isopropil, peras kelebihannya, dan oleskan pada kotoran yang membandel. Kedua, ambil tusuk gigi atau tusuk kayu (atau apa pun yang serupa, sebaiknya bukan logam), dan dorong sedikit kotorannya. Ketiga, ambil gel pembersih atau dempul dan tekan perlahan; pastikan untuk tidak terlalu keras dengan ini; jika tidak, Anda berisiko meninggalkan beberapa di belakang panggangan. Anda juga dapat mencoba keberuntungan Anda dengan pembersih pipa atau udara kaleng, meskipun ini adalah opsi yang lebih berisiko.

Cara Membersihkan Badan Earbud

Bagian terakhir yang perlu Anda bersihkan adalah badan earbud dan, untungnya, cukup mudah dan tidak akan sulit’ tidak memakan banyak waktu. Bersihkan kotoran di tubuh dengan sikat gigi kering atau kain lembut. Jika Anda perlu sedikit lebih teliti, basahi kapas dengan air, singkirkan kelebihannya, dan oleskan ringan di area yang terkena. Namun, hindari kelembapan di dekat kisi-kisi speaker, titik konektor pengisian daya, atau celah di sekitar tombol fisik apa pun.

Jangan Lupa Membersihkan Casingnya

Meskipun earbud adalah fokus utama di sini, menjaga kebersihan casing pengisi daya juga penting. Percaya atau tidak, kasing bisa sama kotornya dengan earbud. Lagi pula, mereka tidak hanya menampung kuncup Anda di antara penggunaan tetapi juga melindunginya dari kejahatan kotor dunia di sekitar mereka. Jika Anda secara teratur meletakkan kasing di saku, di atas meja, atau membawanya sepanjang hari setiap hari, kasing itu kotor—percayalah kepada kami.

Jadi, bagaimana Anda membersihkan kasing pengisi daya earbud Anda? Sederhana. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengambil kain kering atau sikat gigi dan menghilangkan potongan besar kotoran atau kotoran di bagian luar dan di sekitar engsel untuk tutupnya. Di situlah sebagian besar kotoran menempel pada kasing. Anda juga dapat menggunakan udara kalengan atau tisu alkohol yang cepat kering untuk menyeka casing, tetapi hindari port pengisian daya dan konektor pengisi daya apa pun jika Anda menggunakannya. Jika earbud Anda tidak mengisi daya dengan benar (atau sama sekali), penumpukan kotoran bisa menjadi alasannya.

Anda juga harus memastikan interiornya bebas dari kotoran telinga. Sangat mudah untuk memindahkannya dari earbud ke kasing dan mengumpulkannya di sana. Mulailah dengan kain kering yang lembut dan lihat apakah itu berhasil. Jika tidak, ambil kapas, basahi sedikit dengan air atau isopropil alkohol (peras sebelum mulai membersihkan), lalu oleskan pada area yang terkena hingga bersih.

Jika port atau konektor pengisian daya kotor , gunakan sikat gigi kering untuk menghilangkan debu atau kotoran telinga. Jika ada kotoran yang bersarang jauh ke dalam port pengisian daya, Anda dapat menggunakan tusuk gigi untuk menjangkau sedikit lebih jauh dan menangkap pelakunya.

Membersihkan Perlengkapan yang Harus Dihindari

Sementara earbud (dan kasing pengisi dayanya) dirancang untuk tahan jatuh tiga kaki atau sedikit keringat, mereka tidak dirancang untuk bertahan hidup dicelupkan ke dalam pemutih atau bahan pembersih keras lainnya. Sebaiknya ikuti langkah-langkah yang kami uraikan di atas untuk membersihkan earbud Anda; jika Anda memilih untuk menggunakan bahan kimia atau produk lain, Anda akan melakukannya dengan risiko Anda sendiri (dan dengan risiko earbud Anda yang buruk).

Cara Menjaga Earbud Anda Bersih Lebih Lama

Lihat—sifat earbud menyiratkan bahwa earbud Anda akan berfungsi menjadi kotor, dan Anda harus membersihkannya sesekali. Jika Anda tidak ingin membersihkannya sesering yang kami sarankan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaganya tetap bersih untuk waktu yang lebih lama.

Pertama, simpan dalam wadahnya kapan pun Anda tidak menggunakannya . Jangan memasukkannya ke dalam saku atau tudung Anda saat makan siang, dan berhenti meninggalkannya di meja atau nakas Anda karena Anda benar-benar berencana untuk mendengarkan podcast itu nanti. Lakukan yang terbaik untuk selalu memasukkannya kembali ke dalam kotaknya, dan jika Anda bisa, masukkan juga kotak itu kembali ke dalam tas atau laci Anda.

Kedua, batasi penggunaannya dalam keadaan yang sangat kotor, basah, panas, atau dingin. Dan jika Anda harus, setidaknya bersihkan dengan handuk lembut setelah setiap latihan—seperti yang Anda lakukan dengan peralatan olahraga lainnya—dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum disimpan.

Ketiga, biasakan minum lulus cepat setiap kali Anda selesai menggunakannya. Sebelum Anda memasukkannya ke dalam kasing, intip untuk melihat apakah ada kotoran dan bersihkan dengan sangat cepat. Pembersihan preventif secara teratur, betapapun sederhananya, sangat membantu menjaga earbud Anda tetap bersih lebih lama dan Anda tidak akan merasa jijik saat Anda perlu melakukan pembersihan mendalam lagi.

Itulah berita seputar Inilah Cara Membersihkan Earbud Kotor Anda dengan Benar, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.