iPad vs. Tablet Samsung – Mana yang Lebih Baik?

Mungkin Anda seorang yang kreatif, dan sangat membutuhkan tablet yang kuat untuk bekerja. Mungkin Anda sedang mencari tablet terjangkau yang akan membawa kebutuhan hiburan Anda ke level berikutnya. Atau Anda mungkin sedang mencari tablet sederhana yang akan menawarkan layanan penting yang Anda butuhkan di perangkat seluler.

Apa pun masalahnya, Anda mungkin terjebak di antara dua merek tablet utama: iPad vs. Samsung.

Jika Anda mau untuk mengetahui bagaimana iPad dan tablet Samsung dibandingkan, Anda berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan membantu Anda memahami merek mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan memberikan nilai terbaik untuk uang Anda.

iPad vs. Tablet Samsung: Sistem Operasi

Satu spektrum signifikan yang membedakan kedua jenis tablet ini adalah sistem operasi yang digunakannya. Di satu sisi, kami memiliki tablet iPad yang berjalan di iOS Apple. Di sisi lain, tablet Samsung berjalan di Android, sistem operasi open-source yang populer. Samsung terkadang membungkus Android dalam cangkang khusus mereka, memberi pengguna lebih banyak opsi penyesuaian dan fitur kualitas hidup daripada OS dasar. Biasanya, sistem Android lebih dapat disesuaikan dan memungkinkan pengguna untuk lebih sering mengotak-atiknya untuk membawa mereka ke yang diinginkan standar. Ini datang dengan biaya yang kurang ramah pengguna daripada iOS.

Fitur di iOS biasanya lebih mudah ditemukan, dan fungsi yang paling sering digunakan lebih dioptimalkan untuk penggunaan sehari-hari. Karena Apple membangun iOS bersama prosesor mereka, program terkadang juga lebih dioptimalkan dan berjalan lebih lancar daripada rekan-rekan Android mereka.

Akibatnya, membedakan kedua jenis tablet ini bermuara pada pemahaman bagaimana kedua sistem operasi utama ini bekerja dan berbeda.

iPad vs Tablet Samsung: Tempat Menemukan Aplikasi

Untuk iPad, Anda akan menemukan semua aplikasi favorit Anda di App Store. Toko online untuk perangkat Apple ini, menampilkan banyak aplikasi yang dioptimalkan secara khusus untuk digunakan pada tablet. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah kompatibilitas. App Store juga lebih terkurasi dan memiliki aturan dan peraturan pengeposan yang ketat yang membantu mencegah aplikasi curang atau menipu masuk ke platform.

Di sisi lain, jika Anda memerlukan aplikasi untuk tablet Samsung Anda, Google Play adalah tempat yang tepat. Sayangnya, Google memiliki standar yang rendah untuk mengunggah di toko. Akibatnya, beberapa aplikasi mungkin agak canggung, sementara yang lain mungkin hanya salinan ilegal dari program yang ada. Ini biasanya ditemukan dengan cepat oleh tim dukungan Google dan dihapus sebelum dapat merusak sistem pengguna. Namun, ini benar-benar tempat yang menarik untuk dijelajahi karena banyaknya aplikasi yang dihostingnya.

Meskipun tablet Samsung berjalan di OS Android, merek tersebut telah membuat beberapa modifikasi pada sistem operasinya. Inti dari perubahan ini adalah Samsung One UI, yang memungkinkan modifikasi beberapa fitur Android asli seperti pelindung mata. Selain itu, Samsung memiliki toko Galaxy terpisah, alternatif dari Play Store (tetapi Anda dapat menjalankan keduanya), tempat Anda dapat menemukan semua aplikasi yang dibuat khusus untuk Samsung.

iPad vs. Tablet Samsung: Styluses

Bahkan jika Anda tidak artistik , memiliki tablet mungkin menggoda Anda untuk mulai mencoret-coret berbagai hal. Selain menggambar, Anda mungkin juga ingin membuat catatan atau hanya menandai dokumen Anda. Terlepas dari itu, pengalaman menggambar yang baik dimulai dengan stylus.

iPad yang baik hadir dengan Apple Pencil, yang menawarkan pengalaman menggambar yang intuitif dan sempurna piksel. Pensil Apple memberi Anda kemiringan yang tepat, sensitivitas tekanan yang benar, dan penguatan penolakan telapak tangan, yang memberi Anda gambar yang akurat. Sayangnya, pensil itu tidak gratis; Anda harus membayar ekstra saat membeli perangkat atau membelinya secara terpisah nanti.

Sekarang, mari kita bahas pengalaman menggambar di tablet Samsung. Tablet ini memiliki fitur Samsung S-Pen. Stylus ini menawarkan fitur yang sama dengan Apple Pencil. Namun, tidak seperti stylus Apple, ini gratis (biasanya). Yang harus Anda lakukan hanyalah memesan tablet Samsung yang menawarkan dukungan pena.

Umumnya, Apple Pencil dan Samsung S-Pen menawarkan pengalaman menggambar yang luar biasa untuk berbagai tugas kreatif dan sehari-hari.

iPad vs. Tablet Samsung: Penyimpanan

Dalam hal penyimpanan fleksibilitas, tablet Samsung bertahan. Mereka menawarkan dukungan untuk memori eksternal melalui slot kartu microSD, yang cocok untuk menyimpan file video dan gambar berukuran besar. Mereka sempurna untuk mengemas gambar resolusi tinggi.

iPads, di sisi lain, tidak mendukung memori eksternal. Ini bisa menjadi faktor pembatas, terutama bagi para profesional yang membutuhkan lebih banyak penyimpanan di perangkat mereka. Meskipun beberapa iPad kelas atas menawarkan penyimpanan terintegrasi hingga 2TB, Anda harus membayar mahal.

iPad vs. Tablet Samsung: Kustomisasi

Penyesuaian bukanlah teman terbaik Apple. Merek ini mencoba mempertahankan tampilan dan nuansa yang konsisten di semua perangkatnya, yang mencakup sistem operasi dan opsi konektivitas. Jadi, jika Anda suka bermain-main dengan pengaturan, tablet Samsung adalah yang paling cocok untuk Anda. Namun, memiliki lebih banyak opsi penyesuaian, dapat menyebabkan kebingungan karena kurangnya tampilan yang konsisten di seluruh perangkat ini. Ini juga dapat menyebabkan beberapa pilihan desain yang tidak intuitif. Pengguna yang tidak terbiasa dengan sistem operasi mungkin secara tidak sengaja menekan tombol yang salah dan membuat kekacauan.

iPad vs. Tablet Samsung: Harga

Harga Apple sedikit lebih tinggi daripada merek lain. Tetapi jika Anda meneliti produk yang Anda dapatkan, mereka kuat, dan mungkin tergoda untuk mengatakan bahwa mereka sepadan dengan harganya. Jadi, jika Anda mencari tablet yang terjangkau, tablet berbasis Android seperti Samsung Galaxy adalah pilihan yang bagus. Mereka menawarkan serangkaian fitur yang sedikit lebih seimbang untuk harganya tanpa berlebihan.

iPad vs. Tablet Samsung: Tampilan Layar

Di dunia tablet, tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua. Layar tersedia dalam berbagai ukuran, tetapi kualitas gambar sangat bervariasi.

Untuk kualitas gambar terbaik, bidik layar dengan setidaknya panel OLED. Untungnya, versi terbaru dari tablet ini menawarkan teknologi ini, memberikan Anda tampilan piksel yang sempurna. Namun, kualitas gambar dari tablet iPad cenderung sedikit lebih menonjol.

iPad vs. Tablet Samsung: Performa

Kinerja tablet apa pun sangat bergantung pada prosesor bawaan.

Anda mungkin tidak menyadari perbedaan performa antar perangkat hingga Anda mulai menggunakan operasi intensif CPU. Operasi ini termasuk bermain game dan program intensif grafis seperti pengeditan dan pemutaran gambar atau video.

iPad baru dibuat dengan chip Apple M1, sementara tablet Samsung kelas atas yang paling umum menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 865+.

Berdasarkan frekuensi murni dan jumlah inti , chip Apple M1 menawarkan kinerja 3% lebih baik daripada Qualcomm Snapdragon 865+. Namun, chip M1 dibuat khusus oleh Apple untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi beban perangkat, mengintegrasikannya dengan sistem operasi untuk kualitas hidup terbaik. Di sisi lain, prosesor Snapdragon adalah umum di seluruh platform dan Samsung hanya dapat melakukan banyak hal untuk membuat driver khusus yang paling sesuai untuk perangkat mereka. baterai yang cepat terisi dan habis dengan lambat.

Produsen model iPad terbaru mengklaim bahwa perangkat dapat bertahan hingga 10 jam dengan baterai. Ini cukup andal dibandingkan dengan beberapa tablet, yang biasanya mati dalam beberapa jam.

Di sisi lain, Samsung cukup jujur ​​dengan spesifikasi kapasitas baterainya. Ada tablet Samsung yang dapat menawarkan hingga 8.000 mAh, dan ini akan bertahan hingga 15 jam penggunaan, yang sangat tinggi dibandingkan dengan tablet iPad.

Kedua perusahaan menggunakan opsi pengisian cepat yang akan memberi daya perangkat ke tingkat baterai yang wajar dalam satu jam.

iPad vs. Tablet Samsung: Updates

Pembaruan perangkat lunak membantu perangkat tetap mutakhir, aman, dan bebas dari bug dan malware. Jadi, sebelum memilih tablet, Anda harus memastikan bahwa produsennya menawarkan pembaruan dan pemeliharaan rutin.

Apple terus memperbarui perangkat lamanya hingga rata-rata lima tahun. Dengan perangkat lunak pihak ketiga, pembaruan dapat berlangsung selama dua tahun atau lebih untuk mencegah keusangan.

Di sisi lain, Samsung menyatakan akan menawarkan dukungan lima tahun untuk semua perangkatnya, termasuk tablet, sejak tanggal melepaskan. Jadi, jika Anda membeli tablet Samsung terbaru sekarang, Anda dapat yakin akan pembaruan dan pemeliharaan perangkat lunak setidaknya selama lima tahun.

Perangkat Anda akan terus berfungsi bahkan setelah produsen berhenti menawarkan pembaruan dan pemeliharaan. Namun, ini akan rentan terhadap ancaman keamanan dan serangan malware, dan beberapa program mungkin tidak berfungsi dengan sistem yang lebih lama.

iPad vs. Tablet Samsung: Mana yang Harus Anda Beli

Membeli tablet sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda adalah konsumen media dan Anda hanya memerlukan tablet untuk pengoperasian sederhana seperti menonton video, membaca catatan, mengirim email, dll. Tablet Samsung sangat cocok untuk Anda. Jajaran tablet Samsung berisi model dasar yang murah yang akan menyelesaikan pekerjaan.

Namun, jika Anda adalah pembuat media — desainer grafis, editor video, atau ilustrator — Anda harus mengincar iPad kelas atas atau salah satu produk Samsung premium. tablet galaksi. Mereka kuat, menawarkan kinerja dan spesifikasi terbaik, memiliki layar yang bagus, dan secara umum mencakup banyak fitur premium.

Pengambilan Penting

Saat membedakan antara tablet iPad dan Samsung, semuanya bermuara pada harga, penyimpanan, dan tampilan, di antara faktor lainnya . Tetapi memilih tablet apa yang terbaik untuk Anda bergantung pada kebutuhan spesifik Anda sebagai individu.

Jadi, apa yang Anda butuhkan dari tablet berikutnya? Opsi mana yang telah Anda putuskan untuk dibeli? Beri tahu kami di komentar di bawah.