Kapan Mengganti Flash Drive USB Lama Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Stokkete/Shutterstock.com

Masih menggunakan flash drive USB yang sudah ketinggalan zaman untuk menyimpan file Anda? Mengapa tidak meningkatkan ke tongkat yang lebih baru, lebih besar, dan lebih cepat yang akan bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang? Inilah mengapa Anda mungkin ingin mengganti stik USB lama Anda.

Anda Kehabisan Penyimpanan

Salah satu alasan paling umum Anda mengupgrade flash drive USB Anda adalah untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Jika Anda terus-menerus kehabisan ruang, ada baiknya Anda berinvestasi pada hard disk berkapasitas lebih tinggi. Jika Anda belum membeli drive USB baru-baru ini, Anda akan kagum dengan seberapa banyak penyimpanan yang bisa Anda dapatkan untuk uang Anda.

Meskipun mungkin untuk menemukan drive dengan kapasitas hingga 2 TB, ini mungkin lebih banyak penyimpanan daripada yang Anda miliki di komputer, dan kecuali Anda memiliki kebutuhan penyimpanan yang sangat tinggi, kemungkinan besar Anda tidak akan menggunakannya sepenuhnya. Drive dari merek tepercaya dengan penyimpanan 128 GB, 256 GB, 500 GB, dan 1 TB, mudah ditemukan dan sangat terjangkau. Sekarang, jika Anda menginginkan stik USB berperforma tinggi, Anda dapat memilih flash drive solid-state, seperti SanDisk 1 TB USB 3.2 Extreme Pro USB. Stick ini memiliki kecepatan baca dan tulis tercepat untuk USB, memungkinkan Anda mengunduh film dalam waktu kurang dari satu menit!

Besar sebagai SSD!
SanDisk 1 TB USB 3.2 Extreme Pro USB
Flash drive USB 3.2 ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang sama dengan HDD dan SSD populer . Menawarkan kecepatan baca dan tulis yang cepat hingga 420 Mbps dan 380 Mbps.

Amazon$149,99  

Kecepatan Transfer Lambat

Memiliki kecepatan transfer data yang cepat dapat menghemat banyak waktu, terutama jika Anda terus-menerus memindahkan file besar. Jika Anda pernah menunggu apa yang terasa seperti selamanya untuk mentransfer file dari drive USB ke komputer Anda, Anda tahu betapa frustasinya itu.

Mereka yang bekerja dengan file besar, seperti siapa saja yang merekam dan mengedit video atau foto , akan sangat diuntungkan dari kecepatan transfer yang cepat. Bahkan jika Anda tidak bekerja dengan file besar secara teratur, tetap berguna untuk memiliki drive USB yang cepat saat Anda membutuhkannya.

RELATEDUSB 2.0 vs. USB 3.0: Haruskah Anda Meningkatkan Flash Drive Anda?

Peningkatan terbaik untuk lebih cepat speed menggantikan stik USB 2.0 lama Anda dengan model 3.0 yang lebih baru dan lebih cepat. Ya, Anda masih dapat menemukan 2.0 stick yang tak terhitung jumlahnya di pasaran, tetapi mereka benar-benar ketinggalan jaman. Tongkat hampir abad pertengahan ini memiliki tingkat pensinyalan maksimum 480 megabit per detik, sedangkan stik USB 3.0 memiliki maksimum 5 gigabit per detik. Ini berarti model 3.0 bisa sepuluh kali lebih cepat daripada stick 2.0 rata-rata Anda.

Perlu diingat bahwa Anda perlu mencolokkan USB 3.0 ke port yang juga memiliki rating USB 3.0 untuk menerima kecepatan transfer yang lebih cepat. Hampir setiap perangkat dibuat dengan port ini saat ini, karena mereka juga kompatibel dengan USB 2.0. Memasukkan stik 3.0 ke port 2.0 akan membatasi Anda ke kecepatan yang lebih lama dan lebih lambat.

Kompatibilitas Salah

Pernahkah Anda kesulitan menemukan port yang tersedia dan dapat digunakan untuk drive USB Anda di perangkat? Jika drive Anda tidak dapat dimasukkan dengan benar di mana pun, Anda memiliki masalah kompatibilitas. Misalnya, Anda memiliki drive USB tetapi perlu menyambungkannya ke perangkat yang hanya memiliki port Micro-USB.

Solusi paling praktis untuk ini adalah dengan membeli adaptor On The Go (OTG), seperti URWOOW USB 3.0 OTG Konverter. Adaptor ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan drive USB atau perangkat Anda ke tipe C dan port micro USB. Bagian terbaiknya adalah adaptor OTG juga relatif murah dan mudah digunakan – cukup colokkan drive USB Anda yang tidak kompatibel dan sambungkan ke port.

2-in-1 Adapter
URWOOW OTG USB 3.0 Converter
Adaptor 2-in-1 yang nyaman untuk USB 3.0 ke Micro-USB dan Type-C.

Amazon$5,90 $6,90 Hemat 14%

Advertisement

Jika Anda memiliki jenis drive USB yang benar tetapi masih mengalami masalah saat menyambungkannya, coba port lain. Beberapa port pada perangkat, terutama yang lebih lama, bisa jadi rewel. Skenario terburuk adalah port atau drive rusak secara fisik. Semoga saja ini tidak terjadi atau stik USB tidak sepenuhnya rusak dan masih dapat diperbaiki.

Coba goyangkan flash drive dengan lembut untuk melihat apakah terbaca. Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk menyalin file Anda ke drive lain sebelum benar-benar tidak dapat dibaca. Berhati-hatilah untuk tidak memaksa drive masuk, karena ini dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan. Gunakan tusuk gigi atau kapas untuk membersihkan port Anda untuk menghilangkan kotoran atau debu di jalan.

Kami tidak menyarankan untuk membentuk ulang drive itu sendiri secara fisik kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan. Sebaiknya serahkan pada profesional agar data berharga Anda tidak hilang selamanya. Hubungi bengkel elektronik lokal Anda dan lihat apakah mereka dapat membantu.

Flash Drive Tidak Dapat Dibaca

Ini adalah masalah yang paling menyusahkan saat berurusan dengan stik USB. Anda mencolokkannya ke komputer Anda tetapi tidak ada yang terjadi, atau Anda diminta dengan kesalahan “Perangkat USB Tidak Diakui”. Ini dapat disebabkan oleh beberapa alasan, termasuk virus atau malware pada drive yang mencegah PC Anda untuk membacanya. Anda dapat memindai dan membersihkannya secara profesional oleh spesialis atau mencoba melakukannya sendiri jika Anda tahu apa yang Anda lakukan. Pembersihan manual akan mencakup boot dari hard drive pembuangan dan kemudian memindai drive dari virus. Semua masalah ini mungkin tidak sepadan bagi Anda, yang berarti mungkin sudah waktunya untuk penggantian.

Mungkin juga ada kerusakan fisik pada drive itu sendiri atau port USB, selain masalah perangkat keras pada PC Anda, termasuk kegagalan pemformatan .

Advertisement

Solusi pertama yang harus dicoba adalah memasukkan stik USB ke port lain untuk melihat apakah terbaca. Jika Anda mencolokkannya ke komputer, coba yang lain. Jika drive terdeteksi, mungkin ada masalah perangkat lunak dengan komputer Anda. Gunakan pengelola perangkat untuk memperbarui driver USB Anda atau menginstalnya kembali. Anda juga dapat mencoba memperbarui atau menginstal ulang driver pengontrol USB Anda. Memulai ulang PC Anda setelahnya mungkin juga menyelesaikan masalah.

Anda juga dapat mencoba solusi pemulihan, pemformatan, dan perbaikan seperti yang ditemukan di recoveryit.com. Solusi ini mungkin sedikit teknis, tetapi ada petunjuk langkah demi langkah untuk Anda ikuti. Anda bahkan mungkin terkejut dengan betapa mudahnya memulihkan file yang terhapus dari flash drive.

Jika itu tidak berhasil, itu pertanda pasti Anda perlu mencari flash drive baru, jadi lihat rekomendasi yang kami teliti.

TERKAIT: USB Flash Drives

Terbaik

Itulah berita seputar Kapan Mengganti Flash Drive USB Lama Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.