Lokasi Tangkapan Layar/Screenshot Windows 10/11

Jika Anda mengambil tangkapan layar di Windows 10 atau Windows 11, di mana hasilnya? Itu tergantung pada bagaimana Anda menangkap tangkapan layar, tetapi ada beberapa tempat yang jelas yang dapat Anda lihat. Kami akan membantu Anda mengetahuinya.

Jika Anda Menggunakan Print Screen (PrtScn)

Jika Anda menekan tombol Print Screen untuk mengambil tangkapan layar, tangkapan layar tidak disimpan ke file secara default. Sebagai gantinya, Windows menyalin bidikan ke clipboard, yang merupakan bagian khusus dari memori untuk penggunaan salin dan tempel sementara. Untuk menyimpan tangkapan layar ke disk, Anda harus menempelkan gambar ke editor gambar (seperti Paint) dan menyimpannya sebagai file.

Hal yang sama berlaku jika Anda menggunakan Alt+Print Screen untuk menangkap jendela aktif, atau Windows+Shift+S untuk menangkap sebagian layar. Hasil tersebut masuk ke clipboard Anda dan bukan file.

Jika Anda Menggunakan Windows+Print Screen

Jika Anda menggunakan pintasan keyboard Windows+Print Screen untuk mengambil tangkapan layar di Windows 10 atau 11, Windows akan menyimpan gambar sebagai file PNG di Gambar > Tangkapan Layar folder.

Anda akan menemukannya di  C:Users[User Name]PicturesScreenshots. Dalam hal ini, “[User Name]” adalah pengganti kami untuk nama akun Windows yang Anda gunakan saat mengambil tangkapan layar.

Menggunakan Windows+Print Screen, Windows mengambil tangkapan layar layar penuh dan menyimpannya sebagai file PNG bernama “Screenshot (#).png”. Nomor di akhir nama file dihitung dari waktu ke waktu berdasarkan jumlah tangkapan layar yang Anda ambil sebelumnya.

Windows menggunakan C:Users[Nama Pengguna]PicturesScreenshots yang sama menyimpan lokasi jika Anda menggunakan Windows+Fn +Print Screen pada perangkat Surface yang lebih lama, Power+Volume Down pada tablet tertentu, atau Windows+Volume Down pada tablet lain.

Catatan: Jika Anda telah memindahkan folder Screenshots secara manual ke lokasi lain menggunakan jendela Properties, Windows akan menyimpan screenshot ke apa pun lokasi baru yang Anda pilih sebagai gantinya.

Jika Anda Menggunakan “Snipping Tool” atau “Snip & Sketch”

Windows 10 dan 11 menyertakan alat yang disebut Snipping Tool (dan Windows 10 juga menyertakan alat serupa yang disebut Snip & Sketch) yang memungkinkan Anda menangkap tangkapan layar khusus. Alat-alat ini memungkinkan Anda untuk memilih lokasi penyimpanan untuk setiap file.

Meskipun itu tidak membantu jika Anda tidak tahu di mana Anda menyimpan tangkapan layar terakhir, mereka akan mengingat tempat terakhir Anda menyimpan file. Untuk melihat di mana itu, ambil tangkapan layar lain, simpan, dan lihat di mana ia ingin menyimpan file baru. Tangkapan layar lama Anda mungkin ada di sana. Jika tidak, Anda juga dapat memeriksa folder Dokumen atau Gambar di bawah “PC Ini” di File Explorer.

Jika Anda Menggunakan Xbox Game Bar

Jika Anda menggunakan alat “Capture” di Xbox Game Bar (yang terbuka saat Anda menekan Windows+G) , kemudian Windows akan menyimpan tangkapan layar Anda ke C:Users[User Name]VideosCaptures , di mana “[User Name]” adalah nama akun pengguna yang Anda gunakan untuk mengambil gambar.

Jika Anda Menggunakan Alat Tangkapan Layar Pihak Ketiga

Jika Anda mengambil tangkapan layar di Windows 10 atau 11 menggunakan alat pihak ketiga yang dibuat oleh orang lain selain Microsoft, maka Anda harus berkonsultasi dengan pengaturan alat itu untuk melihat di mana itu menyimpan tangkapan layar. Sampai saat itu, beberapa tempat yang bagus untuk dilihat termasuk folder Dokumen atau folder Gambar Anda, keduanya dapat ditemukan di bawah “PC Ini” di File Explorer.

Jika Anda Masih Tidak Dapat Menemukan Tangkapan Layar Anda

Jika Anda masih kesulitan menemukan lokasi penyimpanan tangkapan layar, ada teknik yang mungkin bisa membantu. Pertama, ambil tangkapan layar lain, lalu lakukan pencarian untuk file yang baru saja dimodifikasi di File Explorer. Untuk melakukannya, tekan Windows+E untuk membuka jendela Explorer, lalu masukkan datemodified:today  di bilah pencarian. (Anda dapat mempersempit pencarian dengan menelusuri drive atau folder tertentu yang menurut Anda mungkin pertama kali ditemukan.)

Setelah beberapa saat, Anda akan melihat file yang baru dibuat muncul di daftar hasil pencarian. Saat Anda melihat file tangkapan layar yang baru saja Anda ambil, klik kanan dan pilih “Buka Lokasi File” di menu yang muncul. File Explorer akan terbuka ke lokasi tangkapan layar yang disimpan itu, dan tangkapan layar Anda yang lain mungkin juga ada di sana. Semoga berhasil!

Itulah berita seputar Di mana Tangkapan Layar Disimpan di Windows 10 dan Windows 11?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.