Memahami Pernyataan If / Then di Google Sheets

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

If/Kemudian pernyataan sering dianggap kompleks. Namun pada kenyataannya, mereka sama sekali tidak menantang untuk digunakan. Plus, mereka bisa lebih berguna daripada yang Anda sadari saat bekerja dengan kumpulan data atau ekspresi tertentu dalam spreadsheet.

Jika Anda memiliki latar belakang Microsoft Excel, ini seharusnya bukan hal baru bagi Anda. Namun, jika Anda baru bekerja dengan spreadsheet, maka informasi berikut harus terbukti berharga. Google Sheets adalah bagian dari rangkaian produk gratis Google yang memungkinkan pengguna untuk berbagi, membuat, dan memelihara informasi penting.

Memahami Fungsi di Google Sheets
Jika Anda tidak terbiasa dengan spreadsheet, pernyataan If/then mungkin tidak masuk akal pada awalnya. Fungsi pada dasarnya adalah cara untuk menghitung data dalam spreadsheet Anda. Entah itu sesuatu yang sederhana seperti fungsi ‘SUM’, yang menambahkan angka untuk Anda, atau sesuatu yang lebih kompleks, ada beberapa aturan untuk menggunakan fungsi yang telah ditentukan di Google Sheets.
Agar suatu fungsi berfungsi dengan benar, Anda harus memesan dengan benar fungsi dalam sel Anda untuk membuatnya bekerja. Misalnya, mulai fungsi dengan simbol “=”, lalu gunakan nama fungsi, dan terakhir, argumen.

Argumen adalah rentang sel yang sedang Anda kerjakan. Sebuah fungsi akan terlihat seperti ini:

“=SUM(A1: A5)

Selain dari pernyataan IF/then di Google Spreadsheet, beberapa fungsi tersedia bagi pengguna untuk berinteraksi dengan lebih baik dan mengatur spreadsheet mereka. Dari menghitung usia dan tanggal hingga menggunakan pemformatan bersyarat, yang secara otomatis mengubah warna nilai tertentu, Google Spreadsheet menawarkan begitu banyak opsi penyesuaian, ini adalah alat yang hebat untuk setiap pengguna.

Untuk menemukan fungsi lain, Anda dapat mengeklik ‘Sisipkan’ di bagian atas spreadsheet Anda dan klik ‘Fungsi.’ Sebuah menu akan muncul dengan semua kemungkinan fungsi yang telah dimuat sebelumnya. Anda dapat mengunjungi halaman dukungan Google Sheets untuk daftar dan opsi pencarian tentang fungsi masing-masing fungsi dan cara menggunakannya.

IF Then Statement

Pernyataan If/then adalah pernyataan fungsi IF yang memicu tindakan tertentu ketika suatu kondisi terpenuhi setelahnya evaluasi atau tes logika. Pada saat yang sama, jika kondisi tidak terpenuhi, maka fungsi akan mengembalikan hasil “FALSE”. Pada dasarnya, Anda memberi tahu Google Sheets jika sesuatu itu benar, itu perlu melakukan satu hal, tetapi jika itu salah, Google Sheets perlu melakukan sesuatu yang lain.

Misalnya, Anda dapat menggunakan pernyataan ini untuk melihat bagaimana angka-angka tertentu dibandingkan satu sama lain dalam dua kolom terpisah. Anda dapat menggunakan fungsi untuk mengevaluasi apakah angkanya sama satu sama lain atau jika salah satu lebih besar dari yang lain.

Berdasarkan contoh ini, berikut adalah cara Anda dapat menggunakan fungsi If/then:
Type =IF(B3=C3, “match ”) di sel G3.Tipe =IF(B4=C4, “cocok”) di sel G4.Tipe =IF(B5>C5, B5&” lebih besar dari “&C5) di sel G5.Tipe =IF(B6 >C6, B6&” lebih besar dari “&C6) di sel G6.
Hasilnya akan terlihat seperti ini:

Fungsi mengembalikan hasil “cocok” karena angka di B3 dan C3 sama. Oleh karena itu G3 mengembalikan kecocokan. Namun, G4 mengembalikan hasil “salah”. Ini karena fungsi tersebut tidak diberikan tindakan spesifik untuk peristiwa di mana kondisi dalam rumus tidak terpenuhi.

Anda dapat menetapkan tindakan tertentu ketika kondisi tidak terpenuhi. Misalnya:
Type =IF(B3=C3, “match” , ”no match”) di sel F3.Type =IF(B3=C3, “match” , ”no match”) di sel F4.
Hasilnya akan kemudian tampilkan berbeda dari parameter fungsi sebelumnya.

If Function Arguments

Seperti yang Anda lihat, fungsi IF pada dasarnya memiliki tiga argumen. Ini dapat digunakan untuk menguji nilai atau pernyataan dalam sel tertentu. Itu kemudian dapat menunjukkan apa yang terjadi berdasarkan hasil tes itu dan jika pernyataan itu benar atau salah.

Ini adalah salah satu fungsi logis dasar dan paling umum digunakan di Google Spreadsheet dan bekerja dengan cara yang sama persis seperti fungsi IF di Microsoft Excel, kalkulator OpenOffice, iNumbers, dan program serupa lainnya.

Ini memiliki berbagai aplikasi, tergantung pada bagaimana Anda ingin menganalisis kumpulan data tertentu dalam spreadsheet. Ini adalah salah satu fungsi pertama yang dapat Anda pelajari dan terapkan dengan mudah ke lembar kerja. Melakukannya akan memudahkan untuk mempelajari fungsi yang lebih kompleks.

Ketik atau Sisipkan

Anda selalu dapat mengetikkan fungsi pilihan dalam sel untuk menerapkan fungsi, berdasarkan parameter yang ditetapkan, ke kolom tertentu. Namun, Anda juga dapat menyisipkan fungsi dari menu Sisipkan.
Pergi ke Sisipkan.Ke Fungsi.Ke opsi Logis.Klik fungsi IF dari daftar.
Anda akan melihat bahwa ada banyak fungsi lain yang terdaftar di sana juga . Hal keren tentang menambahkan fungsi melalui tab Sisipkan adalah Anda juga akan mendapatkan penjelasan singkat dan contoh cara mengatur parameter untuk ekspresi logis.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fungsi IF sangat mendasar dan biasanya digunakan untuk menampilkan salah satu dari dua hasil potensial. Namun, fungsi juga dapat dimodifikasi menjadi pernyataan IF bersarang. Ini berarti menjalankan tes tambahan, atau dua, dalam fungsi untuk mencapai hasil potensial ketiga.

Penting juga untuk diingat untuk selalu menggunakan tanda kutip saat memasukkan parameter dan hasil, baik Anda membandingkan angka atau kata. Dan ya, fungsi tersebut juga dapat digunakan pada kata-kata juga, bukan hanya angka.

IF/Kemudian Merupakan Dasar Logis untuk Pekerjaan Spreadsheet Tingkat Lanjut

Meskipun ini adalah salah satu fungsi paling dasar, fungsi IF dan pernyataan If/then sangat penting untuk dipelajari sejak dini. Ini berfungsi sebagai elemen pengantar yang bagus ke dalam fungsi spreadsheet, cara menemukannya, cara menulisnya, dan cara menggunakannya untuk keuntungan Anda. Mungkin perlu waktu, tetapi mempelajari cara menggunakan berbagai fitur Google Spreadsheet akan sangat membantu Anda . Baik untuk mendapatkan pekerjaan baru atau menjalankan bisnis dengan lebih lancar, penting untuk selalu mengetahui pengetahuan Anda tentang perangkat lunak spreadsheet.