Mengapa Anda Harus Memilih VPN Dengan Server Tanpa Disk

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Diskless adalah server yang tidak menggunakan hard disk; mereka berjalan sepenuhnya dari RAM. Artinya, mereka tidak dapat menyimpan log dan informasi lain dengan cara yang sama seperti server biasa. Jika Anda berbelanja VPN, ada banyak kriteria yang harus diperhatikan, seperti harga, kinerja, dan bahkan antarmuka. Satu hal yang jarang Anda dengar adalah jenis server yang digunakan penyedia—khususnya, jenis baru yang disebut server tanpa disk, yang menawarkan manfaat besar untuk kecepatan dan privasi.

Apa Itu Server Tanpa Disk?

Server tanpa disk, juga disebut RAM hanya server, adalah server yang tidak memiliki hard disk tempat mereka dapat menyimpan file. Mereka ada murni untuk mengalihkan koneksi — yang merupakan satu-satunya hal yang seharusnya dilakukan VPN — dan tidak dapat menyimpan informasi untuk jangka panjang.

Kami mengatakan “jangka panjang” di sini karena server tanpa disk memang menyimpan beberapa informasi, tetapi mereka melakukannya hanya di memori akses acak, atau RAM, oleh karena itu istilahnya “hanya RAM”. Menggunakan hanya RAM memiliki beberapa keuntungan, yang paling penting itu benar-benar terhapus ketika server di-reboot. Laptop atau desktop Anda bekerja dengan cara yang hampir sama: reboot dan Anda mulai dengan RAM baru.

Mengapa Menggunakan Server Tanpa Disk?

Kurangnya penyimpanan jangka panjang ini akan menjadi bencana bagi semua jenis server lain, tetapi untuk server VPN, itu ideal. Salah satu masalah utama dengan penyedia VPN adalah bahwa kami, klien mereka, menerima janji privasi dan anonimitas begitu saja. Tentu, mereka mungkin mengklaim bahwa mereka menghancurkan catatan apa pun dari aktivitas online kami—biasanya disebut log—tetapi tidak ada cara untuk memastikannya. Nbsp

Namun, saat layanan menggunakan server tanpa disk, masalah itu menjadi diperdebatkan karena menyimpan log menjadi jauh lebih sulit. Catatan apa pun yang mereka simpan akan dihancurkan oleh reboot sederhana dari server. Ini adalah salah satu cara termudah VPN dapat menghancurkan log.

Meskipun demikian, masih ada cara di mana VPN masih dapat menyimpan log di server tanpa disk, baik karena kedengkian atau ketidakmampuan. Namun, kemungkinan melakukannya sangat berkurang, jadi ada sedikit ruang untuk kesalahan. Meskipun demikian, VPN yang tidak dapat dipercaya tidak secara ajaib menjadi bonafide hanya karena menggunakan server tanpa disk.

Namun, keuntungan lainnya adalah bahwa server tanpa disk memudahkan auditor untuk memeriksa klaim layanan VPN tanpa log. Alih-alih memeriksa apakah suatu layanan menyimpan log atau tidak—klaim yang sulit dibantah karena VPN hanya dapat memindahkan log selama audit—auditor hanya dapat memeriksa apakah server tidak memiliki disk. bukan obat untuk semua VPN payah, mereka membuatnya lebih mudah untuk memverifikasi, dan dengan demikian mempercayai, penyedia VPN. Penyedia VPN Mana yang Menggunakan Server Tanpa Disk? beralih ke server tanpa disk. Meskipun demikian, ini bukan transisi yang mulus: tampaknya banyak perangkat keras yang terlibat cukup mahal, sehingga banyak VPN melakukan peralihan secara bertahap.

VPN ExpressVPN nomor satu kami telah menjadikan server tanpa disk sebagai bagian integral dari teknologi Server Tepercayanya. Dalam sistem ini, sifat server RAM-saja bekerja sangat baik dengan protokol VPN yang dibuat khusus oleh layanan, yang hampir tidak menyimpan informasi sama sekali. Tambahkan ke reboot mingguan itu, dan kebiasaan menjelajah Anda cukup aman.

Membuat Anda Tetap Aman.Pemain besar lainnya yang menggunakan diskless adalah Surfshark dan NordVPN, yang keduanya melakukan transisi penuh ke RAM-hanya beberapa saat yang lalu. Server NextGen Akses Internet Privat juga tanpa disk dan telah ada selama lebih dari setahun sekarang.

Mullvad yang ramah privasi saat ini sedang bertransisi ke server tanpa disk sebagai bagian dari dorongannya untuk transparansi yang lebih besar, yang akan berujung pada infrastruktur terbuka penuh yang dapat diaudit oleh penggunanya. Anda dapat melacak kemajuan proyek ini di blog Mullvad.

Ada banyak layanan lain yang menawarkan tanpa disk, ini hanya beberapa yang paling terkenal, serta favorit kami. Jika Anda tidak yakin VPN mana yang terbaik untuk Anda, Anda selalu dapat mencoba beberapa yang menurut Anda bagus; semua penawaran di atas menawarkan jaminan uang kembali 30 hari.