Mengapa Anda Membutuhkan Editor Teks Biasa

Setiap pekerjaan lebih mudah jika Anda memiliki alat yang tepat. Jadi apa sebenarnya teks biasa, dan mengapa Anda menginginkan editor teks biasa daripada pengolah kata?

Dunia file teks dapat dibagi menjadi dua kategori besar: teks biasa dan teks kaya.

Rich Text vs Plain Text

File teks kaya berisi informasi lebih dari sekedar teks yang Anda tulis, mereka berisi informasi tentang bagaimana teks itu akan terlihat di layar Anda. Setiap kali Anda menggunakan program untuk membuat teks menjadi warna tertentu, menambahkan penyorotan, menambahkan superskrip atau subskrip, atau membuat font menjadi tebal atau miring, editor teks menyimpan informasi tersebut dalam file teks. Berikut adalah contoh dari Microsoft WordPad.

Ini adalah teks yang akan Anda lihat di layar.

Gambar ini adalah informasi aktual yang disimpan dalam file RTF. Biasanya informasi itu ditafsirkan secara instan oleh editor teks yang sedang Anda kerjakan, dan Anda tidak pernah melihatnya secara langsung.

 

Teks biasa adalah kebalikannya — parameter pemformatan apa pun yang Anda sertakan terlihat dan harus ditulis secara eksplisit.

Kebanyakan semua aplikasi file konfigurasi — dan sistem operasi — penggunaan disimpan sebagai teks biasa. Teks biasa juga merupakan standar untuk menulis kode untuk skrip atau untuk program. Menggunakan teks biasa membantu meminimalkan masalah kompatibilitas dan menjaga ukuran file seminimal mungkin.

 

Mengapa Anda Membutuhkan Editor Teks Biasa

Secara umum, editor teks biasa bersinar dalam situasi di mana Anda tidak membutuhkan, menginginkan, atau peduli tentang otomatis atau opsi pemformatan mewah. Mereka menggunakan lebih sedikit sumber daya daripada pengolah kata yang canggih, dan tidak ada kemungkinan untuk secara tidak sengaja menyematkan kode terkait pemformatan dalam file yang seharusnya tidak memilikinya.

Kasus penggunaan yang tepat bervariasi — terkadang, fitur cerdas dari Pengolah Kata modern mungkin benar-benar masuk caranya, seperti jika Anda sedang menulis kode dalam bahasa yang memerlukan pemformatan tertentu (yang merupakan mayoritas). Microsoft Word akan terus-menerus mengeluh tentang spasi Anda, kapitalisasi Anda, atau bagaimana Anda menggunakan tanda baca yang tidak tepat karena Anda memiliki titik koma dan tanda kurung berpasangan di mana-mana. Atau, Anda dapat menggunakan bahasa penyusunan huruf khusus seperti LaTeX, yang memiliki aturan pemformatan khusus yang harus Anda ikuti.

Di lain waktu, Anda hanya perlu mencatat, menulis beberapa ide dengan cepat, atau mengedit sesuatu seperti file host. Tidak perlu untuk Pengolah Kata dalam kasus tersebut, itu seperti memukul lalat dengan palu godam – sangat berlebihan.

Notepad adalah pilihan yang paling jelas untuk editor teks biasa karena telah disertakan dengan Windows selama hampir 40 tahun. Itu tidak memiliki banyak fitur tambahan, jadi jika Anda mencari sesuatu yang lebih, berikut adalah beberapa yang bagus:

  • Notepad++
  • Atom
  • Sublime Text
  • Visual Studio Code (VSCode)
  • Vim

Semua editor teks tersebut memiliki opsional tersedia plugin yang menambahkan fungsionalitas tambahan, seperti penyorotan sintaks atau dukungan bahasa khusus lainnya, membuatnya lebih dekat ke lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) daripada pengolah kata. Mereka semua juga memiliki komunitas besar di belakang mereka, yang berarti bahwa selalu ada fitur dan plugin baru yang dirilis untuk memperhitungkan kebutuhan baru dan perubahan.

Itulah berita seputar Mengapa Anda Membutuhkan Editor Teks Biasa, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.