Mengapa Anda Tidak Harus Menggunakan BitTorrent Over Tor

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda sebaiknya tidak melakukan torrent file menggunakan Tor karena jaringan tidak dapat menangani tekanan tersebut. Ada juga beberapa masalah keamanan yang membuat Anda terbuka untuk dilacak oleh pengawas. Menggunakan VPN untuk torrent adalah opsi yang lebih baik karena beberapa alasan. Jika Anda ingin memulai torrent, Anda mungkin tahu bahwa Anda harus menggunakan semacam perlindungan saat melakukannya. Namun, salah satu cara yang lebih populer untuk tetap anonim saat online, The Onion Router atau Tor, umumnya tidak disarankan untuk digunakan dengan protokol BitTorrent. Mengapa demikian?

Torrents Dikenakan Pelacakan

Torrenting menggunakan protokol BitTorrent umumnya tidak disukai oleh pihak berwenang karena ini adalah cara yang sangat populer untuk mendistribusikan materi berhak cipta tanpa izin pemegang hak cipta, praktik yang lebih dikenal sebagai pembajakan. Akibatnya, jika Anda mem-torrent file, ada kemungkinan besar seseorang sedang menonton, terutama di Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa Barat.

Jika Anda dilacak oleh pengawas hak cipta, Anda akan mendapatkan satu atau dua peringatan, diikuti dengan tanda baik jika Anda bertahan. Bergantung pada lokasi Anda, Anda bahkan dapat dituntut, seperti seorang wanita Minnesota yang diperintahkan untuk membayar $220.000 karena mengunduh dua lusin lagu pada tahun 2012.

Akibatnya, Anda mungkin ingin menghindari pelacakan. Sejauh yang diketahui siapa pun, pelacakan ini dilakukan dengan mengawasi alamat IP torrent, kumpulan angka yang menunjukkan dari mana koneksi internet berasal. Oleh karena itu, jika Anda ingin menghindari pelacakan, Anda perlu menyembunyikan alamat IP Anda. Bisakah Tor Menutupi Jejak Torrenting Anda? tanpa nama. Ini dilakukan dengan mengubah rute koneksi internet Anda melalui apa yang disebut node. Node-node ini, yang dioperasikan oleh sukarelawan, “meminjamkan” alamat IP mereka kepada Anda, membuat Anda tampak seperti berada di suatu tempat yang bukan Anda.

Di atas kertas, ini adalah solusi sempurna: jika pengawas melihat Anda melakukan torrent pada file dan mencoba untuk cari tahu alamat IP Anda, itu hanya akan menemukan alamat IP milik node, bukan Anda. Namun, dalam praktiknya, beberapa faktor merusak solusi yang tampaknya sederhana ini.

Masalah Praktis

Implikasi keamanan cukup serius, tetapi bahkan sebelum kita membahasnya, mari kita membahas beberapa masalah praktis. Yang pertama adalah meskipun Anda dapat menghindari perhatian hukum saat menggunakan Tor, orang yang menjalankan node akan menanggung beban sepenuhnya. Biasanya, mereka akan menyembunyikan keterlibatan mereka juga, tetapi tetap tidak baik membiarkan orang lain nongkrong hanya agar Anda dapat menikmati hiburan gratis. Masalah lainnya adalah Tor sangat, sangat lambat, terutama jika Anda mengikuti protokol yang tepat — dan Anda harus melakukannya karena Anda mempertaruhkan perhatian hukum yang tidak semestinya — dan menggunakan tiga node untuk menutupi jejak Anda. Merutekan ulang seperti ini memperlambat koneksi Anda (VPN memiliki masalah yang sama) dan melakukannya tiga kali akan menambah masalah tiga kali lipat. Jika Anda menggunakan Tor untuk torrent, akan memakan waktu lama untuk mengunduh bahkan satu film pun. Masalah terakhirnya adalah kemungkinan besar jaringan Tor tidak dapat menangani beban jika terlalu banyak orang mulai menggunakannya untuk torrent. Torrenting sangat intensif sumber daya, dan Tor adalah proyek berbasis sukarelawan yang sederhana. Itu tidak dibangun untuk menangani terabyte data streaming melaluinya. Jika terlalu banyak orang mulai menggunakannya untuk torrent, bagian jaringan mungkin akan menjadi gelap.

Masalah Keamanan

Namun, yang lebih serius dari semua itu adalah masalah keamanan seputar penggunaan Tor untuk torrent. Postingan blog dari Proyek Tor sendiri menjelaskan lebih banyak detail—serta memperingatkan orang-orang agar tidak membebani jaringan secara berlebihan—namun intinya adalah cara kerja Tor.

Saat Anda menggunakan Tor, Anda tidak melindungi semua data yang masuk dan dari koneksi Anda, pada dasarnya Anda hanya melindungi sebagian saja. Itu biasanya cukup untuk menutupi alamat IP Anda jika Anda mencoba menghindari pemblokiran sensor, tetapi dalam kasus serangan yang ditargetkan, itu juga tidak berfungsi. untuk melihat alamat IP asli Anda dan dengan demikian melacak Anda kembali.

Apa Yang Bisa Digunakan Torrenter Daripada Tor?

Semua hal di atas tampak seperti masalah serius, dan memang begitu. Akibatnya, mungkin lebih baik jika Anda tidak menggunakan Tor untuk mem-torrent file, bahkan file kecil atau yang dibuat secara legal. Sebagai gantinya, gunakan jaringan pribadi virtual. Layanan ini dibuat khusus untuk mengakomodasi aliran data yang besar dan umumnya akan menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap serangan yang ditargetkan daripada yang akan dilakukan Tor.

Ada beberapa penyedia VPN hebat di luar sana, meskipun torrent umumnya harus menggunakan paket berbayar karena jumlah data mereka butuh. Meskipun demikian, biayanya dapat diabaikan dibandingkan dengan denda yang Anda pertaruhkan.