Mengapa PC Berpendingin Oli Tidak Populer Lagi

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Puget

Pada satu titik, penggemar kinerja PC memiliki ide untuk mendinginkan komputer dengan merendam komponennya dalam minyak mineral—dan berhasil! Namun hari ini tidak ada yang melakukannya lagi, jadi apa yang terjadi dengan PC “tangki ikan” yang luar biasa ini?

Bagaimana Cara Kerjanya?

Untuk membuat komputer yang didinginkan oleh minyak mineral, Anda memerlukan beberapa hal di daftar belanja Anda:

Wadah anti bocor , seperti tangki akuarium.Minyak mineral non-konduktif khusus.Pompa (opsional) yang mensirkulasikan oli dalam sistem.Radiator (opsional), meskipun Anda akan menginginkannya pada sistem yang selalu menyala.

Semua solid -komponen komputer terendam dalam minyak mineral dan panasnya dibuang ke dalamnya secara langsung. Minyak mineral memiliki kapasitas panas spesifik yang tinggi. Itu adalah berapa banyak energi yang Anda butuhkan untuk dipompa ke dalam minyak untuk menaikkan suhunya (demi argumen) satu derajat.

Dalam praktiknya, ini berarti Anda dapat terus memasukkan panas ke dalam minyak dan perlahan-lahan akan memanas hingga mencapai keseimbangan suhu. Sejak saat itu, sistem akan berjalan pada suhu yang stabil di bawah beban. Dengan asumsi suhu ini di bawah batas maksimum kisaran, kekhawatiran pendinginan Anda sudah berakhir.

Pendinginan oli pasif praktis untuk orang yang menggunakan komputer mereka selama beberapa jam sehari dan kemudian mematikannya, menidurkannya, atau membiarkannya menganggur semalam. Oli mendingin perlahan, siap menyerap lebih banyak panas keesokan harinya.

Iklan

Untuk sistem yang membutuhkan pendinginan aktif, Anda dapat menggunakan pompa yang mensirkulasikan oli melalui radiator. Kipas mengekstrak panas dari oli yang mengalir melalui radiator yang mendinginkan semuanya. Meskipun ini tidak sesunyi sistem pasif, menggunakan kipas RPM rendah besar yang dipicu hanya pada ambang suhu tertentu masih tidak terdengar.

Eksperimen Homebrew Awal

Sama seperti dengan pendingin air, pada awalnya, Anda tidak dapat membeli peralatan yang Anda butuhkan untuk membuat sistem minyak mineral dari rak. Itu berarti orang yang ingin mencoba membuat komputer seperti itu harus mengunjungi toko akuarium lokal dan mungkin menggunakan kembali radiator oli otomotif kecil.

RELATEDApakah Anda Membutuhkan Pendingin Cair untuk PC Anda?

Anda masih akan menemukan posting forum di seluruh internet proyek-proyek ini. Demikian pula, beberapa publikasi majalah dan YouTuber mencoba membangun sistem ini juga, dengan berbagai tingkat keberhasilan. Ketertarikan pada PC berpendingin oli mulai meningkat di kalangan penggemar performa. “Lepas landas” mungkin berlebihan, tetapi itu adalah opsi yang menarik jika Anda menginginkan pendinginan kinerja tinggi dalam sistem yang dapat berjalan 24/7.

Perangkat Oli Mineral Komersial
Puget

Dengan minat yang cukup di pasar penggila, sebenarnya ada beberapa oli mineral komersial kit dijual. Yang paling terkenal adalah kit dari pembuat sistem kustom Puget. Perusahaan menguji dan mengembangkan beberapa iterasi sistem pendingin oli mineral, menjalankan prototipe pertama mereka selama lebih dari setahun untuk melihat apa efek jangka panjangnya. Puget bahwa itu layak, Anda dapat (untuk sementara) membeli kit dari mereka.

Sayangnya, perusahaan lain mengklaim bahwa kit pendingin oli Puget melanggar paten mereka, dan alih-alih membayar royalti, Puget memutuskan untuk berhenti menjual kit. Tidak jelas berapa banyak orang yang membeli kit semacam itu atau apakah mereka membangun sistem jangka panjang dengannya. Either way, kami tidak dapat menemukan banyak kit komersial di web hari ini. Satu perusahaan, Coolbitts, memang menawarkan kit pencelupan untuk sistem kelas atas dengan biaya $2450.

Pendingin Oli Mineral Bermasalah

Mendinginkan komputer dengan oli mineral memiliki banyak keuntungan dan merupakan cara yang menarik untuk membuat komputer unik yang terlihat mengagumkan. Setidaknya, dengan asumsi Anda melakukannya dengan benar. Meskipun demikian, ada banyak masalah yang harus Anda tangani saat membangun sistem komputer oli mineral.

Advertisement

Pertama, oli itu sendiri harus dirawat. Sistem Puget mengatakan dalam pengujian mereka bahwa mengganti atau menyaring oli setahun sekali mungkin sudah cukup. Bukan karena oli menjadi lebih buruk saat pendinginan, hanya saja oli menjadi kurang jernih seiring waktu, memengaruhi tampilan komputer.

Jika Anda memiliki drive optik atau hard drive mekanis, drive tersebut tidak dapat direndam dalam oli, karena dirancang untuk bekerja di udara. Ini berarti Anda harus membuat rongga dan kabel khusus. Saat ini, dengan SSD dan unduhan digital, Anda tidak memerlukan drive jenis ini di PC Anda, jadi itu bukan masalah lagi.

Perangkat input/output apa pun, seperti port USB, sebaiknya tidak bermasalah. Meskipun tidak akan merusak port atau colokan Anda dalam jangka pendek, memiliki cairan non-konduktif di antara kedua konektor mungkin bukan ide yang bagus. Oli juga dapat menyambungkan kabel yang terhubung dan perlahan-lahan berakhir di luar tangki!

Ada juga cerita tentang komponen karet yang melarutkan oli mineral. Ketika Puget menguji sistemnya, bahkan setelah satu tahun, tidak ada bukti tentang hal ini. Namun, itu tergantung pada oli dan jenis bahan yang tepat. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menggunakan oli mineral khusus khusus dan bukan hanya yang Anda temukan di supermarket.

Pada akhirnya, pendinginan PC oli mineral memiliki banyak masalah perawatan yang membuatnya tidak praktis untuk penggunaan umum, itulah sebabnya pendinginan air telah menjadi cara yang disukai untuk mendinginkan komponen berperforma tinggi.

Pendinginan Air Menggunakan Crown
Phuwadach Pattanatmon/Shutterstock.com

Saat ini tidak sulit untuk mendinginkan CPU dengan air. Anda cukup membeli pendingin air dari toko, memasangnya ke rel yang mungkin sudah ada di casing PC Anda dan menempelkannya di CPU semudah pendingin udara biasa. GPU lebih rumit, tetapi jika Anda membeli model yang tepat, Anda dapat menemukan pendingin air untuk itu atau hanya membeli kartu yang didinginkan dengan air di luar kotak.

Advertisement

Loop pendingin air khusus tetap menjadi solusi khusus, tetapi tidak sulit untuk menemukan pembuat sistem profesional yang akan membangun sistem dengan loop pendingin khusus untuk Anda. Pemeliharaan pada pendingin all-in-one yang disegel tidak ada karena tidak dirancang untuk diisi ulang atau dibuka. Pemeliharaan pada loop kustom mewakili satu atau dua jam pekerjaan, tergantung pada desain yang tepat. Perawatan ini hanya perlu dilakukan setiap beberapa bulan atau beberapa tahun sekali, tergantung pada jenis cairan pendinginnya. Jadi tidak sulit untuk melihat mengapa pendinginan air (relatif) menjadi arus utama saat ini tetapi PC akuarium minyak mineral tidak.

Pendinginan Oli Masih Ada!

Itu tidak berarti bahwa PC berpendingin oli benar-benar hilang. Anda masih akan menemukan bahwa orang masih membuatnya, bahkan pada tahun 2021. Apakah itu sesuatu yang harus Anda pertimbangkan? Mungkin tidak, tetapi ini terlihat seperti proyek yang menarik untuk ditangani dan dalam beberapa kasus, seperti membutuhkan sistem berpendingin pasif yang benar-benar senyap, bahkan mungkin ada alasan praktis untuk mencobanya.

Itulah berita seputar Mengapa PC Berpendingin Oli Tidak Populer Lagi, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.