Mengapa Pengisi Daya Ponsel Saya Panas, dan Haruskah Saya Khawatir?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda pernah memperhatikan bahwa pengisi daya ponsel iPhone atau Android Anda hangat atau panas saat disentuh setelah menggunakannya, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ini terjadi dan apakah itu sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Biasanya, Alat Elektronik Menghasilkan Panas

Kehangatan adalah hal yang normal di pengisi daya telepon mana pun. Pengisi daya Anda mengubah daya AC dari stopkontak menjadi daya DC untuk ponsel Anda, dan menghasilkan panas dalam prosesnya.

Untuk melakukan konversi AC/DC, pengisi daya menggunakan komponen listrik yang disebut transformator. Transformator menghasilkan panas karena proses penghantaran listrik yang teratur dan juga melalui arus eddy dan kerugian lainnya, yang merupakan efek samping dari cara kerja transformator. Secara umum, semakin banyak arus yang disediakan oleh transformator, semakin banyak panas yang dihasilkannya.

Dalam keadaan normal, pengisi daya telepon mungkin terasa sedikit hangat saat disentuh, dan tidak apa-apa—beroperasi seperti yang dirancang. Tetapi jika lebih dari sekadar hangat, atau tiba-tiba hangat luar biasa padahal belum pernah hangat sebelumnya, maka Anda mungkin mengalami masalah.

Seberapa Panas Sih Yang Terlalu Panas?

Jika pengisi daya Anda panas hingga tidak nyaman untuk dipegang atau sentuh, itu tanda yang jelas bahwa ada sesuatu yang salah. Ini mungkin karena kegagalan fungsi di dalam pengisi daya itu sendiri atau masalah dengan koneksi antara pengisi daya dan stopkontak. Pengisi daya asli berkualitas tinggi memiliki sirkuit perlindungan yang secara otomatis akan mematikan pengisi daya jika terjadi kesalahan. Tapi sirkuit ini bisa rusak, atau Anda mungkin menggunakan pengisi daya berkualitas rendah atau palsu.

Jika pengisi daya terlalu panas, cabut dari stopkontak dan cari tanda-tanda kotoran atau penghalang yang terlihat pada cabang yang dicolokkan ke stopkontak. Selain itu, periksa untuk memastikan port pengisian daya pada ponsel Anda bersih, dan periksa port USB pada pengisi daya itu sendiri (jika ada) untuk tanda-tanda kotoran atau kotoran menumpuk.

Setelah port bersih, coba lagi, dan jika masih hangat, gunakan kabel lain untuk melihat apakah masalah berlanjut. Meski begitu, ada beberapa kasus di mana Anda tidak ingin mengambil risiko dengan mencoba kabel yang berbeda, yang akan kami bahas di bawah ini.

Kapan Pengisi Daya Panas Menjadi Bahaya Kebakaran?

Jika Anda melihat peringatan ini tanda di pengisi daya atau kabel pengisi daya, segera hentikan penggunaan pengisi daya atau kabel dan ganti. Jika Anda memiliki pengisi daya yang rusak, Anda dapat mencoba menghubungi dukungan pelanggan dari produsen untuk mendapatkan penggantinya.

Tanda-tanda yang terlihat meleleh pada plastik pengisi daya atau kabel pengisi daya.Bau yang tidak biasa berasal dari pengisi daya, seperti bau asap atau plastik yang meleleh .Bekas hangus (tanda terbakar hitam atau coklat) pada pengisi daya, kabel, atau stopkontak tempat pengisi daya dicolokkan. Panas tiba-tiba yang baru atau tidak biasa. Retak, retak, atau kerusakan fisik pada kabel atau pengisi daya.

Juga , ingatlah untuk mengisi daya ponsel Anda jauh dari apa pun yang mudah terbakar atau mudah terbakar. Itu berlaku untuk pengisi daya apa pun, bahkan pengisi daya apa pun yang berfungsi dengan baik.

Tetap Dengan Pengisi Daya Merek Berkualitas Tinggi

Seperti yang kami sebutkan secara singkat di atas, salah satu alasan Anda mungkin memiliki pengisi daya telepon yang panas adalah karena kualitasnya rendah atau suku cadang palsu. Suku cadang ini tidak sesuai dengan standar dan peraturan keselamatan yang membuat kita tetap aman.

Saat ini, merupakan masalah industri yang terkenal bahwa vendor online seperti Amazon.com dan AliExpress menjual banyak produk elektronik palsu dan berpotensi berbahaya. Ini termasuk pengisi daya telepon nirkabel, kabel, dan USB. Jika Anda membeli pengisi daya yang tidak berfungsi, minta pengembalian dana, dan pertimbangkan untuk membeli pengisi daya baru langsung dari produsen ponsel Anda, seperti Apple atau Samsung.

 

Jika Anda membeli pengisi daya pihak ketiga dari Amazon, beli hanya produk merek-nama tepercaya dari vendor seperti Anker, atau lihat panduan pembelian kami untuk mendapatkan saran . Analisis baru-baru ini menunjukkan bahwa sekitar 42% ulasan Amazon palsu, jadi Anda tidak bisa mempercayainya sendiri. Semoga berhasil, dan tetap aman di luar sana!

Itulah berita seputar Mengapa Pengisi Daya Ponsel Saya Panas, dan Haruskah Saya Khawatir?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.