Mengapa RAM Saya Melaporkan Setengah Kecepatannya?

Crucial

Anda baru saja membuat atau membeli komputer baru, Anda bersemangat untuk mengujinya dan tetapi aplikasi informasi sistem yang Anda jalankan melaporkan bahwa RAM Anda setengah dari kecepatan yang seharusnya. Apa penyebabnya?

Mengapa Beberapa Alat Melaporkan RAM dengan Kecepatan Setengah

Jika Anda sering membangun komunitas PC secara online seperti /r/BuildaPC atau forum serupa lainnya, Anda akan sering menemukan orang yang merekomendasikan aplikasi seperti CPU-Z dan Speccy sebagai cara yang bagus untuk memeriksa di PC baru Anda.

Aplikasi ini berguna, tentunya, dan cara yang bagus untuk mendapatkan banyak informasi tentang komputer Anda sekaligus. Tetapi jumlah informasi bisa sedikit berlebihan jika Anda tidak tahu persis apa yang Anda lihat.

RELATEDApa itu RAM? Semua yang Perlu Anda KetahuibspSatu hal yang langsung muncul bagi kebanyakan orang adalah ketika frekuensi RAM tampak tidak aktif. Jika Anda telah menginvestasikan energi untuk membangun PC Anda atau dengan hati-hati memilih bagian dari pembuat butik, Anda tentu ingin melihat kecepatan RAM yang tepat di sana! Namun, ketika Anda melihat, kecepatannya setengah dari yang Anda harapkan.

Ini adalah tangkapan layar dari PC dengan empat stik 8GB terpasang. RAM, untuk referensi, adalah DRAM DDR4 Crucial Ballistix 3600 MHz. Jadi, tentu saja, orang akan berharap untuk melihat laporan aplikasi utilitas inspeksi 3600 Mhz, bukan?

Advertisement

Namun, baik Speccy dan CPU-Z melaporkan kecepatan RAM adalah 1799,6 Mhz. Mengesampingkan presisi hingga desimal dari beberapa sepersepuluh MHz yang hilang, itu adalah setengah kecepatan yang Anda harapkan.

Namun, itu tidak salah dan tidak ada yang salah dengan RAM Anda. Kecepatan seperti yang dilaporkan oleh aplikasi utilitas seperti CPU-Z dilaporkan sangat benar—hanya saja tidak disajikan seperti yang Anda harapkan jika Anda tidak terbiasa dengan konvensi RAM.

Ketika kami membongkar akronim yang kami gunakan untuk merujuk ke RAM, bagaimanapun, misteri terpecahkan. RAM modern yang kami gunakan di PC saat ini adalah DDR SDRAM (angka setelah bagian DDR, seperti DDR4 atau DDR5, hanya mengacu pada generasi RAM).

DDR SDRAM adalah singkatan dari Double Data Rate Synchronous Dynamic Random-Access Memory. Diperkenalkan pada tahun 1998, para insinyur pintar menemukan cara untuk mengontrol waktu RAM secara ketat dan, dalam prosesnya, menggandakan bandwidth.

Meskipun beberapa antarmuka yang akan Anda temui, seperti alat memori yang dimasukkan ke dalam Windows Task Manager akan melaporkan kecepatan RAM pada kecepatan yang Anda harapkan—kecepatan data ganda—alat seperti CPU-Z yang menyediakan data spesifikasi mentah tentang mesin Anda tidak. Angka yang Anda lihat di CPU-Z adalah frekuensi MHz yang disajikan pada kecepatan yang tidak digandakan.

Dan hanya itu! Tidak perlu panik, meminta nomor RMA, atau menghabiskan waktu berjam-jam untuk memecahkan masalah yang sebenarnya tidak ada.

Apa yang Harus Dilakukan Jika RAM Anda Sebenarnya Berperforma Buruk

Di How-To Geek, kami senang membantu orang dan memecahkan masalah mereka jadi kami’ pasti tidak akan membuat Anda pergi dengan tangan kosong.

Advertisement

Jika Anda menemukan artikel ini saat memecahkan masalah RAM, baca informasi di atas, dan dibiarkan berkata “Tapi teman-teman, RAM saya sebenarnya berjalan lebih lambat dari yang seharusnya!” pasti ada alasan potensial untuk itu yang harus Anda perhatikan.

Meskipun selalu mungkin ada masalah jenis ghost-in-the-machine yang sulit ditemukan seperti kesalahan pada motherboard atau RAM DIMM itu sendiri yang menyebabkan masalah kinerja Anda, mari kita lanjutkan penyebab yang paling mungkin.

RELATEDCara Mengaktifkan Intel XMP untuk Membuat RAM Anda Berjalan pada Kecepatan yang Diiklankans

Salah satu penyebab paling umum dari kinerja RAM yang buruk—dan tentu saja salah satu alasan paling umum bagi orang yang meminta bantuan di forum komputer setelah ada yang tidak beres dengan mereka build baru—adalah kegagalan untuk mengaktifkan XMP (Extreme Memory Profile).

XMP adalah teknologi buatan Intel yang ditemukan pada PC berbasis Intel dan AMD. Jika Anda tidak mengaktifkan profil XMP yang tepat di BIOS Anda, maka RAM Anda akan tetap berfungsi tetapi akan di-down-clock ke salah satu pengaturan waktu standar. Tanpa XMP Anda meninggalkan semua kinerja ekstra di atas meja.

Berbicara tentang meninggalkan kinerja di atas meja, Anda sebenarnya dapat mendorong melampaui peningkatan yang diberikan profil XMP kepada Anda dengan melakukan overclocking lebih lanjut pada RAM Anda. Ini benar-benar mudah dan jauh lebih tidak menakutkan daripada yang terlihat pada pandangan pertama.

Advertisement

Jika mengaktifkan XMP tidak menyelesaikan masalah kinerja Anda atau masalah melampaui RAM hanya berjalan pada kecepatan yang lebih lambat, selalu baik untuk membawanya kembali ke dasar dan jalankan tes RAM yang tepat untuk mengesampingkan masalah apa pun dengan DIMMS RAM di mesin Anda. Jika tes RAM menunjukkan bahwa Anda perlu mengganti RAM Anda, tingkatkan keterampilan menukar RAM Anda di sini.

Itulah berita seputar Mengapa RAM Saya Melaporkan Setengah Kecepatannya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.