Mengapa Saya Melihat “FBI Surveillance Van” di Daftar Wi-Fi Saya?

Jika Anda mencoba menyambung ke titik akses Wi-Fi dan melihat “FBI Surveillance Van” di daftar SSID, apakah Anda harus khawatir? Apakah ada mobil FBI di luar pintu Anda? Kami akan membahas situasi umum yang mengejutkan ini.

Jika Anda melihat “FBI Surveillance Van”, “FBI Van”, “NSA Van”, atau “Police Surveillance Van” di daftar router Wi-Fi Anda atau titik akses, jangan khawatir: Ini hanya seseorang di sekitar yang memainkan lelucon praktis. Lelucon ini berasal dari masa-masa awal Wi-Fi—di tahun 2000-an—karena terkait dengan ketakutan umum bahwa seseorang mungkin mengintai di dekat Anda dan mengawasi Anda. Juga, di masa-masa awal Wi-Fi, beberapa orang menggunakan nama SSID yang terdengar menakutkan sebagai pencegah agar orang tidak terhubung ke titik akses Wi-Fi terbuka (tidak dilindungi kata sandi).

BaruBagaimana ini mungkin? Nama jaringan Wi-Fi disebut SSID (kependekan dari “Pengidentifikasi Set Layanan”), dan orang-orang dapat memasukkan SSID apa pun yang mereka inginkan di router Wi-Fi atau pengaturan hotspot. Karena semua orang di sekitar yang terhubung ke Wi-Fi dapat melihat SSID ini (kecuali jika disembunyikan), beberapa orang menggunakannya sebagai kesempatan publik untuk membuat lelucon, seperti “Cukup Terbang untuk Wi-Fi.”

Terkadang lelucon SSID tersebut menarik perhatian orang dalam masalah: Pada tahun 2014, para pejabat menunda penerbangan karena lelucon terorisme dengan nama hotspot Wi-Fi. Peristiwa serupa terjadi dengan referensi lelucon ke telepon tahan api pada tahun 2016, dan referensi bom lelucon pada tahun 2020.

Ada bahaya lain dalam menggunakan lelucon semacam ini dalam konteks orang yang mungkin menganggapnya serius. Faktanya, sebuah SSID bernama “FBI_SURVEILLANCE_VAN” menjadi berita pada tahun 2011 sehubungan dengan seorang remaja yang merencanakan peristiwa kekerasan. Hal ini mengilhami diskusi panjang di Techdirt dan postingan di Gawker tentang apakah bijaksana untuk menamai router Anda “FBI Surveillance Van”, meskipun menurut Anda itu lucu.

Seperti yang terlihat di atas, kita sudah tahu SSID “FBI Surveillance Van” adalah lelucon berdasarkan banyak bukti budaya di internet (lihat lusinan pertanyaan tentangnya di Quora, misalnya). Tapi di luar itu, apakah ada cara lain untuk mengetahui bahwa itu hanya lelucon?

Untungnya, ya. Inti dari pengawasan penegakan hukum adalah untuk mengawasi tersangka, seringkali secara rahasia, menggunakan taktik yang disebut pengawasan rahasia. Alasan mereka merahasiakan pengawasan adalah karena hal itu dapat mengubah perilaku tersangka jika tersangka mengetahui bahwa mereka sedang diawasi.

Jadi, jika sebuah van FBI diparkir di dekatnya secara diam-diam mengawasi seseorang, apakah mereka akan mengumumkannya secara terbuka dengan nama SSID Wi-Fi yang jelas? Tidak. Juga, jika agen FBI yang mengaku di dalam van pengawasan hipotetis ini membutuhkan akses internet, apakah mereka akan mendapatkannya melalui router Wi-Fi di van mereka? Tidak, mereka kemungkinan akan menggunakan cara alternatif yang aman untuk melakukannya yang tidak bergantung pada teknologi konsumen—atau hanya menggunakan internet seluler. Mereka tidak perlu menyediakan akses Wi-Fi ke lingkungan Anda.

Lalu ada pertanyaan tentang pilihan kendaraan pengawasan FBI itu sendiri. Apakah FBI benar-benar melakukan pengawasan dari sebuah van seperti yang kita lihat di film-film? Mungkin, tapi akun tahun 2008 dari NPR ini menggambarkan pengawasan yang dilakukan kebanyakan dari mobil biasa, dan terkadang berjalan kaki. Sedikit bukti yang kami miliki menunjukkan bahwa mereka menggunakan setidaknya satu van pada 1980-an, tapi itu sebelum era komunikasi digital modern. Jika ya, itu tidak ada hubungannya dengan nama di daftar Wi-Fi Anda. Tetap aman di luar sana!

Itulah berita seputar Mengapa Saya Melihat “FBI Surveillance Van” di Daftar Wi-Fi Saya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.