Mengapa Wi-Fi Saya Tidak Secepat yang Diiklankan?

TP-Link

Jadi pemasaran untuk router Wi-Fi Anda menjanjikan kecepatan tertentu tetapi pengalaman Anda dengan router tidak sesuai dengan kecepatan itu. Apa yang memberi? Inilah mengapa Anda tidak mendapatkan pengalaman yang diiklankan.

Sebelum kita membahas mengapa kecepatan router Anda kurang dari apa yang diiklankan, mari kita persempit cakupan artikel ini segera.

Kita mulai dari posisi koneksi internet Anda berfungsi seperti yang diharapkan (tes kecepatan terlihat bagus, sinyal Wi-Fi Anda kuat, dan Anda telah menggunakan tips ini untuk mengoptimalkan Wi-Fi Anda) tetapi Anda tidak mendapatkan kecepatan yang Anda harapkan berdasarkan spesifikasi router Anda.

Router Kecepatan yang Diiklankan Adalah Teoritis

Kecepatan yang diiklankan di kotak dan dalam dokumentasi untuk router tertentu adalah kecepatan maksimum teoritis yang dapat dipertahankan router dalam kondisi sempurna dan saat dipasangkan dengan perangkat uji yang setara atau lebih baik di lab. Kami membahas ini secara rinci dalam artikel kami tentang cara memecahkan kode huruf dan angka dalam nama router Wi-Fi, tapi berikut ini gambaran singkatnya:

Katakanlah Anda memiliki router yang diberi label sebagai AC1900. Kombinasi huruf dan angka tersebut menunjukkan generasi Wi-Fi (AC adalah generasi 5) dan bandwidth maksimum yang dapat dipertahankan router dalam kondisi ideal (dalam hal ini, 1900 Mbps di semua band/radio router.) iPhone, Xbox One, atau perangkat apa pun di jaringan Wi-Fi Anda, Anda terbatas pada koneksi yang telah dinegosiasikan perangkat dengan router Wi-Fi. Kecuali jika Anda kebetulan menggunakan perangkat modern dengan router single-band kuno (dalam hal ini Anda berpotensi benar-benar memaksimalkan bandwidth yang tersedia), Anda tidak akan pernah melihat satu perangkat pun menggunakan semua bandwidth yang ditawarkan router. Router AC1900, misalnya, bandwidth dibagi antara satu pita 2.4Ghz yang maksimal pada 600 Mbps teoritis dan pita 5 GHz yang maksimal pada 1300 Mbps. Perangkat Anda akan berada di satu band atau yang lain, dan tidak dapat memanfaatkan kapasitas penuh router.

Kecepatan Perangkat Maksimum Adalah Teoritis, Too

Sementara kita berbicara tentang kecepatan teoretis, penting juga untuk dicatat bahwa kecepatan maksimum untuk satu band juga sebagian besar teoritis. Perangkat yang menggunakan Wi-Fi 5 (802.11ac) pada pita 5GHz secara teoritis dapat mencapai hingga 1300 Mbps tetapi dalam praktiknya, perangkat tersebut hanya akan mendapatkan sebagian kecil dari itu.

Karena overhead dalam protokol Wi-Fi, Anda dapat mengharapkan dari mana saja 50-80% dari kecepatan “yang diiklankan” yang diharapkan berdasarkan peralatan Anda. Router yang lebih baru yang dipasangkan dengan perangkat yang lebih baru lebih efisien, perangkat yang lebih lama dan router yang lebih lama, lebih efisien.

RELATEDInilah Mengapa Anda Tidak Harus Menggunakan Ponsel Anda untuk Tes Kecepatan Internet

Jika Anda menjalankan tes kecepatan pada koneksi gigabit dan perangkat Wi-Fi Anda hanya mendapatkan sebagian dari kecepatan yang diharapkan. Omong-omong, juga mengapa Anda tidak boleh menggunakan ponsel Anda untuk tes kecepatan.

Sayangnya, tidak ada cara untuk menggunakan tip, trik, atau peretasan untuk mengatasi batasan ini. Perbedaan antara cara router dan kecepatan perangkat diiklankan dan cara mereka benar-benar direalisasikan selama penggunaan di dunia nyata selalu tidak selaras.

Perangkat Anda Lebih Lambat Dari Router
TippaPatt/Shutterstock.com

Dengan asumsi Anda tidak menggunakan Wi -Fi masalah karena Anda memiliki router kuno, klien individu kemungkinan menjadi hambatan. Bahkan dalam kondisi ideal, ada kemungkinan besar bahwa router Anda dapat menjalankan perangkat Anda dalam hal daya transmisi dan kapasitas bandwidth.

Advertisement

Jika Anda memiliki router dengan kemampuan MIMO 4×4, misalnya, tetapi perangkat yang Anda sambungkan untuk router hanya mendukung 2×2 MIMO, maka tidak mungkin perangkat itu bahkan mulai mendekati kecepatan maksimum yang dapat ditangani router.

Pada saat artikel ini dibuat, April 2022, konfigurasi yang lebih besar dari 2×2 MIMO jarang ditemukan di luar router atau titik akses Wi-Fi. Beberapa laptop Apple memiliki pengaturan 3×3, dan beberapa laptop Dell kelas atas memiliki pengaturan 4×4, tetapi hampir semua yang lain hanya memiliki 2×2 MIMO. Jadi, meskipun router Anda adalah router Wi-Fi 6 (802.11ax) dan perangkat Anda mendukung Wi-Fi 6, masih ada ketidakseimbangan pengaturan radio dan daya transmisi antara perangkat Anda dan router.

Sampai sebagian besar perangkat menggunakan perangkat keras yang setara ke router dan memiliki daya transmisi yang sama, Anda akan selalu dibatasi oleh perangkat.

Jadi Apa yang Harus Anda Lakukan Tentang Ini?

Jika kekhawatiran Anda hanyalah bahwa kecepatan yang Anda lihat dalam tes kecepatan atau saat mengunduh file besar tidak sesuai dengan apa Anda harapkan, tidak ada yang harus Anda lakukan sekarang setelah Anda tahu mengapa itu terjadi.

RELATEDBerapa Kecepatan Internet yang Saya Butuhkan untuk Layanan Streaming?

Tidak ada aktivitas sehari-hari yang memaksimalkan koneksi Wi-Fi Anda untuk mendapatkan lebih dekat dan lebih dekat dengan kecepatan teoretis itu sangat penting. Berapa banyak bandwidth yang Anda butuhkan untuk berbagai aktivitas internet ternyata sangat rendah. Bahkan router Wi-Fi 3 (802.11g) lama memiliki kapasitas bandwidth yang cukup untuk melakukan streaming video HD ke smart TV atau iPhone Anda. Sebenarnya, yang lebih penting daripada perangkat individu mana pun yang mendapatkan koneksi tunggal yang sangat cepat ke router Anda adalah kemampuan router Anda untuk mendukung banyak perangkat dengan mudah. Bagi sebagian besar orang, jauh lebih berguna untuk memiliki router yang dapat menangani rumah tangga yang penuh dengan perangkat Wi-Fi daripada memiliki router yang dapat mengirimkan seluruh kapasitas bandwidth broadband mereka ke satu perangkat. Tidak ada yang membutuhkan koneksi gigabit yang disemprotkan ke iPhone mereka, mereka membutuhkan koneksi yang dialokasikan dengan benar di semua ponsel cerdas dan perangkat di rumah.

Jika Anda membaca artikel ini bukan karena beberapa tolok ukur membuat Anda penasaran mengapa Anda tidak mendapatkan iklan kecepatan router yang Anda harapkan, tetapi karena perangkat Wi-Fi Anda bermasalah dan aktivitas internet dasar di rumah seperti streaming video dan game berantakan, upgrade router mungkin perlu dilakukan. Dengan asumsi Anda memiliki koneksi broadband yang memadai, penyebabnya hampir selalu karena router Anda tidak dapat memenuhi tuntutan yang dibebankan oleh rumah tangga Anda.

Untuk sebagian besar orang, mereka tidak membutuhkan bandwidth lebih, mereka membutuhkan manajemen perangkat dan bandwidth yang lebih baik alokasi—dan router generasi baru yang mengkilap memiliki perangkat keras untuk mewujudkannya.

Router Wi-Fi Terbaik tahun 2022 Router Wi-Fi Terbaik Secara KeseluruhanAsus AX6000 (RT-AX88U)Amazon$299,99 $349,99 Hemat 14%

Router Anggaran TerbaikTP-Link Archer AX3000 (AX50)Amazon$119,99 $149.99 Hemat 20%

Router Murah TerbaikTP-Link Archer A8Amazon$53.99 $59.99 Hemat 10%

Router Gaming TerbaikAsus GT-AX11000 Router Tri-BandAmazon$419.99 $449.99 Hemat 7%

Router Wi-Fi Mesh TerbaikASUS ZenWiFi AX6600 (XT8) (2 Paket )Amazon$392.55 $449.99 Hemat 13%

Router Mesh Anggaran TerbaikGoogle Nest Wifi (2 Paket)Amazon$215.37 $299.00 Hemat 28%

Router Modem TerbaikKomboNETGEAR Nighthawk CAX80Amazon$421.06 $499.99 Hemat 16%

Router VPN TerbaikLinksys WRT3200ACMAmazon$ 224.97$249.99 Hemat 10%

Beat Travel RouterTP-Link AC750Amazon$37.99 $39.99 Hemat 5%

Router Wi-Fi 6E TerbaikAsus ROG Rapture GT-AXE11000Belanja Sekarang

Itulah berita seputar Mengapa Wi-Fi Saya Tidak Secepat yang Diiklankan?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.