Mengganti Manajer Tampilan di Ubuntu – GDM, LightDM & SDDM

Setelah sistem desktop Linux dijalankan, Anda akan melihat jendela login. Ini ditampilkan oleh manajer Tampilan. Manajer tampilan adalah aplikasi independen dari manajer desktop. Anda dapat menginstal dan menggunakan manajer tampilan apa pun di sistem Anda.

Tutorial ini akan membantu Anda menginstal beberapa manajer tampilan di desktop Ubuntu. Juga memberi Anda petunjuk untuk beralih di antara manajer tampilan.
Apa itu Manajer Tampilan?

A Manajer Tampilan adalah program login grafis dan manajer sesi yang bertanggung jawab untuk otentikasi pengguna. Ini adalah aplikasi yang benar-benar terpisah dari lingkungan desktop.

Display Manager juga dikenal sebagai “manajer login”. Dalam tutorial ini, kita akan membahas 3 pengelola tampilan populer yaitu GDM, SDDM, dan LightDM. Beberapa manajer tampilan diinstal secara default dengan lingkungan desktop.
GDM3: adalah manajer tampilan default untuk Gnome Desktop Environment LightDM: adalah manajer tampilan ringan dan opensource SDDM: adalah manajer tampilan untuk sistem windowing X11 dan Wayland. KDE Plasma 5 menggunakan ini sebagai manajer tampilan default. Menginstal Manajer Tampilan di Ubuntu

Meskipun, beberapa Manajer Tampilan tersedia untuk lingkungan desktop Ubuntu. Tapi kami akan fokus pada tiga yang menonjol – GDM, LightDM, XDM, dan SDDM. GDM (GDM3) adalah Manajer Tampilan default untuk Ubuntu 16.10 dan versi yang lebih baru. Namun, beberapa rasa Ubuntu lainnya lebih memilih untuk menggunakan LightDM sebagai manajer tampilan default.

Gunakan salah satu perintah di bawah ini untuk menginstal Manajer Tampilan pada sistem Ubuntu.
Installing GDM3:

sudo apt install gdm3 

Installing LightDM:

sudo apt install lightdm 

Installing SDDM:

sudo apt install sddm 

Switching Display Manager di Ubuntu

Selama instalasi manajer tampilan, penginstal akan meminta untuk mengubah manajer tampilan default.

Setelah instalasi , Anda juga dapat mengganti pengelola tampilan dengan perintah yang disebutkan di bawah ini. Buka terminal dan ketik:

sudo dpkg-reconfigure gdm 

Gunakan tombol ATAS + BAWAH untuk memilih pengelola tampilan dan tekan tombol Ok.

Jika perintah di atas gagal, Anda dapat langsung mengedit /etc /X11/default-display-manager file dan atur manajer tampilan baru.
Conclusion

Dalam tutorial ini, kita telah membahas manajer tampilan populer untuk lingkungan desktop Linux. Juga memberi Anda instruksi untuk menginstal dan mengganti manajer tampilan pada sistem Ubuntu.

Referensi tecadmin.com