Microsoft Office Menunda Pemblokiran Makro Unduhan Berbahaya

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Microsoft mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka akan memblokir makro VBA dalam dokumen Office yang diunduh, karena seberapa populernya mereka untuk mendistribusikan malware. Namun, rencana tersebut sekarang ditangguhkan.

Bleeping Computer melaporkan bahwa Microsoft mengembalikan perubahan yang memblokir makro di dokumen Word, Excel, dan PowerPoint yang diunduh dari web. Perusahaan mengatakan di pusat pesan Microsoft 365, “berdasarkan umpan balik, kami membatalkan perubahan ini dari Saluran Saat Ini. Kami menghargai umpan balik yang kami terima sejauh ini, dan kami sedang berupaya untuk meningkatkan pengalaman ini. Kami akan memberikan pembaruan lain ketika kami siap untuk merilis lagi ke Saluran Saat Ini.”

RELATEDMacros Dijelaskan: Mengapa File Microsoft Office Dapat Berbahaya

Makro Visual Basic for Applications (VBA) pertama kali diperkenalkan di Office 97, dan saat ini tersedia di Windows dan Mac. Mereka dapat digunakan untuk mengotomatisasi pengeditan dokumen dan antarmuka dengan sistem operasi yang mendasarinya, dan untuk mengirim data antar aplikasi Office. Sifat makro yang tidak terbatas (dan popularitas aplikasi Office) telah menjadikannya pilihan populer untuk distribusi malware. Komputer dapat disusupi jika seseorang mengunduh dokumen Word, lalu mengizinkan makro berjalan saat diminta.

Microsoft sebelumnya berencana memblokir makro agar tidak berjalan di Access, Excel, PowerPoint, Visio, dan Word. Pembaruan juga tidak terbatas pada versi terbaru Microsoft Office — Microsoft mengatakan pada bulan Februari bahwa makro dalam file yang diunduh akan diblokir di Office LTSC, Office 2021, Office 2019, Office 2016, dan Office 2013. Microsoft telah meluncurkannya perubahan di beberapa saluran pratinjau.

Belum ada penjelasan lengkap mengapa Microsoft membatalkan keputusan sebelum dijadwalkan untuk diluncurkan ke semua orang. Perusahaan mengatakan kepada Bleeping Computer bahwa “tidak ada lagi yang bisa dibagikan.”

Sumber: Bleeping Computer

Itulah berita seputar Microsoft Office Menunda Pemblokiran Makro Unduhan Berbahaya, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.