Modem vs. Router – Apa Bedanya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda pernah bertanya-tanya tentang perbedaan antara modem dan router, Anda telah datang ke tempat yang tepat karena kami akan menjernihkan kebingungan tersebut. Kedua hal ini penting ketika mengatur internet di rumah atau kantor Anda.

Artikel ini akan mengulas perbedaan utama antara router dan modem sehingga Anda tahu mana yang harus dipilih untuk kebutuhan internet Anda. Teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Menjelaskan Perbedaan Antara Modem dan Router

Banyak yang mengira modem dan router memiliki arti yang sama, tetapi itu jauh dari kebenaran. Ini adalah dua perangkat terpisah, masing-masing dengan peran berbeda untuk dimainkan dalam sebuah jaringan.

Memahami Modem

Untuk memulai, jika Anda ingin internet di rumah, Anda harus memiliki modem. Perangkat ini menerima sinyal dari penyedia layanan internet Anda setiap kali Anda mendaftar untuk berlangganan internet. Untuk memahami mengapa modem merupakan komponen penting dalam jaringan, Anda perlu memahami apa itu sinyal dan perannya dalam jaringan.

Sinyal, secara sederhana, adalah gelombang elektromagnetik yang mengirimkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Dua sinyal utama ditransmisikan antara perangkat dan internet: sinyal analog dan sinyal digital.

Sementara internet mengirimkan sinyal analog, perangkat digital seperti ponsel, komputer, dan tablet Anda hanya dapat memecahkan kode sinyal digital. Untuk mengakses internet, Anda memerlukan perangkat untuk mengubah sinyal analog yang Anda terima dari penyedia Anda menjadi sinyal digital yang dapat dipahami oleh komputer Anda dan perangkat digital lainnya. Dan di situlah modem masuk. Modem

A mendemodulasi sinyal analog yang masuk menjadi sinyal digital sehingga komputer Anda dapat memahaminya. Ini juga memodulasi sinyal digital yang dikirimkan dari komputer Anda menjadi sinyal analog untuk memungkinkan data komputer Anda dikirim melalui internet. Itulah sebabnya modem juga disebut sebagai modulator-demodulator.

Kebanyakan modem memiliki tiga port: satu yang menghubungkan perangkat ke internet, satu lagi ke sumber daya, dan yang terakhir ke router.

Mengerti Router

Seperti namanya, router adalah perangkat yang merutekan atau mendistribusikan koneksi internet Anda ke semua perangkat yang terhubung ke jaringan. Ini termasuk komputer, tablet, telepon, perangkat rumah pintar, dll.

Biasanya, router terhubung ke modem melalui kabel ethernet. Tanpa itu, Anda harus menghubungkan perangkat Anda langsung ke modem menggunakan kabel ethernet untuk akses internet. Ini bisa sangat merepotkan karena akan membuat perangkat seperti ponsel dan komputer tidak dapat bergerak.

Ketika beberapa perangkat terhubung ke router yang sama, mereka membentuk jaringan yang disebut Jaringan Area Lokal (LAN). Dengan beberapa perangkat yang terhubung dan perlu berkomunikasi, router memerlukan mekanisme untuk mengidentifikasi setiap perangkat di jaringan. Dan di situlah alamat IP masuk.

Alamat IP adalah nomor unik yang mengidentifikasi setiap perangkat di jaringan, membantu router mendistribusikan sinyal internet dengan benar. Dengan menggunakan alamat tersebut, Anda dapat mengontrol properti jaringan setiap perangkat, seperti akses dan bandwidth, melalui pengaturan router Anda.

Router biasa akan memiliki sakelar dan beberapa port sehingga semua perangkat Anda dapat terhubung ke internet. Secara teknis Anda tidak memerlukan router jika Anda memiliki satu perangkat di jaringan Anda. Sebagai gantinya, Anda dapat mencolokkan kabel jaringan perangkat itu ke modem dan langsung mengakses internet. Namun, hal ini biasanya tidak terjadi karena jaringan rumah atau kantor terdiri dari beberapa perangkat yang perlu mengakses internet.

Ada dua jenis router utama: berkabel dan nirkabel. Router berkabel harus terhubung ke komputer Anda dan perangkat lain melalui kabel ethernet untuk mengirimkan sinyal jaringan.

Di sisi lain, router nirkabel menggunakan antena internal untuk mengirimkan sinyal jaringan secara nirkabel ke perangkat lain.

Router vs. Modem : Modem Struktur Jaringan

A menghubungkan Anda ke Wide Area Network (WAN) atau internet. Di sisi lain, router adalah yang menghubungkan perangkat lokal Anda sehingga mereka dapat berkomunikasi dan secara kolektif membentuk apa yang disebut Jaringan Area Lokal (LAN).

Modem vs. Router: Mana yang Anda Butuhkan? perangkat ini yang Anda butuhkan tanpa terlebih dahulu melihat kebutuhan internet spesifik Anda. Misalnya, jika Anda hanya memiliki satu perangkat yang memerlukan akses ke internet, secara teknis Anda tidak memerlukan router. Namun, jika Anda memiliki beberapa perangkat dan ingin semuanya terhubung ke internet, Anda memerlukan router.

Oleh karena itu, aman untuk mengatakan bahwa Anda memerlukan modem dan router jika ingin Wi-Fi di rumah Anda . Memiliki keduanya memungkinkan Anda untuk menghubungkan beberapa perangkat ke internet.

Jika Anda merasa sulit untuk memilih di antara kedua perangkat ini, jangan khawatir. Lagi pula, sebagian besar penyedia layanan internet akan memberi Anda perangkat yang berfungsi baik sebagai router dan modem atau biasa dikenal sebagai modem router combo.

Haruskah Anda Membeli Router dan Modem Secara Terpisah?

Sebagian besar penyedia layanan internet menyarankan Anda untuk menggunakan modem kombo router. Mudah dipasang, memakan lebih sedikit ruang, dan membuat mereka lebih untung karena mereka bisa menyewakannya kepada Anda. Ada pengorbanan, meskipun. Misalnya, komponen router dalam kombo kurang kuat dan memiliki lebih sedikit fitur daripada router mandiri. Akibatnya, jaringan Anda akan lambat.

Dari sudut pandang ekonomi, Anda disarankan untuk membeli router dan modem secara terpisah. Memiliki keduanya memberikan konektivitas internet yang lebih baik dan jarang rusak. Jika ya, mereka mudah untuk memecahkan masalah dan memperbaikinya.

Keuntungan lain dari membeli router terpisah adalah bahwa perangkat itu milik Anda untuk disimpan jika Anda memutuskan untuk pindah.

Modem vs. Router Jangan Pernah Menggabungkan Keduanya Lagi

Seperti yang Anda lihat, modem dan router adalah dua perangkat terpisah, masing-masing dengan fungsi berbeda untuk dijalankan di jaringan. Memilih antara router atau modem tergantung pada jumlah perangkat yang ingin Anda hubungkan ke internet. Modem sudah cukup jika Anda ingin satu perangkat terhubung ke internet. Namun, jika Anda memerlukan beberapa perangkat yang terhubung ke internet, sebaiknya beli juga router.

Biasanya, penyedia layanan internet Anda akan memberi Anda gateway– perangkat yang berfungsi sebagai modem dan router – jadi Anda tidak perlu beli keduanya secara terpisah. Tetapi sekali lagi, membeli router dan modem secara terpisah akan memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dan koneksi internet yang lebih baik.

Apakah Anda menggunakan kombo modem router, atau apakah Anda menggunakan kedua perangkat secara terpisah? Bagaimana pengalaman Anda menggunakan kedua perangkat jaringan tersebut? Silakan bagikan pemikiran Anda dengan kami di bagian komentar di bawah.