Mouse Nirkabel tidak Berfungsi – Cara Mengatasi Masalah

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda mengalami masalah dengan mouse nirkabel Anda, tutorial ini cocok untuk Anda. Ini mencakup cara memecahkan masalah mouse nirkabel di Windows dan akan membuat Anda aktif dan berjalan kembali dalam waktu singkat!

Wires adalah produk sampingan komputasi yang tidak menguntungkan. Lihat di belakang desktop rata-rata dan Anda akan melihat kekacauan kabel dan kabel yang menghubungkan periferal, daya, printer, dan segala macam. Itu tidak berarti Anda harus mengacaukan meja Anda juga. Peningkatan yang stabil dalam periferal nirkabel berarti sekarang adalah waktu yang tepat untuk menggunakan nirkabel.

A mouse nirkabel biasanya terdiri dari beberapa komponen. Mouse itu sendiri yang akan berisi baterai dan adaptor nirkabel, biasanya USB. Mouse mengirimkan sinyal ke adaptor yang meneruskannya ke Windows untuk mengikuti perintah. Ini adalah pengaturan sederhana yang bekerja dengan baik hampir sepanjang waktu.

Memecahkan Masalah Mouse Nirkabel di Windows

Gejala mouse nirkabel yang mengalami masalah adalah gerakan tidak menentu, kursor desktop melompat atau menyentak, kursor tidak bergerak dengan benar, atau bahkan tidak bergerak sama sekali . Semua ini dapat diatasi dengan satu atau beberapa perbaikan ini. Tutorial ini mengasumsikan mouse nirkabel berfungsi dengan baik untuk sementara waktu dan kemudian tiba-tiba mulai mengalami masalah.

Mengubah Permukaan Mouse Aktif

Bahkan mouse optik terkadang memiliki masalah dengan permukaan yang digunakan. Itu bisa terlalu mengkilap, terlalu kasar atau tidak cocok. Coba alas mouse, meja, atau bahkan buku yang berbeda untuk melihat apakah perubahan permukaan memperbaiki masalah.

Jika permukaannya terlalu reflektif, maka Anda akan mengalami masalah dengan mouse nirkabel Anda.

Periksa Dongle USB

Selanjutnya, periksa apakah USB dongle pada tempatnya dan belum dipindahkan atau digeser keluar dari posisinya. Opsional, lepaskan, tunggu beberapa detik dan masukkan ke port USB yang berbeda. Izinkan Windows untuk mengambilnya dan menguji ulang.

Setelah memasukkan perangkat USB, Windows pertama-tama mencari driver untuk mengoperasikan/mengenalinya. Pemasangan kembali perangkat yang sederhana dapat memperbaiki masalah kecil sementara yang mungkin muncul di Registry, dll.

Menyesuaikan Baterai Mouse

Kebanyakan mouse nirkabel akan memiliki kompartemen di bawahnya yang menampung baterai. Balikkan mouse dan periksa apakah baterai masih ada, dalam kondisi baik dan sentuh terminal sebagaimana mestinya. Keluarkan baterai dan pastikan baterai bersih dan bebas dari kotoran, lalu pasang kembali.

Beberapa mouse nirkabel memiliki sakelar Nyala/Mati di bawahnya untuk membantu menghemat baterai. Periksa untuk memastikan bahwa baterai Anda diaktifkan dan tidak dimatikan secara tidak sengaja.

Ganti Baterai

Kami telah memeriksa bahwa baterai sudah terpasang dan bebas dari kotoran dan kotoran sebelumnya. Sekarang, kami telah menghilangkan banyak penyebab umum masalah mouse nirkabel, sekarang kita harus melihat pada penggantian baterai.
Buang kompartemen di bawah mouse, keluarkan baterai dan pasang yang baru.

Jika mouse berfungsi, bagus, Anda selesai dengan penyelesaian masalah. Namun, jika tidak, Anda dapat membiarkan baterai baru di tempatnya atau memasang kembali yang lama, dengan cara apa pun, teruskan membaca untuk menemukan lebih banyak kiat untuk membantu memperbaiki masalah.

Bersihkan Mouse Anda

Saat terpisah, Anda juga akan untuk memeriksa apakah bola atau port optik bersih dan bebas dari kotoran dan kotoran.
Dengan mouse mati dan baterai dilepas, kendurkan dan lepaskan sekrup yang menahan mouse, biasanya hanya satu atau dua. Selanjutnya, tarik mouse dengan hati-hati , Anda mungkin perlu menggunakan alat pengungkit plastik untuk melepaskan klip penahan di bagian dalam penutup mouse.Sekarang, singkirkan kotoran secara perlahan dan bersihkan roda track mouse dan komponen internal dengan bola kapas, kain lap atau kain mikrofiber, dan sedikit gosok alkohol (hanya gunakan sedikit). Setelah membiarkan bagian dalam mouse mengering selama beberapa detik, alkohol menguap dengan cepat, pasang kembali mouse, lalu hidupkan kembali. Terakhir, uji untuk melihat apakah semuanya berfungsi dengan baik.
Reboot Your Komputer

Disebut ‘3-p di reset’ dalam perdagangan, reboot penuh komputer Anda dapat memperbaiki segala macam masalah. Jika tetikus terlihat baik-baik saja, nyalakan ulang komputer Anda untuk melihat apakah ia memulihkan tetikus dan mulai bekerja dengan benar lagi. Jika tidak, lanjutkan pemecahan masalah.

Periksa Driver Anda

Masalah driver adalah penyebab umum masalah perangkat keras sehingga merupakan tempat yang logis untuk memecahkan masalah mouse nirkabel Anda. Pertama-tama kami akan membiarkan Windows melakukan pembaruan driver dan kemudian menginstal driver secara manual jika perlu.
Ketikkan ‘dev’ ke dalam kotak Windows Search/Cortana atau klik kanan ikon Start dan pilih Device Manager. Sekarang, gulir ke bawah dan pilih Tikus dan perangkat penunjuk lainnya. Klik kanan pada mouse Anda dan pilih Perbarui driver. Izinkan Windows untuk secara otomatis menemukan driver dan menginstalnya.
Jika Windows tidak menemukan pembaruan driver, Anda dapat mencoba instalasi manual.
Navigasi ke situs web produsen mouse dan unduh driver terbaru untuk mouse Anda.Instal di komputer Anda dan ikuti petunjuknya. Nyalakan ulang jika diperlukan dan uji ulang.
Coba Mouse di Komputer Lain

Tugas pemecahan masalah terakhir adalah mencoba mouse di tempat lain. Jika berfungsi dengan baik dan tiba-tiba berhenti bekerja dan tidak ada yang memperbaikinya, itu bisa menjadi masalah perangkat keras. Cara terbaik untuk menguji teori itu adalah dengan menggunakan komputer lain. Tugas ini dibiarkan sampai terakhir karena Anda mungkin harus menginstal driver di komputer lain dan kemudian menghapusnya lagi setelah selesai. Meskipun tidak memakan waktu lama, ini sedikit merepotkan.

Hubungkan mouse nirkabel ke komputer lain, izinkan untuk mendeteksi perangkat baru dan menginstal driver. Instal driver secara manual jika Anda mau. Uji mouse.

Kemungkinan mouse tidak berfungsi di komputer baru jika Anda mengikuti semua langkah dalam panduan ini. Namun, Windows adalah Windows, tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa masalah internal menghentikan mouse nirkabel agar tidak berfungsi.

Pemecahan Masalah Mouse

Sayangnya, masalah perangkat keras dengan mouse Anda dapat terjadi. Mulailah dengan solusi paling sederhana dan kemudian kerjakan daftar Anda dari sana. Namun, jangan pernah meremehkan kekuatan reboot sederhana atau pembersihan perangkat keras Anda, Anda akan kagum dengan banyaknya kotoran dan kotoran yang masuk ke dalam mouse.

Apakah ada saran yang berhasil untuk Anda? Beri tahu kami di komentar di bawah.