Notifikasi Android Masih Jauh di Depan iPhone

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Joe Fedewa

Notifications adalah bagian besar dari pengalaman smartphone dan Android dan iPhone memiliki pendekatan yang sangat berbeda untuk mereka. Apple telah membuat peningkatan besar selama bertahun-tahun, tetapi notifikasi Android masih lebih unggul. Saya akan menunjukkan kepada Anda mengapa.

Saya telah menggunakan ponsel Android selama lebih dari satu dekade, tetapi baru-baru ini saya mulai menggunakan iPhone secara penuh. Situasi notifikasi adalah salah satu area yang banyak saya pikirkan. Sistem notifikasi Android kurang lebih sama sejak awal, namun menurut saya masih lebih baik.

Lock Screen vs. Notification Center
Cristian Dina/Shutterstock.com

Mari kita mulai dengan area notifikasi iPhone yang mungkin paling membuat frustrasi. Tidak termasuk lencana layar beranda, ada dua tempat di mana notifikasi muncul: layar kunci dan Pusat Notifikasi.

Layar kunci dan Pusat Notifikasi diperlakukan sebagai hal yang benar-benar terpisah. Secara teknis, Anda hanya melihat notifikasi terbaru—-notifikasi yang masuk sejak terakhir kali Anda memeriksanya—di layar kunci. Untuk melihat semua notifikasi, Anda perlu menggeser ke atas untuk membuka Pusat Notifikasi—yang merupakan arah berlawanan untuk membukanya di layar utama.

Katakanlah Anda memiliki beberapa notifikasi baru. Anda mengetuk salah satunya untuk memeriksanya dan kemudian mengunci iPhone Anda lagi. Sekarang saat berikutnya Anda memeriksa iPhone, pemberitahuan lain yang tidak Anda ketuk hilang. Mereka telah dipindahkan ke Pusat Notifikasi, yang membutuhkan gesekan ekstra untuk membukanya.

Cam SummersonAdvertisement

Di Android, hanya ada satu area notifikasi—“Notification Shade.” Ini dibuka dengan menggesek ke bawah dari atas layar. Layar kunci pada dasarnya bertindak sebagai Notification Shade yang sudah diperluas. Notifikasi yang sama persis muncul di kedua tempat.

Skenario di atas tidak terjadi di Android. Jika saya hanya mengambil tindakan pada satu notifikasi, notifikasi lainnya akan tetap berada di layar kunci saat saya memeriksa ponsel saya berikutnya. Saya tidak perlu pergi ke area terpisah untuk notifikasi “lama”. Hanya ada satu area untuk notifikasi dan mereka tetap di sana sampai saya membuka atau menutupnya.

Sekarang, Android memang memiliki pengaturan layar kunci untuk notifikasi. Anda dapat memilih untuk menyembunyikan konten notifikasi atau menyembunyikan notifikasi sepenuhnya. Namun, segera setelah Anda membuka kunci ponsel, semuanya tepat di tempat yang Anda harapkan di satu area notifikasi. Jauh lebih sulit untuk melewatkan pemberitahuan di Android.

TERKAIT:Cara Menyembunyikan Pemberitahuan Sensitif Dari Layar Kunci iPhone Anda

iPemberitahuan Telepon Semuanya atau Tidak Sama Sekali

Perbedaan filosofis besar kedua antara pemberitahuan iPhone dan Android adalah bagaimana Anda memutuskan pemberitahuan mana yang Anda inginkan. iPhone memiliki pendekatan all-or-nothing, sedangkan Android memiliki kontrol yang jauh lebih terperinci.

Apa yang saya maksud? Mari kita gunakan aplikasi YouTube misalnya. Ada beberapa jenis notifikasi yang mungkin Anda dapatkan. Video baru dari langganan, balasan komentar Anda, video yang direkomendasikan, dll. Untuk memblokir salah satu notifikasi ini di iPhone, Anda harus menonaktifkan notifikasi untuk YouTube sepenuhnya.

Di Android, masing-masing jenis notifikasi tersebut dapat dinonaktifkan secara terpisah di Pengaturan sistem. Untuk melakukan itu di iPhone, Anda harus berharap pengembang aplikasi telah memasukkan pengaturan notifikasi yang lebih spesifik di aplikasi itu sendiri. YouTube kebetulan memiliki opsi tersebut, tetapi tidak semua aplikasi iPhone memilikinya.

TERKAIT:Apa Itu Saluran Notifikasi Android?

Melakukan Tindakan pada Notifikasi Tidak Intuitif
Apple

Melakukan tindakan pada notifikasi tanpa membuka aplikasi bisa sangat menghemat waktu. Baik iPhone dan Android memungkinkan Anda melakukan ini, tetapi implementasi Apple hampir tidak intuitif untuk digunakan.

Advertisement

Di iPhone, Anda dapat menyeret spanduk pemberitahuan atau mengetuk dan menahan pemberitahuan dari layar kunci atau Pusat Pemberitahuan untuk melihat tindakan. Misalnya, dengan Gmail opsi tersebut adalah “Tandai sebagai Telah Dibaca,” “Arsip,” dan “Balas.”

Butuh beberapa saat bagi saya untuk menyadari bahwa opsi ini ada. Benar-benar tidak ada indikasi bahwa itu mungkin. Android, di sisi lain, memiliki panah kecil yang menunjukkan Anda dapat memperluas notifikasi untuk tindakan lebih lanjut. Notifikasi penting akan sering diperluas secara otomatis untuk Anda juga.

Tindakan notifikasi Android.

Hal kecil lainnya yang membuat frustrasi adalah gerakan menggesek untuk notifikasi di layar kunci dan Pusat Notifikasi. Untuk satu, Anda harus menggesek dari kanan ke kiri. Lebih menjengkelkan adalah bagaimana Anda harus melakukan gesekan panjang yang sangat disengaja untuk sepenuhnya mengabaikan pemberitahuan tanpa langkah kedua mengetuk tombol “Hapus”.

Apple tampaknya sangat khawatir bahwa orang akan secara tidak sengaja menghapus pemberitahuan, tetapi setiap pengguna iPhone saya berbicara dengan keinginan itu lebih mudah dilakukan. Saya setuju.

TERKAIT:Cara Menguasai Notifikasi di iPhone Anda

Notification Clutter
Apple

Bukan rahasia lagi bahwa notifikasi di smartphone bisa berantakan. Kekacauan itu dapat disebabkan oleh Anda atau oleh desain yang buruk yang mempersulit Anda untuk tetap rapi. Dalam kasus iPhone, saya merasa jauh lebih sulit untuk menjaga notifikasi tetap bersih.

Advertisement

Ada beberapa alasan untuk ini. Salah satunya adalah layar kunci yang disebutkan di atas dan bencana Pusat Pemberitahuan. Tampaknya sangat mudah untuk membiarkan Pusat Notifikasi dimuati dengan notifikasi karena notifikasi tersebut menghilang dari layar kunci.

Bagian lainnya adalah bagaimana notifikasi dikelompokkan dan dihapus secara otomatis—atau lebih tepatnya, bagaimana notifikasi tersebut tidak dihapus secara otomatis.

Grup iPhone pemberitahuan dari aplikasi yang sama menjadi semacam bundel. Katakanlah Anda mendapat pesan dari percakapan dengan seorang teman. Setiap pesan adalah notifikasinya sendiri. Terkadang saat Anda mengetuk salah satu pesan tersebut untuk masuk ke percakapan, notifikasi lain dari percakapan yang sama tidak akan hilang.

Google

Android juga mengelompokkan notifikasi dari aplikasi yang sama, tetapi bukan sebagai sekumpulan notifikasi individual yang digabungkan menjadi satu. Misalnya, dengan Gmail di atas, Anda dapat melihat pengirim dan beberapa teks dari email bersama-sama sebagai satu notifikasi, lalu memperluasnya untuk melihat lebih banyak.

Notifikasi Android Lebih Sederhana
Terlalu banyak yang terjadi di sini. Apple

Rasanya agak aneh mengatakan ini, tapi saya pikir notifikasi adalah satu area di mana pendekatan Android sebenarnya lebih sederhana daripada Apple.

Memiliki semua notifikasi di satu tempat jauh lebih bagus dan lebih mudah untuk dikelola. Saya bahkan belum menyebutkan bahwa Android memungkinkan Anda untuk melihat notifikasi di bilah status setiap saat (jika Anda mau), yang menurut saya juga sangat membantu.

Advertisement

Di Android, saya tahu persis bagaimana setiap notifikasi akan muncul dan terserah saya untuk memutuskan mana yang saya inginkan. IPhone memberi saya banyak pilihan tempat saya akan melihat notifikasi dan saya harus berharap aplikasi akan membiarkan saya menyesuaikan mana yang ingin saya dapatkan.

Tentu saja, semua ini menjadi kebiasaan semakin Anda menggunakan iPhone, tetapi melihat hal-hal dengan sepasang mata yang segar dapat mengungkapkan masalah. Notifikasi di iPhone menjadi lebih baik, tetapi perjalanan masih panjang.

Sudahkah Anda yakin untuk mencoba Android? Mulai di sini.

Ponsel Android Terbaik 2022 Ponsel Android Terbaik Secara KeseluruhanSamsung Galaxy S22Amazon$699.99 $799.99 Hemat 13%

Anggaran TerbaikMoto G Play (2021)Amazon$144.99 $169,99 Hemat 15%

Ponsel Android Kelas Menengah TerbaikGoogle Pixel 5aBelanja SekarangPonsel Android Premium TerbaikSamsung Galaxy S22Amazon$1399.99  Ponsel GamingASUS ROG Phone 5SBelanja SekarangKamera Android TerbaikGoogle Pixel 6 ProBelanja SekarangMasa Pakai Baterai TerbaikMoto G Power (2021)Amazon

Itulah berita seputar Notifikasi Android Masih Jauh di Depan iPhone, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.