Pemrosesan Sinyal Digital (DSP/Digital Signal Processing) Adalah

Lihat earbud, sistem home theater, atau sejumlah elektronik audio, dan Anda akan melihat istilah “pemrosesan sinyal digital” (DSP) dilempar. Mari kita telusuri apa arti sebenarnya dari istilah ini, dan apa pengaruhnya terhadap audio Anda.

Penjelasan Dasar-dasar Pemrosesan Sinyal Digital

Untuk istilah yang biasa digunakan dalam pemasaran, DSP adalah subjek yang sangat kompleks. Pada tingkat dasar, semua pemrosesan sinyal digital yang dilakukan adalah mengambil sinyal—untuk tujuan kita, sinyal audio—dan memanipulasinya secara digital untuk mencapai semacam hasil yang diinginkan.

Kedengarannya sederhana, tetapi pemrosesan dan algoritme aktual yang digunakan bisa sangat rumit. . Tugas sederhana seperti meningkatkan volume dalam jumlah tertentu mungkin relatif sederhana, tetapi sesuatu seperti pembatalan bising adaptif adalah tugas yang jauh lebih sulit untuk ditangani.

Anda terkadang melihat produk seperti headphone yang digambarkan memiliki “DSP”. Dalam hal ini, initialism adalah singkatan dari prosesor sinyal digital. Semua ini berarti bahwa produk tersebut memiliki chip yang didedikasikan untuk memproses sinyal audio dengan cara tertentu.

Memiliki chip DSP lebih umum di perangkat yang tidak Anda harapkan memiliki pemrosesan bawaan, seperti headphone. Pemrosesan sinyal digital digunakan di banyak tempat lain, seperti ponsel atau komputer Anda, tetapi karena perangkat tersebut sudah memiliki prosesor yang kuat di dalamnya, seringkali tidak diperlukan chip terpisah yang didedikasikan untuk pemrosesan sinyal digital.

Bahkan dalam sistem dengan CPU tradisional, Anda kadang-kadang akan melihat chip khusus DSP disertakan. Ini karena pemrosesan sinyal audio perlu terjadi secara real-time, sehingga sirkuit yang dioptimalkan dapat meningkatkan kinerja jenis ini.

Penggunaan Umum Untuk Pemrosesan Sinyal Digital

Pemrosesan sinyal digital mampu melakukan hal-hal yang luar biasa, tetapi juga memiliki kegunaan yang sederhana. Saat Anda mendengarkan daftar putar musik, misalnya, banyak pemain menggunakan DSP untuk memastikan bahwa tidak ada lompatan volume besar di antara lagu.

Konversi analog ke digital dan konversi digital ke analog adalah kasus penggunaan umum lainnya untuk DSP. Seringkali, konversi akan berlangsung dalam chip DSP khusus yang dimaksudkan khusus untuk tujuan ini, yang dikenal sebagai konverter DAC atau AD/DA, tergantung pada apakah hanya mengkonversi satu arah. Mengubah sinyal audio dunia nyata menjadi sinyal digital adalah seni tersendiri, jadi Anda akan menemukan beberapa konverter mahal di pasar.

One digunakan untuk DSP yang mungkin Anda temui dan perhatikan lebih sering adalah pembatalan kebisingan. Kombinasi mikrofon eksternal pada headphone Anda dan pemrosesan sinyal digital membatalkan suara di sekitar Anda.

Sisi lain dari koin yang sama yang juga menggunakan DSP adalah Mode Transparansi, sebagaimana Apple menyebutnya. Ini menggunakan mikrofon yang sama yang memungkinkan pembatalan bising, tetapi alih-alih membatalkannya, ini memperkuat suara, membuat Anda lebih mudah mendengar lingkungan Anda.

EQ Digital adalah penggunaan umum lainnya untuk pemrosesan sinyal digital. Jika Anda pernah menggunakan aplikasi musik di ponsel atau komputer yang memungkinkan Anda menyesuaikan EQ, ini adalah pemrosesan sinyal digital yang sedang beraksi. Saat Anda menyesuaikan penggeser, pemrosesan secara digital memperkuat atau menurunkan amplitudo frekuensi tertentu.

Contoh terakhir adalah koreksi ruangan. Banyak sistem home theater sekarang menyertakan sistem untuk menyesuaikan berbagai pengaturan secara otomatis untuk memastikan bahwa suara dioptimalkan untuk ukuran dan bentuk ruangan Anda. Ini juga mengatur waktu untuk setiap speaker sehingga suara mencapai sofa Anda dengan sempurna dalam sinkronisasi.

Kapan DSP Penting bagi Anda?

Menanyakan kapan pemrosesan sinyal digital mungkin tampak seperti pertanyaan aneh, tetapi ada kalanya penting. Untuk audio, ada aspek produk tertentu di mana Anda harus memperhatikan jenis pemrosesan sinyal digital atau produsen chip DSP.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika Anda membeli headphone amp atau penerima A/V, semakin baik kualitas konverter AD/DA, semakin baik suaranya. Anda masih akan mendengar semuanya baik-baik saja dengan konverter kualitas yang lebih rendah, tetapi jika Anda menyukai diri Anda seorang penggemar audio, Anda tidak akan ingin pergi dengan komponen termurah.

Pembatalan kebisingan adalah area lain di mana kualitas chip DSP dan algoritma yang berjalan pada mereka membuat perbedaan besar. Tidak semua peredam bising dibuat sama, jadi Anda harus memastikan untuk memperhatikan saat membeli earbud atau headphone.

Pada saat yang sama, EQ onboard di headphone atau berbagai mode suara pada speaker Bluetooth dan penerima A/V tidak sama pentingnya. Dalam banyak kasus, ini adalah fitur baru di tempat pertama, sehingga kualitas pemrosesan yang digunakan untuk fitur ini tidak perlu terlalu menjadi faktor dalam keputusan pembelian Anda.

Mengetahui apa yang penting bagi Anda adalah penting, jadi jangan khawatir juga 3 lebih dari fitur DSP jika Anda tahu Anda tidak akan sering menggunakannya.

 

  • Headphone Terbaik tahun 2022 Headphone Terbaik Secara Keseluruhan: Sony WH-1000XM4 Amazon $348.00  Headphone Anggaran Terbaik: Philips SHP9600 $84.99
  • Headphone Nirkabel Pembatalan Kebisingan Terbaik: Sony WH-1000XM48.00 $241.90
  • Headphone Berkabel Terbaik: Sennheiser HD 650: $321.38 $499.95
  • Headphone Olahraga Terbaik: Adidas RPT-01: $169,99
  • Headphone Studio Terbaik: Beyerdynamic DT 770 PRO Headphone $139.00Itulah berita seputar Apa itu Pemrosesan Sinyal Digital (DSP)?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.