Perangkat Lunak Pengeditan Audio Gratis Terbaik

Saat bekerja dengan rekaman audio, penting untuk memastikan bahwa suaranya jernih dan tajam. Tidak ada yang mau mendengarkan podcast atau musik dengan kebisingan latar belakang. Editor audio sangat baik dalam menyaring semua bagian rekaman yang tidak diinginkan. Meskipun ada banyak aplikasi hebat di luar sana, mungkin sulit untuk mengidentifikasi yang terbaik untuk anggaran Anda. Itulah mengapa kami membuat daftar program pengeditan audio gratis teratas ini.

1. Audacity

Audacity adalah salah satu editor audio paling populer yang tersedia. Ini adalah pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang ingin membuat dan mengelola file audio mereka sendiri. Program ini dapat melakukan segalanya mulai dari memangkas dan memotong klip audio hingga menerapkan efek khusus dan merekam suara.

Selain sangat kuat, program ini juga dilengkapi dengan berbagai plugin yang dapat Anda gunakan untuk membuat lebih banyak efek. Apa pun jenis proyek yang sedang Anda kerjakan, Anda dapat dengan cepat memperluas kemampuan program ini dengan memasukkan plugin dan integrasi yang juga gratis untuk digunakan.

Meskipun fiturnya sangat banyak, Audacity ternyata sangat mudah digunakan. Antarmuka wizard memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses beberapa alat paling populer dalam program.

Audacity memungkinkan Anda merekam menggunakan mikrofon atau pemutaran komputer. Program ini dapat menangani laju sampel hingga 192.000Hz. Itu juga dapat memantau tingkat volume selama proses perekaman, yang dapat membantu mengidentifikasi masalah sebelum proyek selesai.

Program ini juga dapat mengimpor berbagai format file. File-file ini kemudian dapat diubah menggunakan fitur seperti sinkronisasi dan pemudaran halus.

Pros:
Memiliki banyak fitur dan efekDilengkapi dengan dukungan pluginKemampuan pengeditan audio tingkat lanjut
Cons:
Beberapa fitur tidak konsisten
2. Ocenaudio

Ocenaudio mungkin tidak memiliki fitur sebanyak Audacity, tetapi tetap merupakan editor audio yang sangat baik untuk amatir dan profesional. Mudah digunakan dan menggunakan lebih sedikit sumber daya sistem. Itu berarti bahwa itu kurang rentan terhadap pembekuan.

Dengan berbagai filter bawaan dan dukungan untuk beberapa plugin VST, Ocenaudio adalah editor yang bagus untuk siapa saja yang ingin memperluas opsi mereka. Antarmukanya ramah pengguna. File terbuka ditampilkan dalam daftar, dan menawarkan opsi spektogram. Tidak seperti editor audio gratis lainnya, ini tidak menampilkan indikator volume tetapi menggunakan axes.

berlabel Dengan Ocenaudio, Anda dapat melakukan lebih dari sekadar memotong dan menempelkan klip. Anda juga dapat menerapkan filter dan membuat efek. Ini mudah digunakan, sehingga Anda dapat menyelesaikan pengeditan dalam hitungan menit, bukan jam. Sayangnya, Anda tidak dapat mengatur berbagai filter setelah dibuat seperti yang Anda lakukan di Audacity.

Ocenaudio memungkinkan Anda membuat banyak perubahan pada satu file secara bersamaan. Anda kemudian dapat mengaturnya ke dalam grup yang membuatnya lebih mudah untuk mengedit berbagai bagian file.

Jika Anda mencari editor audio yang mudah digunakan, maka Ocenaudio adalah alat Anda.

Pros:
Antarmuka yang mudah digunakanBerbagai filter dan efekSpectrogram
Cons :
Bukan open sourceTidak mendukung efek stacks
3. Acoustica

Acoustica Basic Edition adalah versi gratis dari program pengeditan audio ini. Meskipun tidak memiliki beberapa fitur yang disertakan dalam versi berbayar, seperti editor multi-track dan dukungan untuk 7.1 surround sound, ia masih menawarkan banyak alat untuk membantu proyek audio.

Acoustica adalah perangkat lunak tengah jalan. Ini tidak secanggih Audacity atau Ocenaudio, tetapi ini adalah alat yang lebih canggih daripada Editor atau Pemotong MP3. Acoustica Basic Edition berguna untuk orang yang baru memulai dengan pengeditan audio. Ini dapat digunakan untuk membuat rekaman sederhana dan mengelola banyak file.

Semua fitur edit program tidak merusak, sehingga Anda dapat dengan cepat kembali ke file asli kapan saja. Ini juga mudah untuk disesuaikan, dan menunya diatur dengan baik. Alat yang paling sering digunakan ditempatkan dalam jangkauan yang mudah.

Salah satu keuntungan utama dari program ini adalah Rantai Efeknya, yang memungkinkan Anda untuk melapisi berbagai efek di atas satu sama lain. Ini termasuk opsi seperti echo dan reverb serta perubahan volume dan fade. Tidak banyak efek yang disertakan dalam program, tetapi Anda dapat mengunduh lebih banyak sebagai plugins.

Jika Anda baru dalam mengedit audio, maka edisi dasar Acoustica seharusnya dapat menangani sebagian besar kebutuhan Anda. Ini juga sangat fleksibel, sehingga Anda dapat dengan cepat memperluas fitur-fiturnya sesuai kebutuhan Anda.

Pros:
Mudah digunakanMemungkinkan pelapisan efek Pengeditan tidak merusak
Cons:
Versi gratis tidak lagi diperbarui
4. Garage Band

Garage Band adalah perangkat lunak pengedit audio gratis yang terpasang di komputer Apple. Versi baru ini menampilkan antarmuka yang ramping dan profesional yang terlihat seperti workstation kelas atas.

Garage Band adalah program yang hebat, dan fakta bahwa program ini gratis membuatnya bagus untuk pemula. Langkah pertama saat membuat proyek adalah memilih template. Setelah itu, Anda akan disajikan dengan antarmuka utama yang menampilkan semua alat yang diperlukan untuk membuat proyek yang sukses. Alat pengeditan terletak di bagian bawah layar.

Proses perekaman semudah mengklik ikon Rekam. Anda dapat menggunakan mikrofon bertenaga USB atau antarmuka audio untuk menghubungkan mikrofon. Program ini memungkinkan Anda untuk mencampur dan merekam hingga 255 lagu. Anda juga dapat membuat beberapa pengambilan dan menyeret dan melepaskan rekaman Memo Suara ke dalam platform.

Meskipun fitur dasar Garage Band cukup kuat, fungsi lanjutan juga tersedia untuk digunakan. Salah satunya adalah fitur Flex Time dan Groove Track, yang memungkinkan Anda menyinkronkan ritme trek terpisah.

Garage Band tidak memiliki papan pencampuran, tetapi memiliki jendela Pengaturan khusus. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola sesi pencampuran mereka. Selain mencampur dan merekam trek audio, jendela Pengaturan juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan EQ dan menggeser saluran dalam stereo.

Meskipun ini bukan stasiun kerja audio kelas profesional, trek mastering Garage Band adalah tambahan yang sangat dihargai untuk perangkat lunak komputer.

Pros :
Platform yang mudah digunakanDatang gratis di komputer MacDapat merekam vokal dan instrumen
Kekurangan:
Program dasar tidak ideal untuk profesional
5. WavePad

WavePad adalah alat pengeditan dan pencampuran audio yang kuat yang dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin membuat album atau mengonversi file audio. Ini memiliki berbagai kontrol dan fitur yang memudahkan untuk melakukan tugas-tugas ini.

Antarmukanya bersih dan lugas, dengan kurva belajar yang relatif ringan. Alat WavePad termasuk equalizer, auto-trim, dan fade-in/fade-out. Fungsi penting dari program ini sangat mudah dipelajari. Itu dapat mengonversi file audio ke format yang berbeda, dan juga mampu mengekspor dan mengimpor konten. Ini memiliki berbagai filter dan efek seperti reverb dan echo yang dapat digunakan untuk memanipulasi rekaman.

Anda dapat memperluas fungsionalitas WavePad menggunakan plugin pihak ketiga. Sayangnya, opsi fade adalah dasar dan tampaknya berfungsi lebih baik di PC daripada di Mac. Namun, program ini terus diperbarui untuk memastikan bug dan gangguan dihapus. Tim dukungan juga hebat dalam menanggapi pertanyaan.

Meskipun WavePad sangat mudah digunakan, ia hanya mendukung satu sumber audio dalam satu waktu. Anda dapat menggunakan MixPad, program yang kompatibel, untuk mencampur beberapa trek.

Seperti program pengeditan audio lainnya, WavePad memiliki forum komunitas tempat pengguna dapat mendiskusikan ide dan mengajukan pertanyaan. Meskipun tidak memiliki jumlah tutorial dan dokumentasi yang sama dengan platform lain, masih ada banyak sumber daya untuk membantu Anda memulai.

Dengan WavePad, Anda dapat melakukan tugas pengeditan dan perekaman audio. Meskipun gratis, tetap menyediakan fungsionalitas yang sama seperti beberapa program audio profesional.

Pros:
Antarmuka yang mudah digunakanPerpustakaan suara yang besarBerbagai efek dan filterPengeditan tidak merusakMendukung lebih dari 40 format file
Kekurangan:
Tidak dapat mengedit file batch
6. Ardour

Ardour adalah perangkat lunak gratis yang sering diabaikan. Ini adalah alat lintas platform yang mampu menangani banyak trek.

Ardour adalah alat konversi audio sumber terbuka yang dapat digunakan dengan OS apa pun. Program ini mendukung berbagai format audio dan dapat digunakan dengan plugin yang langsung terintegrasi ke dalam antarmuka. Desain

Ardour yang mudah digunakan dan alat pengeditan audio yang ekstensif menjadikannya pilihan ideal untuk membuat proyek. Ada juga beberapa opsi untuk mengotomatisasi tugas. Ini memungkinkan Anda untuk membuat efek dan memantau campuran Anda.

Program ini mendukung sinkronisasi dan pengangkutan penuh dengan banyak perangkat. Ada juga tampilan monitor video yang ideal untuk menonton video. Itu dapat mengubah bingkai kosong menjadi audio dan memindahkan wilayah audio dalam granularitas bingkai video. EQ non-destruktifnya adalah peningkatan yang memungkinkan revisi tak terbatas.

Ardour cenderung bekerja lebih baik untuk trek tunggal. Pencocokan iramanya tidak terlalu intuitif, dan DJ akan lebih baik ditempatkan menggunakan perangkat lunak alternatif.

Platform ini sangat bagus untuk musisi, editor, dan pemrogram. Ini memiliki semua fitur yang dicari orang dalam perangkat lunak audio masuk mereka. Fungsi berkualitas tinggi dan desain yang ramah pengguna membuatnya ideal untuk pengguna tingkat lanjut.

Kelebihan:
Antarmuka yang rampingDukungan pluginDapat melakukan tugas-tugas kompleks Pengeditan tidak merusakKompatibel dengan Windows, macOS, dan Unix
Kekurangan:
Sebagian besar ideal untuk pengeditan trek tunggal
7. Ohm Studio

Munculnya lagu digital telah mengubah pengalaman musik online kami, tidak terkecuali pengeditan audio. Ohm Studio berada di depan kurva ketika diluncurkan pada tahun 2013. Pendekatan inovatifnya untuk membuat dan berbagi proyek musik adalah inovasi yang mengubah permainan yang terus berkembang hingga saat ini.

Meskipun ini adalah perangkat lunak dasar, Ohm Studio adalah pengeditan waktu nyata yang sangat baik. alat tidak seperti di pasar. Salah satu fiturnya yang paling unik adalah kemampuannya untuk menyimpan semua data proyek Anda di cloud langsung. Ini membuatnya sangat mudah bagi orang lain untuk mengakses dan berbagi pekerjaan Anda, memungkinkan pengeditan kolaboratif.

Anda dapat mengatur privasi setiap file, dan fitur obrolan terintegrasi memudahkan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Ini juga memiliki catatan tempel yang memungkinkan pengguna meninggalkan pesan di timeline untuk anggota proyek lainnya.

Ohm Studio berfokus pada pembuatan dan pengeditan musik. Ini memiliki semua fitur yang diperlukan untuk dianggap sebagai stasiun kerja audio profesional, tetapi tidak memiliki perekaman berbasis siklus.

Antarmukanya menarik dan fungsional, tetapi menjadi membingungkan setelah trek mulai menumpuk. Di sisi positifnya, ia memiliki berbagai fitur pencampuran lanjutan seperti sidechaining, kontrol strip saluran, dan sub-pengelompokan.

Proses perekaman bisa sedikit menantang, terutama karena melibatkan persiapan trek dan proyek sebelum Anda mencapai rekor. Namun, Anda mendapatkan banyak fitur dengan versi gratisnya, termasuk bank instrumen, simulator instrumen virtual, dan perpustakaan suara.

Jika Anda penggemar kolaborasi online, maka versi gratis program ini layak untuk ditelusuri.

Pros:
Kemampuan kolaborasi jarak jauhLanjutan fitur kontrol Catatan tempel dalam pengaturan Berbagai opsi impor dan ekspor
Kekurangan:
Tidak bagus untuk merekam Hanya memungkinkan 10 plugins
8. Cakewalk

Dulu, Sonar adalah salah satu program perangkat lunak perekaman rumah yang paling populer, terutama karena antarmuka dan fitur-fiturnya yang unik.

Sonar diakuisisi oleh Gibson, dan setelah beberapa tahun yang sulit, perangkat lunak itu diubah. Itu kemudian disebut Cakewalk setelah dirilis oleh Bandlab Technologies. Program ini sekarang tersedia sebagai versi gratis dengan otentikasi penuh. Dapat digunakan untuk mengedit, mencampur, dan merekam audio.

Selain fitur-fitur biasa, seperti pengganti drum, Cakewalk juga menawarkan berbagai alat tambahan seperti editor tema dan paket musik. Meskipun saat ini tidak tersedia untuk Linux atau Mac, diyakini bahwa itu akan dirilis untuk platform lain di masa mendatang.

Cakewalk juga dilengkapi dengan berbagai alat pengeditan audio seperti time-warping, auto crossfades, dan otomatisasi. Alat-alat ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan memperbaiki audio dengan cara yang sederhana dan efektif. Ini juga mendukung beberapa trek audio.

Menu utama menampilkan tampilan vertikal yang menunjukkan berbagai trek dalam program. Ini juga memiliki fitur Saluran Pro yang dirancang untuk memberi pengguna efek yang kuat. Empat modul utama di bagian ini adalah efek tabung, kompresor, EQ, dan emulator.

Cakewalk adalah perangkat lunak pengeditan audio yang fantastis tetapi dapat memiliki kurva belajar yang curam untuk pemula.

Pros:
Antarmuka yang ramah penggunaOpsi saluran ProMemungkinkan untuk pluginMemiliki destruktif dan non- Pengeditan destruktif
Cons:
Hanya tersedia di Windows
Sound Check

Perangkat lunak pengeditan audio bisa menjadi investasi yang mahal. Ini juga bisa menantang untuk digunakan. Namun, berkat kemajuan teknologi, pengembang membuat program yang mudah digunakan yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Artikel ini mencantumkan beberapa program perangkat lunak audio gratis terbaik sehingga Anda dapat memilih opsi terbaik untuk kebutuhan khusus Anda.

Apakah Anda memiliki perangkat lunak pengedit audio gratis? Apa yang paling Anda sukai darinya? Beri tahu kami di komentar di bawah.