Perbedaan Smartwatch dan Fitness Tracker

Jika berbicara tentang gadget yang dapat dikenakan, ada dua istilah yang sering Anda dengar: “pelacak kebugaran” dan “jam tangan pintar”. Kedua jenis perangkat ini memiliki banyak kesamaan, tetapi beberapa perbedaan besar. Mana yang tepat untuk Anda?

Itu pertanyaan besar yang harus dijawab. Dalam banyak hal, lebih sulit untuk memilih perangkat untuk pergelangan tangan Anda daripada memilih smartphone. Ada banyak sekali pilihan, dan fitur-fiturnya sangat bervariasi. Kami akan mencoba membantu Anda memutuskan jalur.

Apa Itu Fitness Tracker?

Mari kita mulai dengan pelacak kebugaran. Perangkat ini telah ada lebih lama daripada jam tangan pintar karena sifatnya yang lebih sederhana. Itulah kualitas penentu utama pelacak kebugaran dibandingkan dengan jam tangan pintar—simplecity.

Pelacak kebugaran adalah perangkat yang terfokus. Sesuai dengan namanya, tujuan utama mereka adalah untuk melacak kebugaran. Itu mencakup semuanya, mulai dari pelacakan langkah sederhana hingga pengukuran jantung tingkat lanjut dan kadar oksigen darah.

Namun, tidak semua pelacak kebugaran diciptakan sama. Misalnya, Fitbit Inspire 2 dapat melakukan banyak hal pelacakan kebugaran dasar yang Anda inginkan dengan harga $100. Dengan tambahan $30, Anda bisa mendapatkan Fitbit Charge 5 dengan tambahan GPS, oksigen darah, EKG, layar sentuh berwarna, dan banyak lagi.

“Pelacak kebugaran” adalah istilah yang luas, tetapi konsep umumnya adalah perangkat ini dirancang dengan maksud digunakan untuk melacak hal-hal yang berhubungan dengan kebugaran. Fitur untuk melakukan itu bervariasi, tetapi tujuannya sama.

Apa itu Smartwatch?

Smartwatch memiliki banyak kesamaan dengan pelacak kebugaran. Banyak jam tangan pintar—seperti Apple Watch—memiliki fokus pada kesehatan dan kebugaran juga. Hampir setiap jam tangan pintar juga merupakan pelacak kebugaran, tetapi tidak setiap pelacak kebugaran juga merupakan jam tangan pintar.

Sederhananya, jam tangan pintar melakukan lebih banyak hal. Aplikasi, notifikasi, kontrol musik, mikrofon untuk panggilan telepon, speaker, NFC, konektivitas seluler, GPS, dan layar sentuh. Ada pelacak kebugaran yang memiliki beberapa fitur ini juga, tetapi perangkat apa pun yang memiliki semua hal ini dianggap sebagai jam tangan pintar.

Meskipun jam tangan pintar dapat melakukan lebih banyak hal, ini adalah pengalaman yang kurang terfokus daripada pelacak kebugaran. Hampir semua jam tangan pintar memiliki semacam kemampuan pelacakan kebugaran, tetapi tidak semuanya memiliki fitur canggih seperti oksigen darah dan EKG (beberapa memilikinya). Jam tangan pintar mungkin memiliki lebih banyak fitur secara keseluruhan, tetapi fitur tersebut tersebar di berbagai hal yang lebih luas.

Pikirkan jam tangan pintar sebagai versi mini dari ponsel cerdas Anda. Ini adalah perangkat yang dimaksudkan untuk melakukan banyak hal berbeda.

Yang Mana yang Harus Anda Beli?

Oke, jadi sekarang pertanyaan besarnya adalah perangkat mana yang tepat untuk Anda? Tentu saja, itu sangat tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan dengannya, tetapi juga ada harga yang perlu dipertimbangkan.

Mengapa Anda Harus Membeli Pelacak Kebugaran

Seperti yang kita bicarakan di atas, pelacak kebugaran adalah pengalaman yang lebih terfokus. Jika kesehatan dan kebugaran adalah prioritas utama Anda, kemungkinan besar Anda akan menemukan pelacak kebugaran khusus menjadi lebih baik.

Karena pelacak kebugaran dirancang khusus untuk pelacakan kebugaran, fitur-fitur tersebut tidak dimasukkan sebagai renungan. Mereka seringkali lebih akurat dan memiliki fitur yang lebih canggih daripada rekan-rekan jam tangan pintar mereka.

Pendekatan terfokus itu juga cocok untuk menjadi lebih terjangkau. Model Fitbit paling canggih hanya sekitar $150. Anda dapat dengan mudah menemukan pelacak kebugaran dalam kisaran $100 atau kurang.

Mengapa Anda Harus Membeli Jam Tangan Pintar

Jam tangan pintar adalah pilihan yang baik jika Anda tertarik pada lebih dari sekadar pelacakan kebugaran. Mungkin Anda menginginkan notifikasi yang kaya di pergelangan tangan Anda, kemampuan untuk menggunakan beberapa aplikasi, dan Anda menginginkan konektivitas seluler sehingga Anda dapat meninggalkan ponsel Anda di rumah.

Hal keren tentang jam tangan pintar adalah Anda tidak perlu melepaskan fitur pelacakan kebugaran tingkat lanjut . Garmin adalah salah satu merek yang membuat jam tangan pintar dengan fitur kesehatan dan kebugaran yang sangat baik juga.

Apple Watch juga memiliki beberapa fitur kesehatan yang sangat mengesankan. Padahal, jika Anda menginginkan jam tangan pintar dengan kemampuan kebugaran yang baik, sulit untuk salah memilih Apple Watch. Anda tidak perlu mengorbankan pelacakan kebugaran yang akurat untuk menikmati manfaat jam tangan pintar.

Tentu saja, memiliki kue dan memakannya juga memerlukan biaya. Garmin memiliki jam tangan pintar yang harganya lebih dari $600. Itu bukan norma. Apple Watch akan membuat Anda mengembalikan sekitar $200 hingga $400. Samsung Galaxy Watch berada dalam kisaran yang sama.

Itulah berita seputar Smartwatch vs. Fitness Tracker: Apa Bedanya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.