Pintasan Keyboard Kalender Google – Daftar & Panduan

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Google Calendar adalah alat yang berguna langsung dari kotaknya. Ini adalah pendorong produktivitas yang membantu Anda tetap teratur menggunakan fungsionalitas hebat Kalender. Tetapi tidak ada aplikasi yang tidak dapat dibuat lebih baik dan lebih fungsional dengan beberapa pintasan keyboard.

Untungnya, Google juga memikirkan aspek itu. Itu sebabnya Google Kalender memiliki seluruh rangkaian tombol pintas untuk membuat pengalaman Anda dengan alat ini sehalus mungkin.

Artikel ini akan menunjukkan cara menggunakan pintasan keyboard Google Kalender di komputer Windows dan Mac.

Pintasan Google Kalender untuk Windows

Ada tiga aspek Google Kalender yang dapat Anda kendalikan melalui pintasan keyboard:
Navigasi kalenderTampilan kalenderPerubahan acara
Pintasan Navigasi Kalender
j atau n – berpindah di antara rentang tanggal kalenderr – segarkan kalender – buka tanggal saat ini+ – Buat bagian kalender baru/ – pindahkan kursor ke kotak pencarian – buka Pengaturang – navigasi ke tanggal tertentu
Pintasan Tampilan Kalender
d atau 1 – lihat menurut hariw atau 2 – lihat menurut minggu atau 3 – lihat menurut bulanx atau 4 – lihat rentang khusus atau 5 – lihat agenda Anda
Pintasan Perubahan Acara
c – acara baru – detail acaraHapus atau Spasi mundur – hapus eventz – undoCtrl + s – simpan acara (dapat diakses dari “Detail Acara”) Esc – kembali ke c utama alendar grid
Selain pintasan ini, Anda juga dapat menggunakan keyboard untuk membuka Tasks dan Keep. Ini akan muncul di panel samping, sehingga Anda dapat menggunakannya secara bersamaan dengan opsi Kalender lainnya.

Pintasan untuk fungsi ini adalah Ctrl + Alt + koma (,) atau Ctrl + Alt + dot (.)

Pintasan Google Kalender untuk Mac

Karena Kalender Google adalah dirancang untuk penggunaan yang lancar di Mac serta PC Windows, pintasan keyboard di Mac sebagian besar akan sama seperti di Windows.

Pintasan ini juga akan berlaku untuk tiga kategori: menavigasi di sekitar kalender, mengubah tampilan, dan mengubah acara.

Pintasan untuk Menavigasi di Sekitar Kalender
Buka rentang tanggal berikut: n atau jRefresh halaman kalender: rSnap ke hari ini: tTambahkan bagian baru: +Pindahkan kursor ke kotak pencarian: /Buka halaman dengan pengaturan Kalender: sPindahkan ke tanggal tertentu: g
Pintasan untuk Mengubah Tampilan
Melihat kalender harian: d atau 1Melihat kalender mingguan: w atau 2Melihat kalender bulanan: m atau 3Tampilan kalender khusus: x atau 4Tampilan agenda: a atau 5
Pintasan untuk Mengubah Acara
Buat acara baru: cLihat detail acara: eDelete acara yang dipilih: Hapus atau BackspaceBatalkan tindakan terakhir: zSimpan perubahan acara (hanya berfungsi di “Detail Acara”): Kontrol + sLeave “Detail Acara” dan kembali ke kisi: Esc
Seperti di Windows, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard untuk membuka panel samping dengan Tasks dan Keep. Pintasan untuk tindakan ini adalah Control + Option + koma (,) atau Control + Option + dot (.)

Pintasan keyboard akan sangat berguna jika Anda selalu menggunakan Google Kalender di komputer. Tetapi jika Anda perlu membawa organisasi Anda ke jalan dan menggunakan versi seluler, transisinya mungkin sedikit kikuk.

Dalam hal ini, akan lebih baik untuk tidak hanya menguasai pintasan keyboard untuk Google Kalender, tetapi juga versi seluler dari alat yang sangat baik ini. Dengan begitu, Anda dapat beralih dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan lancar.

Mari kita lihat perintah Google Kalender yang paling penting untuk browser seluler.

Beralih ke Google Kalender Versi Seluler

Jika Anda ingin tetap menggunakan Google Kalender di ponsel tetapi dengan semua kemudahan yang disediakan oleh pintasan keyboard, panduan untuk pengguna seluler ini akan menjadi tambahan yang bagus untuk teknik komputer yang kami jelaskan sebelumnya.

Setelah Anda membuka Google Kalender di browser seluler dan masuk dengan Google, acara Anda akan disinkronkan secara otomatis. Kemudian, Anda dapat terus menggunakan fungsi utama aplikasi dengan metode berikut:

Tampilan Kalender
Ketuk “Bulan” atau “Hari” untuk beralih antara tampilan kalender bulanan dan harian. Opsi ini akan berada di bagian atas halaman utama Google Kalender Anda. Ketuk ikon “Hari Ini” untuk kembali ke hari ini.
Mengedit Acara
Ketuk tombol “Buat” untuk membuat acara baru. Opsi ini diwakili dengan tanda plus (+) yang terletak di kanan atas. Setelah menulis tanggal, waktu, dan judul acara, Anda dapat memasukkan alamat email orang yang ingin Anda undang. Gunakan bidang “Tambahkan orang ke rapat ini” untuk fungsi ini. Ketuk “Simpan” untuk menyimpan acara yang telah Anda buat. Setelah Anda melakukannya, undangan email ke acara tersebut akan dikirim ke orang-orang yang alamatnya Anda masukkan. Ketuk acara yang ada untuk memunculkan opsi “Edit” dan “Hapus”. Jika Anda ingin menghapus acara, pilih “Hapus”, lalu “Oke”. Ketuk “Edit” untuk membuat perubahan pada acara. Setelah Anda puas dengan perubahannya, pilih “Simpan.”
Menampilkan atau Menyembunyikan Beberapa Kalender

Banyak dari kita memiliki beberapa kalender di akun kita. Jika Anda juga demikian, tampilan kalender awal saat Anda membuka aplikasi mungkin terlihat sedikit membingungkan. Untungnya, Anda dapat menyesuaikan tampilan kalender untuk hanya menampilkan konten yang Anda inginkan. Opsi ini akan sangat penting pada layar smartphone yang lebih kecil.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menampilkan atau menyembunyikan kalender:
Ketuk pada “Pengaturan.” Anda akan melihat daftar kalender. Ketuk kalender. Dengan menekan ikon sakelar di sebelah “Sinkronisasi”, Anda dapat bergantian antara menampilkan dan menyembunyikan kalender.
Membaca Notifikasi

Jika Anda ingin menerima notifikasi dari Google Kalender di ponsel, versi browser seluler tidak akan cukup. Versi Google Kalender ini tidak memiliki dukungan notifikasi. Namun, Anda dapat mengunduh aplikasi Google Kalender resmi untuk Android atau iOS.

Setelah mengunduh aplikasi pada platform pilihan Anda, Anda akan memiliki akses ke berbagai fungsi Google Kalender, termasuk pemberitahuan acara.

Dapatkan Manfaat Maksimal dari Google Kalender

Google Kalender adalah salah satu alat yang semakin efisien semakin Anda mempelajarinya. Bahkan jika Anda sudah mengetahui semua fungsi dasar (atau bahkan lanjutan) Google Kalender, mempelajari cara menggunakannya lebih cepat tentu akan sangat membantu.

Pintasan keyboard memungkinkan Anda melakukan hal itu. Dengan fitur ini, Anda akan menjadi lebih produktif dengan Google Kalender, dan organisasi harian, bulanan, dan tahunan akan menjadi sangat mudah. Dan ketika keterampilan keyboard baru Anda digabungkan dengan penguasaan penggunaan seluler, tidak ada yang bisa menghalangi Anda.

Ikuti petunjuk dari artikel ini, dan pengalaman Google Kalender Anda akan berubah menjadi kesenangan mutlak.

Apakah Anda berhasil menggunakan keyboard pintasan di Google Kalender? Apakah pintasan mudah dipelajari dengan hati? Beri tahu kami di komentar di bawah.