Postfix: Menyampaikan Email Keluar Berdasarkan Alamat Pengirim

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pernahkah Anda berharap dapat menyampaikan email keluar berdasarkan alamat pengirim? Nah, sekarang kamu bisa! Dengan bantuan sender_dependent_default_transport_maps, Anda dapat dengan mudah mengkonfigurasi Postfix untuk merutekan email keluar berdasarkan alamat email pengirim. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengonfigurasi parameter ‘sender_dependent_default_transport_maps’ di file main.cf. Ini adalah alat yang sangat ampuh yang dapat digunakan untuk dengan mudah merutekan email yang dikirim dari domain yang berbeda melalui server email yang berbeda. Itu juga dapat digunakan untuk merutekan email dari berbagai bagian organisasi Anda ke server email yang berbeda.

Jadi, jika Anda mencari cara mudah untuk menyampaikan email keluar berdasarkan alamat pengirim, cobalah sender_dependent_default_transport_maps!
Pertama-tama, buat pemetaan dari domain pengirim atau alamat email dengan server SMTP yang sesuai. Untuk melakukannya, buat file konfigurasi seperti di bawah ini:

sudo nano /etc/postfix/relay_by_sender 

Tambahkan domain pengirim dan server SMTP satu per baris.

[email protected] smtp: [ses.amazon.com]:587 @example.net smtp:192.168.1.10:25 [email protected] smtp 

Next gunakan perintah postmap untuk memperbarui tabel pencarian Postfix untuk file konfigurasi yang dibuat di atas.

sudo postmap /etc/postfix/relay_by_sender 

Now perbarui file konfigurasi utama Postfix:

sudo postconf -e "sender_dependent_default_transport_maps = hash:/etc/postfix/relay_by_sender"

Finally, mulai ulang layanan Postfix

sudo systemctl restart postfix

Untuk memverifikasi pengaturan di atas, saya telah mengirim email dari terminal menggunakan alamat email [email protected]. Sesuai dengan konfigurasi di atas, email dari @example.net harus diteruskan melalui server SMTP 192.168.1.10:25. Sesuai log, email diteruskan melalui server SMTP yang benar.
Postfix: Relay Email Berdasarkan Alamat PengirimEmail log
Bagi mereka yang perlu menyampaikan email keluar berdasarkan alamat pengirim, parameter sender_dependent_default_transport_maps di Postfix bisa berupa i dan berguna. Parameter ini memungkinkan Anda menentukan transport pesan mana yang harus dirutekan berdasarkan alamat pengirimnya.

Referensi tecadmin.com