Router Mesh Baru Google Memiliki Wi-Fi 6E dan Dukungan Materi

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jajaran router Nest Wifi Google (sebelumnya Google Wifi) tetap populer selama bertahun-tahun, berkat kemampuan jaringan mesh dan pengelolaannya yang mudah. Sekarang ada model yang ditingkatkan dengan lebih banyak fitur yang tersedia.

Nest Wifi saat ini adalah router mesh yang layak, tetapi semakin tertinggal dari pesaing — hanya mendukung Wi-Fi 5, sementara Eero dan yang lain telah menjual router mesh dengan Wi-Fi 6, dan model dengan standar Wi-Fi 6E yang lebih baru telah tersedia selama berbulan-bulan. Jawaban Google adalah “Nest Wifi Pro” baru, yang akan bersaing lebih langsung dengan produk seperti Eero Pro 6E.

Nest Wifi Pro bekerja seperti router Nest Wifi sebelumnya, dengan kemampuan untuk membuat jaringan mesh yang mencakup area yang lebih luas menggunakan beberapa node. Anda juga bisa membeli satu unit saja jika Anda tinggal di rumah yang lebih kecil. Anda harus menggunakan aplikasi Google Home untuk mengaturnya dan mengubah pengaturan nanti, yang telah menjadi titik pertikaian di masa lalu, tetapi Google berharap pembaruan terbaru untuk aplikasi Home akan membuat hal itu tidak terlalu membuat frustrasi.

Titik penjualan utama di sini adalah dukungan penuh untuk Wi-Fi 6E, standar Wi-Fi terbaru — hingga Wi-Fi 7 siap. Saat Anda terhubung ke jaringan dengan perangkat yang juga mendukung Wi-Fi 6E, seperti Galaxy S21 Ultra atau S22 Ultra dan beberapa laptop (tetapi tidak semua iPhone), Anda dapat menggunakan pita 6 GHz selain frekuensi 2,4 dan 5 biasa. pita GHz untuk meningkatkan kecepatan. Google menjanjikan kecepatan teoretis hingga 5,4 Gbps dengan perangkat dan kondisi yang tepat.

Nest Wifi Pro juga dapat bertindak sebagai router perbatasan Thread, yang akan digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat rumah pintar di bawah standar industri Matter yang akan datang. Google mengatakan sistem juga akan bertindak sebagai hub Matter “segera” setelah protokol diluncurkan — menghilangkan kebutuhan untuk membeli lebih banyak peralatan jika Anda ingin mencoba ekosistem rumah pintar yang lebih mudah ketika Matter akhirnya tiba.

Google menjual Nest Wifi Pro dalam paket 3 seharga $ 399,99 (hingga 6.600 kaki persegi), $ 299,99 untuk paket dua, atau $ 199,99 untuk satu unit. Itu tentu mahal, tetapi tidak banyak pilihan lain untuk sistem mesh yang mendukung Wi-Fi 6E – Eero Pro 6E berharga $ 499 untuk paket 2, ASUS ZenWiFi berharga $ 530 untuk paket 2, dan TP- Link Deco 6E (yang sama sekali tidak boleh Anda beli) adalah $299,99 untuk 2 paket. Router mulai dijual 27 Oktober, dengan pre-order mulai hari ini.

Itulah berita seputar Router Mesh Baru Google Memiliki Wi-Fi 6E dan Dukungan Materi, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.