Samsung Memiliki Rencana untuk Mengakhiri Kekurangan Chip

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Kekurangan semikonduktor yang berkelanjutan telah menyebabkan efek riak di seluruh dunia teknologi, mempengaruhi ketersediaan ponsel, tablet, mobil, dan banyak elektronik lainnya. Situasi telah sedikit membaik dalam beberapa bulan terakhir, dan Samsung telah mengumumkan rencana untuk memperluas manufaktur chip.

Samsung mungkin terkenal karena menjual produk rakitan lengkap seperti smartphone dan lemari es, tetapi perusahaan juga memiliki beberapa pengecoran semikonduktor terbaik di dunia — tempat chip canggih yang menggerakkan komputer, ponsel, tablet, dan banyak perangkat lainnya dirakit. Misalnya, Samsung memproduksi semua chipset Snapdragon 8 Gen 1 (yang digunakan di sebagian besar ponsel Android unggulan tahun ini), serta chip memori yang digunakan di iPhone. Permintaan yang terus meningkat yang dipasangkan dengan masalah rantai pasokan dari pandemi COVID-19 telah membuat chip canggih kekurangan pasokan. Pesaing utama Samsung di bidang ini, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), juga mengalami masalah manufaktur baru-baru ini.

Samsung mengumumkan beberapa perubahan pada bisnis pengecorannya hari ini. Pertama, perusahaan berencana untuk memperkenalkan proses 2nm pada tahun 2025 (tahun yang sama pesaingnya bertujuan untuk mulai mengirimkan 2nm), memungkinkan chip yang lebih kuat dan hemat energi, diikuti oleh chip 1,4nm yang lebih canggih pada tahun 2027. Samsung juga sedang mengerjakan desain baru dengan memori non-volatile (eNVM), ideal untuk mobil, dengan produk eNVM 14nm direncanakan untuk tahun 2024 dan 8nm setelah itu.

Akhirnya, Samsung bertujuan untuk “memperluas kapasitas produksinya untuk node lanjutan lebih dari tiga kali lipat pada tahun 2027 dibandingkan hingga tahun ini.” Perusahaan saat ini sedang membangun pabrik baru di Taylor, Texas, selain pabrik yang sudah berjalan di Korea Selatan dan AS.

Meskipun Samsung memproduksi banyak chip canggih dunia, Samsung masih jauh di belakang pesaing utamanya, TSMC, yang memiliki terdepan dalam teknologi saat ini. TSMC memproduksi chip untuk Apple (termasuk M1 dan M2), sebagian besar prosesor AMD, chip untuk kartu grafis Nvidia dan AMD, beberapa perangkat keras Intel, dan banyak produk lainnya.

Samsung berharap proses baru dan manufaktur yang ditingkatkan akan mencuri beberapa pelanggan dari TSMC , yang dapat membantu menghilangkan kekurangan chip saat ini dan menurunkan harga untuk banyak barang elektronik. Namun, seperti Undang-Undang CHIPS AS baru-baru ini, kami tidak akan melihat hasilnya untuk sementara waktu.

Sumber: Samsung

Itulah berita seputar Samsung Memiliki Rencana untuk Mengakhiri Kekurangan Chip, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.