Saya Melihat ‘Koneksi telah disetel ulang’—Apa yang Harus Saya Lakukan?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pesan reset koneksi
A dapat disebabkan oleh beberapa situasi, tetapi semuanya memiliki arti yang sama—tautan antara browser web Anda dan server web yang Anda coba jangkau diblokir atau tidak berfungsi. Anda dapat memecahkan masalah beberapa jalur ini tetapi tidak semuanya.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan “sambungan telah disetel ulang”. Artikel ini menunjukkan kepada Anda yang paling efektif.

Cara Memperbaiki Kesalahan ‘Koneksi disetel ulang’

Sebelum memperbaiki masalah sambungan atur ulang, Anda harus tahu dari mana harus mulai mencari. Sumbernya bisa apa saja, di mana saja dalam jajaran perangkat dan program.

Terkadang, koneksi kembali secara otomatis dalam beberapa detik. Skenario ini sering disebabkan oleh jaringan VPN atau ekstensi Wi-Fi yang mengganti alamat DNS untuk tujuan keamanan.

Apa pun penyebab masalah koneksi ulang Anda, masalahnya sering kali dapat diselesaikan oleh Anda. Tentukan apa masalahnya dan bagaimana menyelesaikannya. Pastikan untuk memberikan perangkat Anda beberapa detik untuk melihat apakah itu terhubung kembali. Jika masalah terus berlanjut, coba beberapa solusi di bawah ini.

1. Coba Situs Web Lain

Jika Anda dapat mengakses situs web lain, kemungkinan besar server web tujuan yang menyebabkan masalah. Yang bisa Anda lakukan adalah menunggu dan mencoba lagi nanti atau hubungi pemilik situs web.

2. Coba Browser yang Berbeda

Chrome, Firefox, Safari, dan Edge semuanya bekerja dengan cara yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama. Jika satu browser memberikan kesalahan, tetapi yang lain tidak, itu mungkin masalah konfigurasi dengan browser. Anda dapat mengatur ulang browser ke pengaturan default untuk menghapus semua konfigurasi yang Anda buat. Jika itu tidak berhasil, hapus instalan dan instal ulang lagi. Jika masalah berlanjut, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Reboot Perangkat Anda

Banyak masalah jaringan dapat diperbaiki dengan me-reboot komputer Anda, terutama jika Anda adalah pengguna Windows. Jika Anda masih mengalami masalah reset koneksi, coba opsi berikutnya.

4. Reboot Modem, Router, dan Extenders Wi-Fi Anda

Reboot semua jaringan yang terkait untuk menghapus cache dan data lainnya, jika ada masalah DNS atau konfigurasi. Terkadang, bug dan gangguan menyebabkan kesalahan data yang menyebabkan masalah reset koneksi.

5. Putuskan dan Sambungkan Kembali VPN

VPN terkadang mengganti alamat DNS dan menyambungkan kembali dalam beberapa detik, tetapi itu tidak berarti bahwa koneksi saat ini dapat diandalkan. Coba server/lokasi lain atau biarkan terhubung kembali ke yang terbaik.

Jika tidak ada solusi di atas yang menyelesaikan masalah pengaturan ulang koneksi, coba beberapa solusi lanjutan di bawah ini.

6. Bersihkan Cache DNS (Windows 10/11)

Jika Anda menggunakan Windows, membersihkan cache DNS tidak hanya dapat memperbaiki masalah “Koneksi telah disetel ulang” tetapi juga dapat mengatasi segala macam masalah saat mengakses situs web. Hanya membutuhkan waktu satu detik dan tidak akan membahayakan apa pun, jadi biasanya ini adalah hal pertama yang harus dicoba. Berikut cara melakukannya.
Buka jendela “Command Prompt” sebagai administrator. Ketik atau salin/tempel “ipconfig /flushdns” tanpa tanda kutip dan tekan “Enter.” Ketik atau salin/tempel “ipconfig /release” tanpa tanda kutip, lalu tekan “Enter.” Ketik atau tempel “ipconfig /renew” dan tekan “Enter.”
Langkah-langkah di atas memaksa Windows untuk menghapus cache DNS dari memori dan mengatur ulang alamat IP Anda. Perintah “flushdns” adalah yang paling berguna di sini. Jika proses di atas tidak menyelesaikan masalah reset koneksi Anda, coba reset Winsock.

7. Reset Winsock (Windows 10/11)

A Reset Winsock menghapus Windows Sockets Application Programming Interface (API) yang menghubungkan antara sistem operasi dan TCP/IP. Kadang-kadang, ini menyebabkan kesalahan atau rusak dan memerlukan reset.

Winsock adalah teknologi lawas tetapi terkadang masih menyebabkan masalah. Jika itu adalah API, proses ini akan memperbaikinya.
Luncurkan “Command Prompt” sebagai administrator. Ketik atau salin/tempel “netsh winsock reset” dan tekan “Enter.” Tunggu perintah untuk menyelesaikan dan reboot komputer Anda.

8. Periksa Pengaturan Jaringan (Windows/Mac)

Bahkan jika Anda belum pernah membuat perubahan pada pengaturan jaringan Anda, Anda harus memeriksanya untuk memastikan tidak ada program yang melakukan hal yang sama. Jika Anda menggunakan firewall, perangkat lunak VPN, atau alat jaringan atau keamanan lainnya, perubahan mungkin terjadi tanpa Anda sadari.

Jika Anda telah mengonfigurasi alamat IP secara manual untuk setiap perangkat, catatlah, lalu coba langkah-langkah di bawah ini. Anda dapat menambahkan konfigurasi manual Anda kembali setelahnya jika Anda perlu.

Cara Memeriksa Pengaturan Jaringan di Windows:
Buka “Pengaturan -> Jaringan & Internet,” lalu pilih “Ubah opsi adaptor.” Klik kanan adaptor jaringan Anda dan pilih “Properties. ”Klik “Internet Protocol Version 4” di kotak tengah lalu tombol “Properties”. Pastikan “Obtain IP address automatically” dan “Obtain DNS server address automatically” keduanya dipilih.
Cara Memeriksa Pengaturan Jaringan di Mac OS:
Pilih “Apple menu -> System Preferences.” Pilih “Network.” Pilih “koneksi aktif” Anda di sebelah kiri. Klik “Advanced” di bagian kanan bawah. Pilih tab “TCP/IP”. Pastikan “Configure IPv4” diatur ke “Menggunakan DHCP,” yang pada dasarnya mewakili konfigurasi otomatis. Pilih “OK” untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.
9. Nonaktifkan IPv6

Menonaktifkan IPv6 umumnya tidak disarankan karena lebih banyak perangkat mulai menggunakannya, tetapi banyak pengguna Windows dan Mac melakukannya ketika mereka memiliki masalah dengan jaringan saat menjalankan.

Cara Menonaktifkan IPv6 di Windows
Buka “Pengaturan -> Jaringan & Internet”, lalu pilih “Ubah opsi adaptor.” Klik kanan “adaptor jaringan” Anda dan pilih “Properti.” Hapus centang “Internet Protocol Version 6” di kotak tengah. Pilih “OK” untuk menyimpan perubahan.
Hot untuk Menonaktifkan IPv6 di Mac
Klik pada Wi -Ikon Fi di bagian atas, lalu pilih “Preferensi Jaringan.” Klik tombol “Lanjutan” di bagian bawah jendela. Pilih tab “TCP/IP”. Klik pada “Ipv6 dropdown” dan pilih “Link-local only” untuk membatasinya pada komunikasi lokal saja.
Setiap kali Anda mengalami kesalahan “koneksi telah disetel ulang”, jangan putus asa. Satu atau lebih saran di atas harus menyelesaikan masalah. Punya solusi lain yang Anda tahu berhasil? Beritahu kami tentang mereka di bawah ini jika Anda melakukannya!