Standar Matter 1.0 Hadir untuk Memperbaiki Masalah Terbesar Rumah Pintar

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Setelah penantian yang sangat lama, standar Matter 1.0 akhirnya hadir. Ini menjanjikan untuk membawa interoperabilitas perangkat penuh ke rumah pintar — jika dua perangkat mendukung Matter, mereka akan bekerja bersama terlepas dari merek mereka. Dan karena Matter memanfaatkan Thread, itu akan meningkatkan jangkauan dan responsivitas rumah pintar Anda.

Matter adalah protokol yang dikembangkan oleh Connectivity Standards Alliance atau CSA (sebelumnya dikenal sebagai Zigbee Alliance). Ini menggabungkan yang terbaik dari Zigbee, Thread, Wi-Fi, dan Bluetooth LE untuk berfungsi sebagai “penerjemah universal” untuk produk rumah pintar.

Pada dasarnya, Matter memecahkan masalah terbesar rumah pintar—ketidakcocokan perangkat. Dan Anda tidak perlu mengunduh aplikasi atau asisten suara baru untuk membuka fungsi ini, karena Matter akan dibangun ke dalam Google Home, SmartThings, Alexa, dan HomeKit dalam beberapa minggu atau bulan mendatang.

Standar Matter juga harus meningkatkan jangkauan dan responsivitas rumah pintar Anda melalui Thread, protokol yang sudah ada yang harus dipahami oleh pengguna HomeKit. Dan khususnya, Google mengklaim bahwa Android dapat secara otomatis mendeteksi perangkat Matter terdekat untuk penyiapan cepat.

Ratusan produk yang ada telah disiapkan untuk Matter. Setelah produk ini melalui proses sertifikasi, mereka akan menerima pembaruan yang membuka dukungan Matter. Kami berharap merek-merek besar seperti Google, Apple, Samsung, dan Amazon akan menjadi yang pertama mendapatkan sertifikasi, karena merek-merek ini membantu CSA mengembangkan protokol Matter.

Sebelumnya, Google mengungkapkan aplikasi Home yang didesain ulang dengan kompatibilitas Matter. Pratinjau publik untuk desain ulang ini akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang. Agaknya, Matter tidak akan terasa “nyata” sampai pembaruan seperti ini mengenai perangkat konsumen. Kami berasumsi bahwa merek rumah pintar akan menerbitkan siaran pers terkait Matter sepanjang minggu. Awasi artikel ini atau bergabunglah dengan buletin gratis kami untuk pembaruan apa pun.

Itulah berita seputar Standar Matter 1.0 Hadir untuk Memperbaiki Masalah Terbesar Rumah Pintar, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.