Terlalu Banyak Subscribe? Inilah Cara Mulai Mengurangi

Layanan berlangganan seperti Netflix, Game Pass, dan Spotify memungkinkan kami menikmati film, game, dan musik sebanyak yang kami suka dengan biaya tetap per bulan. Meskipun ini tampak seperti masalah besar di permukaan, biayanya dapat bertambah dengan cepat.

Berikut adalah beberapa tips untuk membebaskan diri dari langganan yang tidak lagi memicu kegembiraan.

Mengapa Mengurangi Langganan?

Dapat dikatakan bahwa model langganan tidak murni tentang mengkonsumsi media, baik itu game, musik, film, atau niche dan konten asli. Cara kami memperlakukan langganan ini sering kali terasa seperti kami membayar murni untuk mendapatkan akses, daripada menggunakan langganan secara aktif.

Senang rasanya memiliki langganan Netflix yang siap digunakan di lain waktu sebuah film dokumenter baru atau lagu sukses orisinal, menyenangkan memiliki Spotify untuk mendengarkan musik di mobil Anda dalam perjalanan jauh, dan menyenangkan memiliki Game Pass untuk saat-saat ketika Anda tidak memainkan salah satu dari rilisan baru seharga $60 yang harus Anda beli from the store.

Hal ini tidak berlaku untuk semua orang, dan beberapa lebih suka jika layanan ini membantu menentukan kebiasaan menonton mereka. Anda mungkin hanya memainkan apa pun yang telah ditambahkan ke Game Pass setiap bulan, sebelum beralih ke judul baru bulan depan misalnya. Banyak yang mungkin akrab dengan “kebuntuan Netflix” dari pengguliran tanpa henti dalam mengejar sesuatu untuk ditonton (hanya untuk menyelesaikan sesuatu yang telah Anda lihat atau belum). tentu buruk, tetapi mereka dapat membuang-buang uang dan waktu Anda. Tanyakan pada diri sendiri berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan untuk film atau konten TV per tahun dan pertimbangkan apakah itu melebihi $240 atau lebih yang Anda habiskan untuk berlangganan Netflix 4K.

Melihat model berlangganan sebagai biaya tahunan dapat membantu menempatkan pengeluaran Anda ke dalam perspektif. Ini memungkinkan Anda untuk mengontekstualisasikan apakah layanan ini bernilai baik atau tidak. Game Pass Microsoft berharga sekitar $ 180 per tahun, yang merupakan harga tiga game harga penuh (masing-masing seharga $ 60). Jika Anda mendapatkan tiga game dengan harga penuh (atau lebih) yang bernilai darinya, maka biaya berkelanjutan mungkin masuk akal bagi Anda.

Tetapi ingat bahwa ketika Anda membeli tiga game per tahun, Anda dapat menyimpannya selamanya tanpa komitmen lebih lanjut diperlukan. Beberapa media seperti game dan film menjadi lebih murah dari waktu ke waktu, terutama di pasar barang bekas seperti eBay sehingga Anda selalu dapat membeli sesuatu yang Anda sukai nanti dengan harga murah. Ini tidak selalu berlaku untuk media lain seperti musik atau Blu-Rays.

Alat yang sulit ditemukan untuk Membantu Memoderasi Pengeluaran Anda

Cara termudah untuk melacak biaya langganan Anda adalah dengan menggunakan spreadsheet sederhana. Anda dapat mengubahnya menjadi spreadsheet anggaran keluarga yang lebih luas untuk mengelola semua biaya keluar Anda, yang memberi Anda gambaran keseluruhan yang lebih baik tentang pemasukan dan pengeluaran bulanan Anda. Microsoft memiliki beberapa yang tersedia melalui situs web Office-nya, sementara Google Spreadsheet memiliki template di “galeri template” yang Anda lihat saat memulai dokumen baru.

Anda dapat membuatnya serumit atau sesederhana yang Anda suka, menambahkan dan menghapus langganan seiring waktu. Anda harus selalu memperbaruinya sendiri, dan Anda akan kehilangan hal-hal seperti pemberitahuan yang memberi tahu Anda saat langganan Anda akan diperpanjang (meskipun Anda dapat menambahkan informasi ini sendiri).

Manfaat spreadsheet seperti ini adalah bahwa Anda tidak dikenakan biaya apa pun. Anda dapat menggunakan layanan seperti Google Spreadsheet, Apple Numbers, atau LibreOffice Calc dan tetap menyinkronkannya di seluruh perangkat sehingga Anda selalu memiliki akses ke sana. Tambahkan tanggal perpanjangan Anda ke aplikasi pengingat dan setel peringatan untuk memastikan Anda selalu memiliki uang di akun Anda ketika saatnya tiba.

Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih dibuat khusus, ada aplikasi dan layanan yang dapat melacak langganan Anda seperti TrackMySubs . Layanan ini terutama ditujukan untuk bisnis tetapi dapat melacak hingga sepuluh langganan secara gratis (dengan biaya bulanan $5 untuk 20, dengan tingkat harga yang lebih tinggi di atas itu). Ada peringatan bawaan sehingga Anda dapat membatalkan tepat waktu jika perlu, ditambah grafik untuk membantu Anda memvisualisasikan pengeluaran Anda.

iPengguna ponsel mungkin juga tertarik dengan Bobby, aplikasi gratis yang melakukan hal yang sama dari antarmuka seluler. Subby adalah aplikasi serupa yang dibuat untuk platform Android. Aplikasi ini memiliki manfaat tambahan untuk memberi tahu Anda secara otomatis setiap kali pembayaran jatuh tempo dari akun Anda, memberi Anda kesempatan untuk memutuskan apakah Anda benar-benar membutuhkan satu bulan lagi berdasarkan penggunaan sebelumnya.

Dan kemudian adalah layanan yang lebih jauh dari layanan berlangganan sederhana, seperti Truebill dan Trim. Ini adalah keseluruhan sistem manajemen keuangan online yang menjanjikan untuk memberi Anda harga yang lebih baik pada tagihan Anda yang ada (seperti paket internet atau paket seluler) dengan memotong tabungan. Memangkas adalah nilai yang lebih baik dari keduanya, mengambil potongan 33% (menjadi 40% Truebill) dan menggabungkannya dalam layanan manajemen langganan gratis (yang dikenakan biaya tambahan melalui Truebill).

Perlu diingat bahwa ada beberapa cerita horor online tentang ini layanan menegosiasikan ulang tagihan dan memengaruhi rencana secara negatif atau mengambil potongan tabungan yang telah diatur sendiri oleh pelanggan. Anda perlu memberikan layanan ini “kunci” untuk kehidupan finansial Anda dan mempercayainya secara implisit. Sisi baiknya, mereka secara teknis tidak akan membebani Anda apa pun karena biaya mereka diambil dari tabungan Anda.

Namun, ada beberapa peringatan. Tidak semua bank kompatibel, dan beberapa bank sudah menyediakan alat serupa untuk mengelola keuangan Anda (atau setidaknya memvisualisasikan pemasukan dan pengeluaran Anda). Ada juga pertimbangan privasi dan keamanan yang harus dilakukan saat menyerahkan akses ke keuangan Anda seperti ini.

Cara Menghemat Uang untuk Langganan

Memutar langganan adalah cara yang bagus untuk menghemat uang, terutama jika Anda kebanyakan berlangganan konten asli. Tidak seperti film dan acara TV yang berlisensi, konten asli tidak mungkin hilang dari layanan. Satu-satunya harga yang akan Anda bayar adalah kemungkinan kehilangan hype dan percakapan seputar hit baru, seperti yang telah kita lihat dengan acara seperti Squid Game dan Stranger Things di Netflix.

Hanya ada beberapa jam dalam sehari yang dapat Anda dedikasikan untuk mengejar konten seperti ini, jadi sering kali tidak masuk akal untuk memiliki dua atau lebih langganan konten “utama” sekaligus. Lebih baik untuk merotasi antar layanan dan mengejar ketinggalan setiap beberapa bulan.

Jika ini pertama kalinya Anda berlangganan, Anda juga dapat memanfaatkan uji coba gratis. Beberapa layanan akan menawarkan uji coba gratis lagi di masa mendatang hanya untuk membantu Anda kembali, atau Anda dapat meminta anggota keluarga Anda yang lain untuk mendaftar di lain waktu. Langganan juga dapat disertakan dengan produk lain, misalnya saat Anda membeli iPhone, Anda mendapatkan uji coba gratis untuk Apple TV+.

Perlu juga untuk mengawasi layanan baru yang baru saja diluncurkan yang sebelumnya belum pernah Anda lihat. Ini terutama benar jika Anda memiliki minat khusus. Misalnya, penggemar film horor harus melihat Shudder, penggemar film klasik mungkin menyukai The Criterion Channel, dan penggemar film indie akan menyukai MUBI. Sebagian besar menawarkan bulan pertama gratis atau diskon besar-besaran, dan Anda dapat berlangganan kembali di masa mendatang untuk mengejar apa yang telah Anda lewatkan.

Cara lain untuk menghemat uang adalah Microsoft Rewards . Program hadiah ini memungkinkan Anda memperoleh poin dengan membuka kunci pencapaian Xbox dan mencari dengan Bing (antara lain) yang kemudian dapat Anda tunaikan untuk mendapatkan hadiah dunia nyata. Anda dapat menukar poin Anda dengan kode yang memberi Anda akses ke layanan seperti Spotify dan Crunchyroll, terkadang hingga tiga bulan.

Terakhir, beberapa penyedia internet kabel atau internet rumah menggabungkan langganan ke layanan seperti Netflix dengan tingkat yang lebih tinggi. Selalu ada baiknya memeriksa apa yang menjadi hak Anda dengan paket Anda untuk memastikan Anda tidak melewatkannya.

Terlalu Banyak Subscription

Sementara layanan seperti Netflix dan Spotify meneriakkan nilai uang saat pertama kali diluncurkan, fragmentasi ekonomi streaming telah menyebabkan kesepakatan yang lebih buruk bagi konsumen dari waktu ke waktu. Hasilnya adalah semakin banyak layanan yang membuat program dan konten orisinal untuk bersaing, yang berarti program yang lebih bervariasi dan menarik untuk ditonton.

Dalam hal gim, Nintendo telah menawarkan beberapa emulasi dengan layanan Nintendo Switch Online mereka, sementara Game Pass tetap menjadi keunggulan nilai. Sekarang Sony memasuki ruang streaming, jadi bagaimana PlayStation Plus bersaing dengan saingan terdekatnya?

Itulah berita seputar Terlalu Banyak Langganan? Inilah Cara Mulai Memotongnya, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.