Thunderbolt vs. USB-C: Apa Bedanya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Ada banyak jenis konektor yang mungkin Anda temui saat berhubungan dengan komponen PC. Thunderbolt adalah salah satu yang relatif lebih baru, dan berbagi beberapa hal dengan USB-C. Thunderbolt 4, khususnya, memiliki banyak kesamaan dengan USB4—tetapi bukan hal yang sama.

Apa Itu Port Thunderbolt?

Thunderbolt dikembangkan oleh Intel bekerja sama dengan Apple. Awalnya disebut “Light Peak” sebelum diubah namanya menjadi “Thunderbolt.” Produk komersial pertama dengan Thunderbolt adalah MacBook Pro pada tahun 2011.

Thunderbolt mendukung tampilan beresolusi tinggi dan data berperforma tinggi dalam satu port tunggal, tetapi ini bukan jenis konektor. Misalnya, Thunderbolt 1 di MacBook Pro bekerja dengan port Mini DisplayPort Apple, dan versi berikutnya didasarkan pada USB-C.

Thunderbolt 2 diperkenalkan pada 2013 dan juga menggunakan konektor Mini DisplayPort. Itu menggandakan kecepatan transfer Thunderbolt 1 (20Gbps). Ini memungkinkannya untuk dapat mentransfer file video 4K sambil berbagi dalam 4K pada monitor secara bersamaan.

Thunderbolt 3 dirilis pada 2016 dan akhirnya membuang konektor Mini DisplayPort. Sebaliknya, itu beralih ke USB-C, yang banyak digunakan. Thunderbolt 3 memiliki kecepatan transfer hingga 40Gbps.

Itu membawa kita ke Thunderbolt 4, versi terbaru pada saat penulisan. Thunderbolt 4 masih menggunakan USB-C dan dapat mentransfer data hingga 40Gbps. Namun, dengan Thunderbolt 4, 40Gbps adalah minimum yang diberlakukan. Keunggulan lainnya termasuk dukungan untuk monitor 4K ganda, kecepatan bandwidth PCIe SSD 32Gb/dtk, dan peringkat yang sesuai dengan USB4.

Mengapa Menggunakan Thunderbolt Melalui USB?

Ide di balik Thunderbolt adalah menciptakan cara untuk mengirim sinyal video dan data melalui satu kabel. Itulah mengapa Apple ikut serta, karena Thunderbolt memungkinkannya meminimalkan jumlah port di Mac. Kemampuan Thunderbolt untuk menjalankan banyak perangkat melalui satu port juga merupakan keuntungan. Fungsionalitas rantai daisy membuka pintu untuk dok dan hub Thunderbolt. Melalui satu port, Anda dapat dengan mudah memperluas fungsionalitas laptop.

Seiring berjalannya waktu, keunggulan Thunderbolt dibandingkan USB menjadi semakin kecil. Thunderbolt 4 dan USB4 memiliki banyak kesamaan. Perbedaan utama ada pada persyaratan minimum.

Thunderbolt vs. USB-C

Secara umum, Thunderbolt 3 dan Thunderbolt 4 tampaknya sama dengan USB-C. Lagi pula, keduanya menggunakan port dan konektor USB-C yang sama. Namun, itu tidak selalu terjadi — dan tetap tidak demikian. Perangkat USB kemungkinan akan berfungsi di port Thunderbolt, tetapi mungkin tidak memberikan kecepatan transfer yang sama. Namun, Thunderbolt 4 dan USB 4 sepenuhnya kompatibel. USB4 juga kompatibel dengan Thunderbolt 3 dan USB 3.2 dan 2.0. Seperti disebutkan di atas, perbedaan utama terletak pada persyaratan minimum.

Perangkat USB4 memiliki minimal 20Gbps, sedangkan Thunderbolt 4 minimal adalah 32Gbps. Thunderbolt juga menggandakan kebutuhan daya minimum USB4, yaitu 15W.

Perbedaan lainnya adalah kecepatan transfer pada panjang kabel yang berbeda. Thunderbolt 4 dapat mentransfer dengan kecepatan 40Gbps dengan kabel lebih dari dua meter, tetapi USB4 membutuhkan kabel kurang dari satu meter untuk kecepatan yang sama. Persyaratan yang lebih rendah ini memungkinkan aksesori USB4 yang lebih murah, tetapi mengorbankan kinerja.

Jadi, bagaimana Anda bisa membedakannya? Ini semua tentang ikon. Perangkat Thunderbolt 4 diberi label dengan ikon petir dan nomor 4. Perangkat USB4 memiliki ikon USB standar bersama dengan nomor 20 atau 40 (untuk Gbps). Sayangnya, porta—seperti di MacBook—tidak selalu diberi label dengan ikon, jadi Anda harus memeriksa spesifikasi perangkat Anda.

Sebagai penutup, Thunderbolt adalah salah satu dari banyak antarmuka perangkat keras untuk menyambungkan perangkat ke komputer. Itu memungkinkan untuk berbagi layar dan mentransfer data secara bersamaan, yang merupakan keuntungan besar dibandingkan standar yang bersaing untuk sementara waktu. Saat ini, USB4 sebagian besar telah mengejar Thunderbolt—dan USB4 mungkin menjadi lebih cepat daripada Thunderbolt—tetapi Thunderbolt masih memiliki sedikit keunggulan jika Anda dapat menggunakannya. Disadur dari HowToGeek.com.