Belajar AngularJS untuk Pemula – Bagian 1

AngularJS atau biasa disebut Angular (saja) adalah sebuah framework aplikasi berbasis web yang dikembangkan secara open-source oleh Google dan komunitas programmer dan perusahaan yang berkepentingan untuk membuat aplikasi yang berjalan dalam satu halaman saja.

Angular mencoba menyederhanakan proses development dan testing aplikasi dengan arsitektur framework MVC (model-view-controller) untuk sisi klien (client-side). Banyak yang menyebut aplikasi-aplikasi yang dikembangkan dari Angular adalah termasuk “rich internet application”.

Pada prinsipnya, library Angular akan membaca file HTML yang diperkaya dengan sejumlah atribut tag tambahan. Angular kemudian menginterpretasikan semua atribut tag tambahan itu langsung terkait menjadi input atau bagian output halaman tertentu ke model yang diwakili oleh variabel-variabel javascript. Value dari variabel javascript tersebut bisa dituliskan secara manual dalam source code, atau dari sumber data JSON.

Sejarah AngularJS

AngularJS dikembangkan sejak tahun 2009 oleh Misko Hevery dan Adam Abrons pada saat mereka bekerja di Brat Tech LLC. Awalnya, AngularJS menjadi salah satu software dibalik layanan online storage JSON yang dikembangkan oleh mereka.

Layanan storage JSON ini mereka sasarkan pada pasar enterprise namun belum mampu menyedot perhatian cukup banyak pengguna. Pada awalnya Angular diperkenalkan di domain “GetAngular.com”. Karena kurang ramai, akhirnya library ini pun dirilis secara opensource.

Setelah menjadi library opensource, Angular JS kemudian terus dikembangkan oleh Hevery pada saat dia bekerja di Google (setelah meninggalkan Brat Tech). Di Google dia dibantu oleh Igor Minar dan Vojta Jina dalam mengembangkan AngularJS.

Rilis terakhir dari AngularJS adalah versi 1.3.15 dengan codename locality-filtration yang dirilis tanggal 17 Maret 2015.

Sampai sekarang, AngularJS hanya bisa berjalan optimal di browser selain Internet Explorer baik versi 6, 7 dan 8. Silakan gunakan Chrome/Chromium, Firefox, Opera dll.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: