3 Framework Golang untuk Membuat REST-API

Golang atau bahasa Go, saat ini menjadi salah satu bahasa pemrograman yang cukup banyak digunakan oleh banyak Enterprise. Untuk yang sedang mencari framework dalam bahasa Golang sebagai basis untuk membuat API berbasis REST, silakan simak lebih lanjut framework-framework sebagai berikut:

1. Revel

Revel adalah salah satu framework dengan produktivitas yang tinggi, sesuai motonya: ‘a high productivity web framework for the Go language’. Hampir semua fitur sudah dikonfigurasi secara otomatis dari yang buat, sehingga kita tinggal menggunakan saja. Revel tidak membutuhkan banyak library pihak ketiga ataupun implementasi middleware yang aneh-aneh.

Silakan buka websitenya dengan https://revel.github.io

2. Goji

Goji adalah web framework minimalistik yang ditulis dalam bahasa Go (golang). Goji sendiri memperkenalkan dirinya sebagai HTTP request multiplekser dengan Golang, seperti halnya layanan serupa dari net/http.ServeMux.

Silakan buka websitenya dan pelajari di https://goji.io

3. Gorilla Web Toolkit (GWT)

Gorilla sendiri adalah kumpulan tool (sebut saja toolkit) yang ditulis dalam bahasa Go dengan komponen utamanya: context, mux, reverse, rpc, schema, securecookie, sessions, dan websocket. Berbeda dari kedua framwork sebelumnya, Gorilla lebih dibuat untuk bisa ditambahkurangi, diambil manapun yang dibutuhkan.

Silakan pelajari dari websitenya di http://gorillatoolkit.org

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: