11 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Menginstal Ubuntu 22.04 LTS

Sekarang Anda telah menginstal Ubuntu 22.04 LTS, apa selanjutnya? Dalam panduan ini, kami menguraikan beberapa langkah dasar yang dapat Anda ambil saat Anda membiasakan diri dengan Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish).

1) Perbarui repositori lokal dan perbarui sistem

Tempat yang baik untuk memulai adalah menyegarkan repositori atau lokal indeks paket. Jadi, luncurkan terminal Anda dan jalankan apt command:
$ sudo apt update

Selanjutnya, Anda mungkin ingin memutakhirkan semua paket yang diinstal ke versi terbarunya. Sebelum melakukannya, Anda dapat melihat sekilas daftar paket dengan peningkatan yang tertunda sebagai berikut.
$ sudo apt list –upgradable

Untuk memutakhirkan semua paket, jalankan perintah:
$ sudo apt upgrade

Selain itu, Anda mungkin ingin memastikan bahwa Universe dan repositori multiverse diaktifkan. Repositori Universe menyediakan perangkat lunak bebas dan opensource yang dikelola komunitas yang pembaruan keamanan regulernya tidak dijamin oleh Ubuntu. Multiverse, di sisi lain, menyediakan perangkat lunak yang tidak gratis dan opensource, dan oleh karena itu, Ubuntu tidak menyediakan pembaruan dan perbaikan bug.

Secara default, repositori ini sudah diaktifkan di Ubuntu 22.04. Anda dapat memverifikasi ini dengan mencari ‘Perangkat Lunak & Pembaruan’ seperti yang ditunjukkan.

Selanjutnya, klik ‘Perangkat Lunak Ubuntu’ dan di bawahnya, semua repositori akan terdaftar. Untuk keluar, klik tombol ‘Tutup’.

2) Instal Ubuntu-restricted-extras package

Paket ubuntu-restricted-extras adalah paket meta yang menggabungkan perangkat lunak tambahan yang tidak diinstal secara default karena masalah hak cipta dan hukum. Pengelola Ubuntu hanya memberikan dukungan untuk perangkat lunak gratis dan sumber terbuka dan tidak menyertakan, secara default, perangkat lunak yang dibebani oleh patents.

Paket meta ubuntu-restricted-extras menyediakan paket penting berikut:
Codec untuk file video dan audio yang umum digunakan font inti Microsoft TrueTypeDukungan untuk Pemutaran MP3 dan DVD tidak terenkripsiAdobe Flash plugin
Untuk menginstal paket meta ubuntu-restricted-extras, jalankan perintah:
$ sudo apt install ubuntu-restricted-extras

Selama instalasi, pastikan untuk membaca perjanjian lisensi Microsoft EULA. Gunakan tombol TAB untuk memilih ‘OK’ dan tekan ENTER.

Selanjutnya, terima persyaratan lisensi EULA.

3) Pilih warna aksen

Untuk waktu yang lama, warna aksen default untuk Ubuntu adalah Oranye. Dengan Ubuntu 22.04, Anda dapat memilih warna aksen pilihan Anda dari 9 pilihan warna lainnya untuk sedikit mempercantik dan melepaskan diri dari monoton warna aksen default.

4) Ubah latar belakang desktop

Latar belakang desktop default untuk Ubuntu 22.04 adalah bahwa dari Ubur-ubur, maka nama kode Jammy Jellyfish. Namun, beberapa dari Anda mungkin tidak menganggapnya menarik atau menginspirasi. Jika Anda memiliki perasaan yang sama, maka ada cukup banyak latar belakang untuk dipilih. Pada halaman ‘Pengaturan’, klik opsi ‘Latar Belakang’ dan pilih latar belakang pilihan Anda.

5) Jelajahi alat tangkapan layar baru

Ubuntu 22.04 dikirimkan dengan alat tangkapan layar baru dan yang dipoles yang juga menyertakan fitur casting layar untuk merekam desktop Anda. Ada dua cara untuk meluncurkannya. Anda dapat menekan tombol Print Screen pada keyboard Anda atau, sebagai alternatif, mencarinya menggunakan menu aplikasi GNOME seperti yang ditunjukkan.

Alat tangkapan layar akan terbuka dengan wilayah yang telah dipilih untuk Anda. Anda dapat menyeret sudut area yang dipilih ke dalam atau ke luar untuk memilih wilayah pilihan Anda. Selain itu, Anda dapat memilih untuk mengambil tangkapan layar dari seluruh layar atau jendela.

6) Jelajahi pengaturan Dock

Ubuntu 22.04 memungkinkan Anda bereksperimen dengan pengaturan Dock dan membuat beberapa penyesuaian. Misalnya, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan Dock secara otomatis atau menonaktifkan ‘Mode Panel’ untuk mencegah Dock memanjang hingga ke bagian bawah layar. Anda juga dapat menentukan ukuran ikon Dock.

Selanjutnya, Anda dapat mengubah posisi ikon default yang, secara default, diatur ke sudut kanan bawah serta menyesuaikan ukurannya.

7) Konfigurasi Pengaturan Daya

Pengaturan daya sekarang memungkinkan Anda untuk menampilkan persentase baterai untuk memberikan gambaran tentang jumlah daya yang tersisa pada baterai Anda. Anda juga dapat memilih opsi daya yang paling disukai antara ‘Seimbang’ dan ‘Penghemat Daya’ agar sesuai dengan penggunaan PC Anda.

8) Aktifkan fitur Lampu Malam untuk Meminimalkan Ketegangan Mata

Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya biru yang dipancarkan oleh PC Anda berbahaya bagi Anda penglihatan, mempengaruhi tidur Anda, dan memiliki efek jangka panjang pada mata Anda. Untuk mengurangi ketegangan mata di malam hari, Anda dapat mengaktifkan fitur ‘Night Light’ yang menambahkan warna oranye-kuning pada layar dan secara signifikan mengurangi emisi cahaya biru yang berasal dari layar PC Anda.

Pengaturan ini juga memungkinkan Anda untuk menjadwalkan awal dan akhir dari efek Cahaya malam dan juga sesuaikan intensitas warna oranye-kuning pada layar.

9) Instal tweak GNOME (Sebelumnya GNOME Tweak Tool)

Selain pengaturan sistem, pertimbangkan untuk menginstal tweak Gnome. Ini adalah perpanjangan dari shell GNOME. Ini menyediakan banyak opsi penyesuaian GNOME yang meningkatkan tampilan desktop Anda dan menyediakan pengaturan tambahan untuk keyboard dan mouse.

Untuk menginstal GNOME Tweaks, jalankan perintah:
$ sudo apt install -y gnome-tweaks

Anda kemudian dapat meluncurkannya menggunakan GNOME aplikasi pencarian seperti yang ditunjukkan.

Jendela ‘Tweak’ menyediakan berbagai aspek yang dapat Anda konfigurasi lebih lanjut untuk meningkatkan estetika dan menambah fungsionalitas.

10) Instal Perangkat Lunak dari Pusat Perangkat Lunak Ubuntu

Pusat Perangkat Lunak Ubuntu telah ada untuk sementara waktu dan telah terbukti berguna dalam membantu pengguna menginstal perangkat lunak dari repositori Ubuntu. Secara default, Ubuntu hanya hadir dengan beberapa aplikasi out-of-the-box. Selain menggunakan manajer paket APT untuk menginstal aplikasi pada baris perintah, Anda dapat menuju ke Pusat perangkat lunak dan menginstal aplikasi yang Anda inginkan.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengklik Aplikasi dan klik ‘Instal’.

11) Instal Gnome Extension Manager

Dengan bantuan ekstensi Gnome, kita dapat menambahkan fitur, tampilan & nuansa baru ke layar desktop kita. Di Ubuntu 22.04, kita dapat menginstal dan mengelola ekstensi gnome melalui manajer Ekstensi Gnome. Jadi, untuk menginstalnya, jalankan perintah berikut dari terminal,
$ sudo apt install -y gnome-shell-extension-manager

Setelah instalasi, cari ekstensi dan klik ikonnya

Kami akan mendapatkan jendela berikut, pilih ekstensi yang Anda inginkan, dan instal .

Ekstensi favorit saya adalah ‘Dash to Panel’, ekstensi ini akan memindahkan panel ke bawah.
Menjumlahkan up
Kami baru saja menggores permukaan tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan instalasi Ubuntu 22.04 Anda yang baru. Ini hanyalah puncak gunung es dan masih banyak lagi yang bisa dijelajahi dan dikonfigurasi di sistem Anda. Sejauh ini, kami telah menyediakan beberapa langkah mendasar yang harus diambil saat Anda mulai menggunakan Ubuntu 22.04. Kami berharap Anda bersenang-senang saat Anda bergerak.

Baca Juga: Cara Menginstal VirtualBox di Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish)