14 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Menginstal Elementary OS 6 (Odin)

Elementary OS adalah salah satu distro Linux yang paling indah di luar sana dan juga ramah pengguna. Salah satu sorotan utama dari distro linux ini adalah ia memberikan dukungan tambahan untuk keamanan dan privasi pengguna. Sekarang Anda telah berhasil menyelesaikan instalasi Elementary OS 6.0 “Odin” menggunakan panduan instalasi langkah demi langkah kami, sekarang saatnya untuk memeriksa apa yang harus dilakukan setelah instalasi. tweak termasuk menginstal beberapa aplikasi, driver dan codec dll. Mari kita lihat 14 hal teratas yang harus dilakukan setelah menginstal Elementary OS 6.0.

1) Perbarui dan Tingkatkan

Elementary OS 6.0 ISO yang telah Anda instal di sistem Anda hanya akan menginstal paket dasar dan rilis. Oleh karena itu, penting untuk menginstal paket-paket terbaru agar sistem Anda tetap mutakhir dengan semua perangkat lunak terbaru dll.

Selain itu, ketika Anda masuk untuk pertama kali di Elementary OS, ia akan secara otomatis memberi tahu dengan pembaruan terbaru yang tersedia. Anda dapat memilih “Perbarui Semua” untuk menginstal semua pembaruan.

Jika Anda ingin memperbarui semua perpustakaan dan paket secara manual, buka terminal dan jalankan perintah berikut untuk memperbarui
$ sudo apt update $ sudo apt upgrade $ sudo apt dist-upgrade

2) Instal Pantheon Tweaks

Elementary Tweaks adalah alat yang digunakan untuk menyesuaikan tampilan sistem, font, tema, dll. Di Odin, Elementary Tweaks telah diubah namanya menjadi Pantheon Tweaks. Tanpa menginstal Tweaks, Anda akan merasa sangat sulit untuk menyesuaikan OS dasar.

Untuk menginstal tweak, Jalankan perintah berikut satu demi satu:
$ sudo apt install -y software-properties-common $ sudo add-apt-repository ppa: philip.scott/pantheon-tweaks $ sudo apt update $ sudo apt install -y pantheon-tweaks

Di bawah ‘Pengaturan Sistem’ klik ‘Tweak’ untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa desktop Anda.

Catatan: Pantheon Tweak’ tidak mendukung satu klik untuk menonaktifkan ‘ feature.

3) Instal Synaptic Package Manager

Meskipun Anda memiliki manajer paket di OS dasar yang disebut AppStore, ini cukup canggih dan kaya fitur seperti yang lainnya. Instal Synaptic jika Anda memerlukan pengelola paket yang dilengkapi dengan banyak fitur. Sementara AppStore memberi Anda sekitar 100 aplikasi, Synaptic menawarkan sekitar 7000 paket.

Untuk menginstal sinaptik, gunakan perintah berikut:
$ sudo apt install synaptic -y

Setelah Instalasi, coba akses Synaptic Package Manager

5) Instal GDebi

Jika Anda ingin menginstal file .deb secara grafis tanpa masalah, instal utilitas perangkat lunak GDebi. File .deb hanyalah paket perangkat lunak debian. Dengan kata lain, ini seperti file .exe yang kami gunakan untuk menginstal perangkat lunak apa pun di Windows. GDebi adalah utilitas perangkat lunak berbasis GUI yang memungkinkan untuk menginstal paket .deb dengan cepat.

Untuk menginstal GDebi, gunakan perintah yang ditunjukkan di bawah ini:
$ sudo apt install -y gdebi

5) Instal Multimedia Codecs

Elementary OS tidak dilengkapi dengan semua codec multimedia. Oleh karena itu, jika Anda perlu memutar berbagai file media, maka Anda perlu menginstal codec yang diperlukan. Untuk menginstal semua codec multimedia yang diperlukan, silakan gunakan perintah berikut:
$ sudo apt install -y ubuntu-restricted-extras libavcodec-extra libdvd-pkg

6) Instal Driver yang Diperlukan

Seperti halnya codec multimedia, semua driver juga tidak diinstal saat Anda menginstal OS dasar 6.0 di sistem Anda. Oleh karena itu, penting untuk menginstal driver berpemilik yang diperlukan seperti Nvidia GPU untuk mendapatkan kinerja maksimal dari sistem Anda.

Untuk menginstal driver, gunakan perintah di bawah ini:
$ sudo ubuntu-drivers autoinstalll

7) Tambahkan Minimize Button

Umumnya, Anda meminimalkan jendela apa pun menggunakan tombol perkecil. Tetapi di OS dasar, tidak ada tombol perkecil yang tersedia dan hanya tombol tutup dan maksimalkan yang tersedia.

Dengan Elementary Tweaks, Anda dapat menambahkan tombol perkecil dengan cepat. Pergi ke Tweaks -> Appearance -> Minimize Left. Jika Anda memerlukan tombol perkecil di sebelah kanan, Anda dapat memilih Minimize Right.

8) Nonaktifkan Grub Delay

Setiap kali Anda boot ke OS dasar, Anda akan melihat menu GRUB yang menunjukkan OS mana yang ingin Anda masuki. Ini akan membantu jika Anda menjalankan OS ganda di sistem Anda. Tetapi jika Anda hanya memiliki OS dasar, maka setiap kali Anda boot ke sistem, menu GRUB ini akan menjadi gangguan.

Tetapi Anda dapat menonaktifkan menu GRUB menggunakan file konfigurasi GRUB. Edit file konfigurasi menggunakan perintah berikut:
$ sudo vi /etc/default/grub

Ubah nilai GRUB_TIMEOUT menjadi 0. Setelah selesai, Anda tidak akan melihat menu GRUB setiap kali Anda boot ke mesin Anda.

9) Install Required Software

Ketika Anda menginstal Elementary OS, Anda hanya mendapatkan sedikit perangkat lunak dan paket yang diinstal. Hanya paket yang paling dasar dan diperlukan yang diinstal dan bahkan office suite tidak tersedia.

Dengan Synaptic dan GDebi terinstal di sistem Anda, Anda dapat dengan mudah menginstal semua perangkat lunak yang diperlukan di sistem Anda termasuk Firefox, VLC Media Player, Libre Office, Skype, Telegram , GIMP, Spotify dll.

10) Aktifkan Firewall

Meskipun Linux jauh lebih aman dan terjamin daripada Windows, Anda tidak pernah aman dari ancaman dunia maya. Penjahat dunia maya menemukan cara baru untuk meretas sistem Anda dan karenanya penting untuk menjaga keamanan sistem Anda. Oleh karena itu, jika Anda tidak mengaktifkan firewall, inilah saat yang tepat untuk melakukannya sekarang.

Buka menu aplikasi Anda, navigasikan ke pengaturan Firewall, dan aktifkan opsi firewall untuk melindungi sistem Anda.

11) Perpanjang Masa Pakai Baterai Laptop Anda

Setiap orang memiliki tampilan laptop untuk mengoptimalkan masa pakai baterai dari anggaran mereka. Nah, ini cukup mudah karena Anda hanya perlu menginstal sebuah paket dan masa pakai baterai Anda akan diperpanjang.

Untuk menginstal paket tlp dan tlp-rdw, gunakan perintah berikut:
$ sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp $ sudo apt-get update $ sudo apt-get install tlp tlp-rdw $ sudo tlp start

12) Instal Perangkat Lunak Cadangan

Memiliki cadangan data Anda selalu bermanfaat karena akan terbukti banyak membantu selama sistem crash atau masalah lainnya. Untuk menginstal perangkat lunak cadangan, jalankan,
$ sudo apt install -y timeshift

13) Instal Microsoft Fonts

Dengan OS dasar 6.0, Anda tidak memiliki akses ke font Microsoft. Oleh karena itu, jika beberapa mengirimi Anda dokumen kata apa pun dalam font Arial atau Times New Roman, maka Anda tidak dapat membaca dokumen tersebut. Tetapi dengan manajer paket Synaptic, Anda dapat dengan mudah menginstal font MS di sistem Anda.

Buka manajer paket Synaptic dan temukan mscorefont dan klik tombol “Terapkan” untuk menginstal font Microsoft di sistem Anda.

14) Bersihkan sistem

Saat ini, kami telah menginstal paket dan mengubah pengaturan sistem. Selalu disarankan untuk menghapus dependensi yang tidak digunakan. Jadi untuk menghapusnya, jalankan perintah apt berikut,
$ sudo apt-get autoremove

Untuk membersihkan apt cache , run
$ sudo apt clean

Untuk membersihkan paket yang terinstal sebagian, gunakan command
$ di bawah ini sudo apt autoclean

Satu harus membersihkan sistem secara teratur menggunakan perintah di atas. dari panduan ini. Saya harap ini membantu Anda menggunakan Elementary OS 6 dengan cara yang efisien. Silakan bagikan umpan balik dan pertanyaan Anda di bagian komentar di bawah ini.

Baca Rekomendasi: Cara Menginstal VirtualBox di Elementary OS 6 (Odin)