Melakukan Trim SSD di Ubuntu/ElementaryOS/Linux Mint Secara Otomatis

Akhir pekan ini saya kembali dipusingkan dengan kelakuan Macbook Pro yang saya pegang. Setelah beberapa bulan lalu SSD Kingston HyperX yang terpasang tiba-tiba menjadi lelet dan memaksa saya kembali menggunakan harddisk biasa dan memasang ulang Mac OS X dari awal, kini kesialan kembali menimpa saya. Drive yang kemarin saya pasang pun mendadak lelet, bahkan menjadi bisa dan tidak bisa booting, tergantung maunya dia sendiri.

Usut punya usut, kabel SATA Mac OS X saya ini yang sudah bongkrek, harus diganti. Kepalanya! saya harus migrasi lagi ke Laptop milik pribadi sampai order kabel SATA Macbook ini sampai di Indonesia dari AliExpress.

Nah, karena saya ingat salah satu tips untuk menjaga SSD Drive tetep lancar digunakan, saya tulis disini sambil menunggu migrasi data ke laptop dengan sistem Deepin Linux ini.

Caranya adalah dengan melakukan trim SSD. Untuk Linux yang merupakan keluarga Debian/Ubuntu seperti ElementaryOS, LinuxMint, Deepin dll, silakan gunakan perintah fstrim untuk melakukan trim SSD.

fstrim /

dengan / adalah lokasi drive SSD anda.

Nah untuk membuatnya otomatis, silakan buat file cron harian baru:

nano /etc/cron.daily/fstrim

pada file fstrim tersebut, silakan tulis:

#!/bin/sh
fstrim /

berikan akses ekse ke file tersebut,

chmod +x /etc/cron.daily/fstrim

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: