Cara Instal AlmaLinux 8.4

Panduan langkah demi langkah ini menjelaskan cara mengunduh AlmaLinux 8.4 versi terbaru, dan kemudian cara menginstal AlmaLinux 8 dengan tangkapan layar.
Contents
PendahuluanDownload AlmaLinux 8.4Buat media yang dapat di-boot AlmaLinux langkah demi langkah instalasi AlmaLinux 8.4LANGKAH 1 – Boot ISO ImageLANGKAH 2 – Bahasa ringkasan penginstalanLANGKAH 3 – 3.1 – Pilih tata letak keyboardLANGKAH 3.2 – Konfigurasi dukungan bahasaLANGKAH 3.3 – Konfigurasi Tanggal & WaktuLANGKAH 3.4 – Konfigurasikan kata sandi RootLANGKAH 3.5 – Buat pengguna baruLANGKAH 3.6 – Sumber penginstalanLANGKAH 3.7 – Lingkungan perangkat lunakLANGKAH 3.8 – Konfigurasi diskLANGKAH 3.9 – Konfigurasi jaringan & nama hostLANGKAH 3.9 – Nonaktifkan KdumpSTEP 3.10 – Pilih kebijakan keamananLANGKAH 4 – Mulai penginstalan AlmaLinux 8.4LANGKAH 5 – Terima lisensiConclusionIntroduction

Komunitas Linux dan Open source tidak senang ketika Red Hat mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan untuk CentOS 8 dan mengalihkan fokusnya ke aliran CentOS.

Saat komunitas sedang memperdebatkan keputusan Red hat, beberapa dari mereka memutuskan untuk bertindak cepat untuk mengisi celah centos. Ada dua alternatif kuat yang dikembangkan untuk menggantikan CentOS 8. Salah satunya adalah Rocky Linux, dan yang lainnya adalah AlmaLinux.

Rocky Pengembangan Linux dipimpin oleh Gregory Kurtzer, pendiri asli CentOS. Dan AlmaLinux sedang dikembangkan oleh tim CloudLinux.

Versi awal Alma Linux adalah 8.3 dan versi stabil saat ini adalah 8.4. Pada artikel ini, kita akan fokus pada Instalasi AlmaLinux 8.4.
Jika Anda sudah menjalankan CentOS 8, Anda dapat dengan mudah bermigrasi ke AlmaLinux 8 dari CentOS 8 seperti yang dijelaskan dalam panduan berikut:
Migrate To AlmaLinux Dari CentOS 8 Menggunakan Almalinux-deploy Script
If Anda tidak ingin memutakhirkan tetapi melakukan instalasi AlmaLinux baru, baca terus. Pada artikel ini, saya akan memandu Anda melalui petunjuk langkah demi langkah untuk menginstal AlmaLinux 8.4 dengan screenshot.
Unduh AlmaLinux 8.4

Saat ini, AlmaLinux tersedia untuk arsitektur aarch64 dan x86_64.

Buka tautan berikut dan unduh gambar iso terbaru dari AlmaLinux 8.4 .
Klik Di Sini Untuk Mengunduh AlmaLinux 8.4
Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat mengunduh versi minimal atau gambar iso DVD lengkap. Ada juga opsi untuk mengunduh gambar iso melalui torrent.
Create AlmaLinux media yang dapat di-boot

Setelah file ISO AlmaLinux 8 diunduh, Anda perlu membuat media USB yang dapat di-boot. Ada banyak alat pembuatan USB yang dapat di-boot tersedia untuk membuat media USB yang dapat di-boot

Anda dapat memilih salah satu dari alat berikut untuk membuat USB yang dapat di-boot Alma Linux.

Alat pembuatan USB yang dapat di-boot baris perintah:
Cara Membuat Drive USB Multiboot Dengan Ventoy Di LinuxCara Membuat USB yang Dapat Di-boot Berkendara Menggunakan dd CommandBootiso Memungkinkan Anda Membuat Drive USB yang Dapat Di-boot dengan Aman Di Linux
Alat pembuatan USB yang dapat di-boot grafis:
Membuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dengan Ventoy WebUI Di LinuxMembuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dan Kartu SD Dengan Etcher Di LinuxPopsicle – Buat Beberapa Drive USB yang Dapat Di-boot SekaligusBuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dengan USBImager Di LinuxKindd – Tampilan Grafis Untuk dd Command
Jika Anda ingin menginstal dan menguji Alma Linux di hypervisor apa pun (Virtualbox, KVM, Vmware), lewati saja pembuatan media dan boot image iso.

Untuk tujuan demonstrasi, saya menggunakan Oracle VirtualBox untuk menginstal AlmaLinux 8.4.
AlmaLinux 8.4 instalasi langkah demi langkah

Jika Anda sudah menginstal CentOS 8 atau RHEL 8 atau Rocky Linux 8, Anda tidak akan menemukan kesulitan saat menginstal AlmaLinux 8. AlmaLinux menggunakan sama Anaconda Installer yang digunakan CentOS.
LANGKAH 1 – Boot ISO Image

Setelah Anda mem-boot image iso, installer akan meminta dengan beberapa opsi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Pilih “Install AlmaLinux 8.4” untuk melanjutkan instalasi.

Tunggu beberapa menit dan biarkan installer mempersiapkan instalasi.
LANGKAH 2 – Bahasa instalasi

Pada langkah ini, Anda harus memilih bahasa instalasi. Bahasa yang Anda pilih akan digunakan selama proses instalasi.

Setelah bahasa dipilih, tekan “lanjutkan”.
LANGKAH 3 – Ringkasan instalasi

Ini adalah langkah inti dari proses instalasi Anda. Semua opsi tentang bagaimana os Anda akan diatur harus dikonfigurasi pada langkah ini.

Perhatikan gambar di bawah ini. Ada tiga parameter wajib yang harus dikonfigurasi yang disorot. Semua opsi lain tidak wajib dan Anda dapat mengonfigurasi langkah-langkah tersebut setelah penginstalan selesai dan os di-boot.
STEP 3.1 – Pilih tata letak keyboard
Di bawah bagian “Lokalisasi”, pilih “Keyboard”. Anda dapat menambahkan beberapa tata letak dengan menekan simbol (+). Bila Anda memiliki beberapa tata letak, Anda dapat memetakan penekanan tombol dengan menekan “opsi”. Tekan “Selesai” untuk menyimpan perubahan.
STEP 3.2 – Konfigurasi dukungan bahasa
Di bawah “Lokalisasi”, pilih “dukungan bahasa”. Pilih bahasa yang diinginkan dan tekan “Selesai” untuk menyimpan perubahan.
LANGKAH 3.3 – Konfigurasi Tanggal & Waktu Di bawah “Lokalisasi”, pilih “Waktu & Tanggal”. Tergantung pada wilayah Anda, pilih wilayah dari peta. Anda dapat mengatur waktu jaringan dengan mengaktifkan/MENONAKTIFKAN “waktu jaringan”. Anda harus mengkonfigurasi jaringan terlebih dahulu untuk mengaktifkan waktu jaringan. Tekan “Selesai” untuk menyimpan perubahan.
STEP 3.4 – Konfigurasikan kata sandi Root
Ini adalah salah satu langkah wajib dalam proses instalasi di mana Anda harus mengatur kata sandi untuk pengguna root. Pengguna root adalah pengguna super untuk semua distribusi Linux. Pastikan kata sandi yang sangat kuat diatur untuk pengguna root.

Di bawah bagian “Pengaturan Pengguna”, pilih “Kata Sandi Root” dan masukkan kata sandi yang kuat. Tekan “Selesai” untuk menyimpan perubahan.
STEP 3.5 – Buat user
baruIni adalah langkah wajib di mana Anda akan membuat pengguna baru. Di bawah “Pengaturan Pengguna”, pilih “Pembuatan Pengguna”. Isi detail seperti nama pengguna, kata sandi, dan izin. Tekan “Selesai” untuk menyimpan perubahan.
STEP 3.6 – Sumber instalasi Di bawah bagian “Perangkat Lunak”, pilih “Sumber Instalasi”. Anda dapat mem-boot iso atau memilih instalasi jaringan. Dalam hal ini, saya telah mem-boot iso di hypervisor (Virtualbox). Penginstal secara otomatis mendeteksi media instalasi. Anda dapat memverifikasi integritas gambar iso dengan menekan “Verifikasi”.

Secara default, repositori “AppStream” ditambahkan. Anda juga dapat menambahkan repositori tambahan dengan menekan simbol (+). Tekan “Selesai” untuk menyimpan perubahan.
STEP 3.7 – Lingkungan perangkat lunak
Di bawah “Perangkat Lunak”, pilih “Pemilihan Perangkat Lunak”. Ini adalah langkah penting yang akan memutuskan bagaimana sistem operasi Anda akan diatur. Putuskan dan pilih lingkungan dasar dan paket tambahan apa pun jika diperlukan.

Dalam kasus saya, saya telah memilih “Server dengan GUI”.
STEP 3.8 – Konfigurasi disk
Ini adalah salah satu langkah penting dalam proses instalasi Anda. Pada langkah ini, Anda akan memutuskan bagaimana disk dasar Anda yang terpasang ke OS akan dipartisi.

Pemasang akan memilih skema partisi otomatis secara default. Dalam sistem produksi, Anda (admin) yang memutuskan cara membuat partisi dengan ukuran berbeda. Jika Anda hanya menguji AlmaLinux, maka skema partisi otomatis sudah cukup.

Di sini saya memilih untuk membuat partisi khusus. Saya telah mengalokasikan 35 GB ruang disk untuk VM saya. Berdasarkan ukuran yang tersedia, saya akan mempartisi disk saya.

Pilih “Kustom” di bawah Konfigurasi Penyimpanan dan tekan “Selesai”. Anda sekarang akan dibawa ke wizard partisi.

Anda dapat membuat partisi standar atau partisi berbasis lvm. Di sini saya memilih partisi standar. Tekan simbol (+) untuk menambahkan partisi baru.

Dari drop down mount point, Anda dapat memilih mount point yang telah ditentukan seperti (/, home, var, swap). Anda juga dapat memasukkan nama titik pemasangan khusus juga. Alokasikan kapasitas apa pun yang diperlukan untuk partisi ini dan tekan “Add mount point”.

Sekarang, ulangi langkah yang sama dan buat skema partisi sesuai keinginan.

Setelah partisi dibuat, Anda dapat mengubah parameter seperti mount point, tipe sistem file, dll.

Tekan “Selesai” dan itu akan meminta ringkasan perubahan. Tekan “Terapkan Perubahan” untuk menulis skema partisi yang dimodifikasi.
STEP 3.9 – Konfigurasikan jaringan & nama host Di bawah bagian “Sistem”, pilih “Jaringan dan Nama Host”. Nama antarmuka Anda akan terlihat dan Anda dapat mengaktifkannya dengan mengaktifkan tombol ON.

Secara default “localhost” adalah nama host default. Di bawah bagian nama host baru, Anda dapat memasukkan nama host baru dan menekan “Terapkan”.

Anda juga dapat menetapkan alamat IP ke antarmuka. Pilih “Konfigurasi” dan buka pengaturan IPV4 dan tekan “Tambah”. Pilih metode sebagai “Manual” dan masukkan alamat IP, subnet mask, dan gateway. Tekan “Simpan” untuk menyimpan perubahan.
STEP 3.9 – Nonaktifkan Kdump
Kdump menangkap kernel dump dan di lingkungan produksi, kdump hanya akan diaktifkan jika ada kebutuhan untuk menangkap kernel dump.

Di bawah “Sistem”, pilih “kdump”. Secara default, kdump diaktifkan, hapus tanda centang untuk menonaktifkan kdump. Tekan “Selesai” untuk menyimpan perubahan.
STEP 3.10 – Pilih kebijakan keamanan
Di bawah “Sistem”, pilih “Kebijakan Keamanan”. Ada beberapa profil pra-konfigurasi yang dapat Anda pilih. Klik pada profil dari daftar dan tekan “Pilih Profil”. Daftar perubahan akan ditampilkan di bagian bawah.

Dalam hal ini, saya telah memilih “ANSSI-BP-028(Minimal)” untuk tujuan demonstrasi. Secara real-time, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang dilakukan setiap profil dan mana yang sesuai dengan lingkungan Anda.
LANGKAH 4 – Mulai instalasi AlmaLinux 8.4

Pilih “Mulai Instalasi” untuk memulai instalasi. Jika Anda belum mengonfigurasi tiga parameter wajib, opsi “mulai penginstalan” akan berwarna abu-abu dan Anda tidak akan dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Setelah penginstalan selesai, tekan “boot ulang” untuk menyelesaikan penginstalan.
STEP 5 – Terima license

Setelah mesin di-boot ulang, Anda akan diminta untuk menerima perjanjian lisensi. Setelah Anda menerima lisensi, klik “Finish Configuration”.

Sekarang layar login akan muncul. Login dengan user.

yang baru dibuat. Selamat! AlmaLinux 8.4 telah berhasil diinstal!

Mulai menggunakan AlmaLinux 8.4!!
Conclusion

Dalam artikel komprehensif ini, kami telah memberikan petunjuk langkah demi langkah terperinci tentang cara menginstal AlmaLinux 8.4 dengan tangkapan layar. Jika Anda memiliki umpan balik, beri tahu kami melalui bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: