Cara Membuat dan Mengelola Mesin Virtual KVM melalui Command Line

KVM (Mesin Virtual berbasis Kernel) adalah teknologi virtualisasi opensource yang dibuat untuk mesin Linux. Ini terdiri dari modul kernel – kvm.ko yang menyediakan platform virtualisasi inti dan modul khusus prosesor ( kvm-intel.ko untuk prosesor Intel atau kvm-amd.ko untuk prosesor AMD ).

Ada dua cara untuk membuat mesin virtual menggunakan KVM. Anda dapat memanfaatkan alat virt-manager yang merupakan server X11 yang menyediakan antarmuka GUI untuk membuat mesin virtual. Selain itu, Anda dapat menggunakan baris perintah untuk membuat mesin virtual dengan menentukan berbagai parameter yang terkait dengan mesin virtual yang ingin Anda gunakan.

Kami telah memiliki panduan lengkap tentang cara menginstal mesin virtual KVM menggunakan GUI di Ubuntu. Dalam panduan ini, kami mengambil pendekatan berbeda dan mendemonstrasikan bagaimana Anda dapat membuat mesin virtual KVM dari antarmuka baris perintah. Kami menggunakan Ubuntu 18.04, tetapi ini harus bekerja di semua distribusi Linux.

Langkah 1) Periksa apakah Virtualisasi diaktifkan

Saat kami memulai, kami perlu memeriksa apakah sistem Anda mendukung teknologi Virtualisasi. Untuk mencapai ini, jalankan perintah berikut.
$ egrep -c ‘(vmx|svm)’ /proc/cpuinfo

Jika sistem Anda mendukung teknologi virtualisasi, Anda akan mendapatkan output lebih besar dari 0.

Selanjutnya, konfirmasikan apakah sistem Anda dapat menjalankan KVM virtual machine.
$ kvm-ok

Jika Anda mendapatkan kesalahan pada layar, itu berarti bahwa utilitas kvm-ok belum diinstal. Oleh karena itu, instal perintah berikut untuk menginstal kvm-ok utility.
$ sudo apt install -y cpu-checker

Sekarang jalankan perintah kvm-ok untuk mengonfirmasi apakah virtualisasi KVM didukung.

Step 2) Instal KVM, Qemu, virt-manager & libvirtd daemon

Langkah selanjutnya adalah menginstal KVM dan paket terkait. Jadi, jalankan perintah:
$ sudo apt install -y qemu qemu-kvm libvirt-daemon libvirt-clients bridge-utils virt-manager

Perintah menginstal paket berikut.
qemu-kvm – Ini adalah paket KVM utama yang menyediakan dukungan virtualisasi. libvirt – Termasuk daemon libvirtd yang mendukung pembuatan dan pengelolaan mesin virtual.libvirt-client – ​​Paket ini menyediakan utilitas virsh yang digunakan untuk berinteraksi dengan mesin virtual.virt-install – Utilitas yang membantu Anda membuat mesin virtual dan menginstal OS pada mesin virtual tersebut mesin virtual dari baris perintah.virt-viewer – Utilitas yang menampilkan tampilan grafis untuk mesin virtual.
Setelah diinstal, kita perlu mengonfirmasi apakah modul kvm yang diperlukan telah dimuat. Oleh karena itu, jalankan perintah:
$ lsmod | grep kvm

Selain itu, konfirmasikan bahwa daemon libvirtd berjalan sebagai berikut.
$ Sudo systemctl status libvirtd.service

Perfect! Semua prasyarat sudah ada. Sekarang mari kita lanjutkan dan instal mesin virtual.

Langkah 3)  Buat mesin virtual dari baris perintah

Kita akan menginstal mesin virtual Debian menggunakan image iso Debian 11 yang terletak di folder Unduhan di direktori home.

Untuk membuat mesin virtual baru , kita akan menjalankan perintah berikut.
$ sudo virt-install –name=debian-vm –os-type=Linux –os-variant=debian9 –vcpu=2 –ram=2048 –disk path=/var/lib/libvirt/images/Debian.img,size=15 –graphics spice –location=/home/james/Downloads/debian-11.1.0-amd64-DVD-1. iso –network bridge:virbr0

Mari luangkan waktu sejenak dan menganalisis perintah ini:
Atribut –name menunjukkan nama mesin virtual. Jangan ragu untuk memberinya nama arbitrer. Arahan  –os-type menentukan jenis sistem Operasi – dalam hal ini Linux. Opsi  –os-variant menentukan rilis sistem operasi.
CATATAN:   KVM menyediakan opsi  –os-variant yang telah ditentukan sebelumnya dan Anda tidak bisa membuat sendiri. Untuk memeriksa berbagai varian yang didukung, jalankan perintah osinfo-query os. Ini mencantumkan semua kemungkinan sistem Operasi dan varian yang didukung. Juga, perhatikan bahwa varian saya tidak sesuai dengan rilis Linux terbaru Anda. Dalam hal ini, saya menggunakan debian9 dan bukan debian11 karena debian11 tidak disediakan oleh KVM sebagai salah satu opsi varian.
Saat aktif, parameter –vcpu menentukan jumlah inti CPU yang akan dialokasikan ke mesin virtual.The – opsi ram menentukan jumlah RAM dalam Megabita yang akan dialokasikan. Opsi jalur –disk menentukan jalur citra mesin virtual. Direktif –disk adalah ruang disk VM dalam Gigabytes. Opsi –graphics menentukan alat grafis untuk instalasi interaktif, dalam contoh ini, kami menggunakan spice. Opsi –location menunjuk ke lokasi image ISO Terakhir, – direktif jembatan jaringan menentukan antarmuka yang akan digunakan oleh mesin virtual.

Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda harus mendapatkan beberapa output seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas diikuti oleh pop-up penampil virt dari mesin virtual yang menunggu instalasi.

Dalam kasus kami, kami sedang menginstal Debian 11 dan ini adalah layar instalasi awal. Kami melanjutkan dengan instalasi sampai akhir.

Langkah 4) Berinteraksi dengan mesin virtual

Utilitas virsh adalah komponen yang digunakan untuk berinteraksi dengan mesin virtual pada baris perintah. Misalnya, untuk melihat mesin virtual yang sedang berjalan, jalankan perintah:
$ virsh list

Untuk membuat daftar semua mesin virtual termasuk yang dimatikan, tambahkan –all option.
$ daftar virsh –all

Untuk mematikan penggunaan mesin virtual sintaks:
$ sudo virsh shutdown vm_name

Misalnya, untuk mematikan mesin virtual kita, perintahnya adalah:
$ sudo virsh shutdown debian-vm

Untuk memulai atau menghidupkan mesin virtual, jalankan:
$ sudo virsh start debian-vm

To reboot mesin, jalankan perintah:
$ sudo virsh reboot debian-vm

Untuk menghancurkan atau mematikan mesin virtual secara paksa, jalankan:
$ sudo virsh destroy debian-vm

Untuk menghapus atau menghapus mesin virtual beserta file disk-nya, run

a)   Pertama matikan virtual machine

b)   Hapus mesin virtual beserta file penyimpanan terkaitnya, run

$ sudo virsh undefine –domain –remove-all-storage

Contoh:
$ sudo virsh undefine –domain debian-vm –remove-all-storage

Closing Thoughts :
Ini adalah panduan tentang cara memasang mesin virtual menggunakan KVM  pada baris perintah. Kami telah menyoroti beberapa opsi penting untuk ditentukan guna memastikan keberhasilan penerapan mesin virtual. Kami juga melangkah lebih jauh dan mendemonstrasikan cara berinteraksi dengan mesin virtual pada baris perintah menggunakan utilitas virsh. Itu hanya beberapa pilihan, ada beberapa di antaranya.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: