Cara Menemukan Tanggal Dan Waktu Instalasi Yang Tepat Dari OS Linux Anda

Saya selalu ingin tahu hal-hal kecil yang menarik tentang Linux. Hari ini, sebuah pertanyaan muncul di benak saya. Sudah berapa lama saya menggunakan OS Arch Linux saya? Saya tidak tahu kapan saya menginstal Arch Linux saya. Ini bekerja dengan sangat baik sejak dipasang. Saya yakin itu setahun yang lalu. Tapi, saya tidak tahu persis hari itu. Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa lama Anda menggunakan OS Linux Anda tanpa menginstal ulang? Baca terus untuk mengetahui tanggal dan waktu penginstalan yang tepat dari OS Linux Anda.
Contents
Temukan tanggal dan waktu penginstalan Linux yang tepatMenggunakan perintah statMenganalisis log pacman di Arch LinuxMemeriksa entri syslog pada sistem berbasis DebianMemeriksa tanggal pembuatan sistem fileMenggunakan sistem dasarMenggunakan skrip tanggal penginstalanTemukan tanggal dan waktu penginstalan Linux yang tepat

Ada beberapa cara untuk mengetahui tanggal dan waktu penginstalan sistem operasi Linux. Di sini saya telah memberikan semua cara yang mungkin.
Menggunakan perintah stat

Perintah stat menampilkan status file atau sistem file di Linux dan sistem mirip Unix. Perintah stat adalah bagian dari paket GNU coreutils, jadi Anda tidak perlu menginstalnya.

Untuk memeriksa tanggal instalasi OS Linux dengan perintah stat, jalankan:

$ stat / | grep "Kelahiran" | sed 's/Lahir: //g' | cut -b 2-11 2021-05-20

Anda juga dapat menggunakan awk dengan perintah stat untuk menampilkan tanggal instalasi Linux juga:

$ stat / | awk '/Birth: /{print $2}' 2021-05-20

Tidak perlu menggunakan perintah grep atau sed atau awk. Perintah stat juga memiliki tanda bawaan untuk memeriksa tanggal dan waktu instalasi Linux yang tepat. waktu desktop Fedora Linux saya adalah 20 Mei 2021.
Analisis log pacman di Arch Linux

Jika Anda menggunakan Arch Linux dan turunannya seperti EndeavourOS dan Manjaro Linux, Anda dapat dengan mudah mengetahui berapa lama Anda telah menggunakannya tanpa menginstal ulang dengan menganalisis log pacman seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

$ head -n1 /var/log/pacman.log

Contoh output dari sistem Arch Linux saya:

[2016-05-05 13:10] [PACMAN] Menjalankan 'pacman -r /mnt -Sy --print -format=%s --cachedir=/mnt/var/cache/pacman/pkg --noconfirm base Sudo grub wireless_tools wpa_supplicant wpa_actiond netctl dialog os-prober'

Seperti yang Anda lihat di atas, saya masih menggunakan instalasi pertama saya dari Mei , 05 2016.

Meskipun Arch Linux sedang meluncurkan model rilis, saya tidak pernah menginstal ulang Arch Linux. Ini bekerja dengan sangat baik tanpa merusak apa pun. Saya memiliki 3 sistem Arch Linux (Satu host dan dua vms) selama bertahun-tahun, dan saya tidak pernah harus “menginstal ulang” sekali pun. Dan, saya yakin saya tidak akan menginstal ulang dalam waktu dekat.
Periksa entri syslog pada sistem berbasis Debian

Pada Debian, Ubuntu, dan sistem berbasis DEB lainnya, lihat entri “syslog” untuk mendapatkan tanggal dan waktu penginstalan OS Linux dan waktu

$ sudo head -n1 /var/log/installer/syslog

Contoh output:

Jul 2 10:29:10 ubuntu systemd[1]: Memulai Flush Journal ke Persistent Storage...

Bagaimana Jika log sudah dihapus? Tidak masalah. Anda masih dapat mengetahui waktu penginstalan OS Linux Anda dengan memverifikasi tanggal pembuatan sistem file seperti yang ditunjukkan di bagian berikut.
Periksa tanggal pembuatan sistem file

Seperti yang dinyatakan, terkadang, Anda mungkin telah menghapus log (atau mengaktifkan rotasi log). Dalam kasus seperti itu, Anda dapat menemukan tanggal instalasi seperti di bawah ini.

Beralih ke root user:

$ sudo su

Sekarang, jalankan salah satu dari perintah berikut sebagai root user.

# fs=$(df / | tail -1 | cut -f1 -d' ') && tune2fs -l $fs | grep 'Sistem file dibuat'

Or,

# tune2fs -l /dev/sda1 | grep 'Sistem berkas dibuat:'

Or,

# dumpe2fs /dev/sda1 | grep 'Filesystem dibuat:'

Ganti /dev/sda1 dengan partisi drive hdd yang benar.

Ini akan ditampilkan ketika sistem file pertama kali dibuat.

Contoh output:

Filesystem dibuat: Kamis 20 Mei 17:31:06 2021

Perintah ini akan bekerja pada semua distribusi Linux yang mendukung ext4 filesystems.
Menggunakan basesystem

Basesystem mendefinisikan komponen sistem Fedora dasar (misalnya, urutan instalasi paket yang akan digunakan selama bootstrap). Sistem dasar harus ada di setiap instalasi sistem, dan tidak boleh dihapus.

Pada Fedora, RHEL dan klonnya seperti CentOS, AlmaLinux, dan Rocky Linux, Anda dapat menemukan tanggal pemasangan Linux menggunakan perintah:

$ sudo rpm -qi basesystem

Sample output:

Name : sistem dasar Versi : 11 Rilis : 11.fc34 Arsitektur: noarch Tanggal Pemasangan: Jumat 23 April 2021 04:26:31 PM Grup : Tidak ditentukan Ukuran : 0 Lisensi : Domain Publik Tanda Tangan : RSA/SHA256, Selasa 26 Januari 2021 07 :17:35, ID Kunci 1161ae6945719a39 Sumber RPM : basesystem-11-11.fc34.src.rpm Tanggal Pembuatan : Selasa 26 Januari 2021 07:15:29 AM Tuan Rumah Pembuatan : buildhw-x86-04.iad2.fedoraproject.org Packager : Fedora Project Vendor : Fedora Project Bug URL : https://bugz.fedoraproject.org/basesystem Ringkasan : Paket kerangka yang mendefinisikan sistem Fedora sederhana Deskripsi : Basesystem mendefinisikan komponen sistem Fedora dasar (misalnya, paket e urutan instalasi untuk digunakan selama bootstrap). Sistem dasar harus ada di setiap penginstalan sistem, dan tidak boleh dihapus.

Or, untuk menampilkan tanggal penginstalan saja, jalankan ini:

$ sudo rpm -qi basesystem | grep Instal Tanggal Pemasangan: Jumat 23 April 2021 04:26:31 PM

Atau gunakan perintah ini:

$ sudo rpm -q basesystem --qf '%{installtime:date}n' Jumat 23 April 2021 04:26:31 PM

Menggunakan instal -date script

Ada sebuah script bernama install-date, yang digunakan untuk menentukan tanggal install sebuah instalasi Linux, dengan menggunakan berbagai metode. Saat ini hanya berfungsi di Arch Linux dan Gentoo systems.

Buka repositori tanggal pemasangan di GitHub dan unduh skrip menggunakan perintah:

$ wget -O installdate.sh https://raw.githubusercontent.com/alice1n/install-date /main/install-date

Perhatikan opsi -O. Itu harus UPPERCASE.

Buat skrip yang dapat dieksekusi:

$ chmod +x installdate.sh

Sekarang jalankan skrip untuk menentukan tanggal dan waktu instalasi Arch Linux:

$ ./installdate.sh 2021-06-01

Ini adalah beberapa cara untuk menemukannya tanggal dan waktu instalasi yang tepat dari distribusi Linux. Semoga ini bisa membantu.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: