Cara Mengatur Ulang Kata Sandi Root Di Fedora 35

Apakah Anda lupa kata sandi root di Fedora? Atau apakah Anda ingin mengubah kata sandi pengguna root di sistem Fedora Anda? Tidak masalah! Panduan singkat ini memandu Anda melalui langkah-langkah untuk mengubah atau mereset kata sandi root di sistem operasi Fedora.

Langkah 1 – Nyalakan sistem Fedora Anda dan tekan tombol ESC sampai Anda melihat menu boot GRUB. Setelah menu GRUB muncul, pilih Kernel yang ingin Anda boot dan tekan e untuk mengedit entri boot yang dipilih.

Langkah 2 – Di layar berikutnya, Anda akan melihat semua parameter boot. Temukan parameter bernama ro.

Langkah 3 – Ganti parameter ‘ro’ dengan ‘rw init=/sysroot/bin/sh’ (tentu saja tanpa tanda kutip). Harap perhatikan spasi antara “rw” dan “init=/sysroot…”. Setelah dimodifikasi, baris parameter kernel akan terlihat seperti di bawah ini.

Langkah 4 – Setelah mengubah parameter seperti yang ditunjukkan di atas, tekan Ctrl+x untuk masuk ke mode darurat yaitu mode pengguna tunggal.

Dari mode darurat, masukkan perintah berikut untuk me-mount root (/) file system dalam mode baca/tulis.

chroot /sysroot/

Langkah 5 – Sekarang ubah kata sandi root dengan perintah passwd:

passwd root

Masukkan kata sandi root dua kali. Saya menyarankan Anda untuk menggunakan kata sandi yang kuat.

Langkah 6 – Setelah mengatur ulang kata sandi root, jalankan perintah berikut untuk mengaktifkan pelabelan ulang SELinux saat reboot:

touch /.autorelabel

Langkah 7 – Terakhir, keluar dari mode pengguna tunggal dan reboot sistem Fedora ke mode normal dengan menjalankan perintah berikut:

exit
reboot

Tunggu proses SELinux relabeling selesai. Ini akan memakan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran sistem file dan kecepatan hard drive Anda.

Langkah 8 – Setelah pelabelan ulang sistem file selesai, Anda dapat masuk ke sistem Fedora Anda dengan kata sandi root baru.

Seperti yang Anda lihat, langkah-langkah untuk mengatur ulang password root di Fedora 35 cukup mudah dan sama persis dengan reset password root di RHEL dan clone nya seperti CentOS, AlmaLinux dan Rocky Linux.

Related read:
Cara Reset Password Sudo Di Ubuntu 20.04 LTS

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: