Cara Menginstal Codec Multimedia Di Fedora Linux

Salah satu hal pertama yang harus dilakukan setelah instalasi Fedora baru adalah menginstal codec multimedia untuk memutar audio dan video. Dalam tutorial singkat ini, kita akan melihat cara menginstal codec multimedia di Fedora 35 dari repositori perangkat lunak RPM Fusion.
Contents
IntroductionInstal codec multimedia di Fedora LinuxInstal pemutar multimedia Opsional – Instal FFmpegIntroduction

Karena banyak codec multimedia baik sumber tertutup atau tidak gratis, mereka tidak disertakan dalam default repositori Fedora Linux karena alasan hukum. Untungnya, beberapa repositori pihak ketiga menyediakan codec, paket, dan perpustakaan multimedia yang dibatasi dan tidak gratis. Salah satu repositori pihak ketiga berbasis komunitas yang populer adalah RPM Fusion. Jika Anda ingin memutar sebagian besar format audio atau video di desktop Fedora Anda, Anda harus menginstal codec multimedia yang diperlukan dari RPM Fusion seperti diuraikan di bawah ini.
Instal codec multimedia di Fedora Linux

Pastikan Anda telah menginstal repositori RPM Fusion di mesin Fedora Anda. Jika Anda belum menambahkannya, lihat tautan berikut untuk mengaktifkan repositori RPM Fusion di Fedora:
Cara Mengaktifkan Repositori Fusion RPM Di Fedora, RHEL
Setelah mengaktifkan RPM Fusion, jalankan perintah berikut satu per satu untuk menginstal codec multimedia di sistem Fedora Anda :

$ sudo dnf install gstreamer1-plugins-{bad-*,good-*,base} gstreamer1-plugin-openh264 gstreamer1-libav --exclude=gstreamer1-plugins-bad-free-devel

Jika perintah di atas tidak bekerja, coba perintah berikut sebagai gantinya:

$ sudo dnf install gstreamer1-plugins-{bad-*,good-*,base} gstreamer1-plugin-openh264 gstreamer1-libav --exclude=gstreamer1-plugins-bad-free-devel
$ sudo dnf install lame* --exclude=lame-devel
$ Sudo dnf group upgrade --with-optional Multimedia

Ketiga perintah ini menginstal hampir semuanya untuk memutar semua format audio dan video di sistem Fedora Anda.
Instal pemutar multimedia

Beberapa pemutar media populer seperti VLC, Celluloid, SMplayer dan Plex-media-palyer dll., akan memberikan semua codec yang diperlukan. Anda tidak menginstal semuanya. Satu atau dua saja sudah cukup. Perintah untuk menginstal player ini diberikan di bawah ini:

$ sudo dnf install vlc

VLC sudah diinstal sebelumnya di banyak distribusi Linux dan merupakan pemutar media standar untuk memutar semua jenis file media.

SMplayer adalah front-end untuk Mplayer dan dianggap sebagai alternatif terbaik untuk VLC.

$ sudo dnf install smplayer

Jika Anda ingin pengalaman multimedia yang lebih kuat, instal Plex media player.

$ sudo dnf install plex-media-player

Ini tidak hanya akan memberi Anda codec h264, h265, vp8 dan vp9 (semua dengan dukungan perangkat keras), itu akan juga mengaktifkan av1 (alias av01) codec yang lebih efisien. Anda dapat menguji apakah browser Anda mendukung codec ini menggunakan AV1 Beta Launch Playlist.

Beberapa pemutar ini juga tersedia sebagai aplikasi flatpak. Anda dapat menginstalnya jika Anda lebih suka flatpak daripada manajer paket tradisional. Sebagian besar distribusi Linux mendukung flatpak sekarang juga.

Untuk menginstal versi flatpak VLC, jalankan:

$ flatpak install vlc

Optional – Instal FFmpeg

FFmpeg adalah kerangka kerja multimedia yang kuat yang dapat digunakan untuk mengkodekan, mendekode, transkode, mux, demux, merekam, streaming , memfilter, dan memutar semua jenis file media. Anda bisa mendapatkan codec yang diperlukan dengan menginstal FFmpeg suite di sistem Anda.
Cara Menginstal FFmpeg Di Linux
Semoga ini membantu.

Baca terkait:
Enable H264 Di Chromium Dan Firefox Di Fedora SilverblueCara Memasang Codec Multimedia Di OpenSUSE

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: