Cara Menginstal Debian 11 (Bullseye) Langkah demi Langkah

Halo Geeks, Debian akhirnya merilis OS stabil versi 11 dan nama kodenya adalah ‘bullseye’. Debian 11 adalah versi LTS yang berarti kami akan mendapatkan pembaruan dan dukungan hingga tahun 2025. Debian telah hadir dengan tema baru ‘Homeworld’ dan kernel Linux baru 5.10. Selain itu, ia juga mendukung sistem 32-bit dan sistem file exFat. Fitur mencolok lainnya dari Debian 11 adalah ia telah memperbarui versi lingkungan desktop seperti GNOME 3.38, KDE plasma 5.20, Xfce 4.16 dan pembaruan paket OS lainnya.

Dalam posting ini, kami akan menunjukkan cara menginstal Debian 11 langkah demi langkah dengan tangkapan layar. Sebelum masuk ke langkah instalasi, mari kita periksa persyaratan sistem minimum untuk Debian 11
2 GB RAM atau lebih Prosesor Dual Core (atau lebih tinggi)Ruang hard disk 15 GB Media yang Dapat Di-boot (USB / DVD)Koneksi Internet Stabil (opsional)
Mari selami instalasi Debian 11 langkah-langkah

1) Download Debian 11 ISO File

Gunakan situs resmi Debian berikut ini untuk mendownload file iso,

Download Debian 11 ISO File

Setelah file didownload kemudian burn ke USB flash drive atau DVD agar bootable dan kita sebut Media Instalasi.

Baca Juga : Caranya untuk Membuat Bootable USB Drive di Ubuntu / Linux Mint

2) Sistem Boot dengan Media Instalasi  

Reboot sistem target tempat Anda ingin menginstal Debian 11 dan buka pengaturan biosnya dan ubah media boot dari Hard disk ke media yang dapat di-boot (seperti USB / DVD) .

Setelah sistem boot dengan media yang dapat di-boot, kita akan mendapatkan layar berikut.

Pilih opsi ‘Instal Grafis’ dan tekan enter.

3)  Pilih Bahasa untuk Instalasi Debian 11

Pilih bahasa pilihan Anda dan klik lanjutkan,

4) Pilih Lokasi yang Diinginkan

Pilih lokasi pilihan Anda yang akan digunakan untuk mengatur zona waktu untuk sistem Anda.

Klik Lanjutkan

hhhn) Pilih Tata Letak Di langkah ini, pilih Tata Letak tata letak keyboard dan kemudian klik lanjutkan untuk melanjutkan

6) Atur Nama Host dan domain

Pada langkah ini, penginstal akan meminta Anda untuk mengatur nama host, jadi tentukan nama host yang ingin Anda konfigurasikan dan kemudian klik lanjutkan.

Pada layar berikutnya tentukan nama domain.

7) Setel Kata Sandi Pengguna Root

Tentukan kata sandi pengguna root dan tekan lanjutkan untuk melanjutkan lebih lanjut

8) Buat pengguna lokal dan konfigurasikan kata sandinya

Tentukan Nama Lengkap pengguna lokal Anda,

Tentukan nama pengguna, dalam kasus saya, saya pada lanjutkan dan kemudian di layar berikut, tentukan kata sandi pengguna lokal.

9) Pilih Metode Partisi

Pada langkah ini, Penginstal akan diminta untuk memilih metode partisi.
 Terpandu – gunakan seluruh disk (Ini akan membuat partisi secara otomatis di seluruh disk) Terpandu – gunakan seluruh disk dan atur LVM (Ini akan membuat partisi berbasis LVM secara otomatis di seluruh disk) Dipandu – gunakan seluruh disk dan atur LVM terenkripsi (Ini akan membuat partisi berbasis LVM dan akan mengenkripsi disk) Manual – Ini akan memungkinkan untuk membuat partisi khusus sendiri .
Pilih opsi yang sesuai dengan instalasi Anda, dalam posting ini saya akan menggunakan opsi ke-2. Ini akan membuat partisi berbasis LVM di seluruh disk.

Klik Continue untuk melanjutkan lebih jauh,

Pada layar berikut, pilih disk di mana partisi akan dibuat untuk Debian 11.

Pada layar berikutnya, kita harus memilih skema partisi. Berdasarkan ukuran dan kebutuhan disk, pilih skema partisi yang sesuai.

Untuk tujuan demonstrasi, saya menggunakan opsi terakhir ‘Pisahkan /home, /var, dan /tmp partisi’.

Pilih ‘Lanjutkan’ untuk melanjutkan lebih jauh.

Pilih ‘Ya’ untuk menulis perubahan ke disk dan kemudian klik Continue

Pada layar berikut tentukan ukuran disk yang ingin digunakan untuk partisi Debian 11, secara default dibutuhkan seluruh ukuran disk. Dalam kasus saya, saya menggunakan ukuran disk default.

Di layar berikutnya, kita akan mendapatkan ringkasan partisi, verifikasi dan pilih ‘Ya’ untuk menulis perubahan ke disk.

Klik Lanjutkan untuk memulai instalasi.

10) Instalasi Dimulai

Dalam hal ini langkah, instalasi sebenarnya dari Debian 11 dimulai,

Setelah beberapa menit, Ini akan meminta untuk memindai media instalasi, Pilih ‘Tidak’ dan klik lanjutkan untuk melanjutkan instalasi.

Di layar Berikutnya, pilih ‘Ya’ untuk mengkonfigurasi mirror jaringan .

Pilih ‘Debian archive mirror country’ dan klik continue

Pada layar berikut, klik Continue jika sistem Anda tidak menggunakan server proxy. Jika Anda menggunakannya, tentukan detailnya dan kemudian lanjutkan.

Klik Lanjutkan untuk melanjutkan instalasi lebih lanjut.

Pada layar berikut Anda akan diminta untuk berpartisipasi dalam survei paket, pilih ‘Tidak’ lalu klik lanjutkan.

Sekarang pilih perangkat lunak yang ingin Anda instal seperti lingkungan Desktop dan server dll. Jadi buat pilihan yang sesuai dengan instalasi Anda.

Klik Lanjutkan untuk melanjutkan instalasi lebih lanjut.

Di layar berikutnya, pilih ‘Ya’ untuk menginstal bootloader Grub pada hard drive primer .

Klik Lanjutkan.

Di jendela berikutnya pilih disk tempat grub loader akan diinstal,

Pilih Lanjutkan dan tekan enter untuk menyelesaikan penginstalan.

Setelah penginstalan selesai, penginstal akan meminta untuk mem-boot ulang sistem sekali. restart sistem dan jangan lupa ubah media boot dari media instalasi menjadi ha disk.

11) Login dan layar Desktop setelah instalasi

Setelah sistem di-boot ulang setelah instalasi Debian 11 berhasil maka kita akan mengikuti layar grub, pilih opsi pertama dan tekan enter.

Ketika sistem boot, kita akan mendapatkan layar login berikut, gunakan yang sama pengguna lokal dan kredensialnya yang telah kami buat selama instalasi.

Perfect, di atas mengonfirmasi bahwa Debian 11 telah berhasil diinstal. Itu saja dari posting ini, saya harap Anda menemukannya informatif. Silakan bagikan pertanyaan dan umpan balik Anda di bagian komentar di bawah ini.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...