Cara Menginstal Debian 11 Bullseye [Panduan Langkah Demi Langkah]

Debian 11, dengan nama kode bullseye, adalah rilis dukungan jangka panjang (LTS) terbaru yang dirilis setelah periode pengembangan lebih dari dua tahun. Debian 11 hadir dengan kernel versi 5.10 LTS. Lebih dari 70% paket dalam repositori Debian diperbarui ke versi yang lebih baru dibandingkan dengan versi buster sebelumnya. Untuk mengetahui lebih banyak tentang fitur Debian 11, Anda dapat melihat catatan rilis. Panduan langkah demi langkah ini memandu Anda melalui langkah-langkah untuk mengunduh edisi Debian terbaru, dan membuat media bootable Debian 11 dan terakhir cara menginstal Debian 11 bullseye dengan screenshot.

Heads Up: Jika Anda sudah memiliki Debian 10, Anda dapat dengan mudah meningkatkan ke Debian 11 Bullseye seperti yang ditunjukkan dalam panduan yang diberikan di bawah ini.
Cara Upgrade Ke Debian 11 Bullseye Dari Debian 10 BusterContents
Download Debian 11 ISO imageBuat media bootable Debian 11 Instalasi Debian 11 langkah demi langkahLANGKAH 1 – Pilih jenis pemasanganLANGKAH 2 – Pilih bahasaLANGKAH 3 – Pilih lokasiLANGKAH 4 – Konfigurasi keyboardLANGKAH 5 – Konfigurasi jaringanLANGKAH 6 – Siapkan kata sandi rootLANGKAH 7 – Buat pengguna baruLANGKAH 8 – Partisi diskLANGKAH 9 – Konfigurasikan manajer paketLANGKAH 10 – Konfigurasikan kontes popularitasLANGKAH 11 – Pemilihan perangkat lunakLANGKAH 12 – Instal GRUBKesimpulanDownload Debian 11 ISO image

Ada tiga jenis gambar Debian yang tersedia.
Netinstall (gambar instalasi kecil) – Anda memerlukan koneksi internet untuk menginstal ini image.Cloud images – Anda dapat menggunakan gambar ini untuk menyebarkan debian di berbagai platform cloud seperti OpenStack, Amazon EC2, dan Microsoft Azure. Gambar instalasi lengkap – Ini mungkin yang Anda inginkan untuk menyiapkan desktop atau server Debian lengkap di bare metal system.
Buka halaman unduhan resmi dan unduh image iso Debian 11 sesuai dengan arsitektur mesin Anda.

Jika Anda akan menginstal Debian 11 dalam bare metal, Anda harus membuat DVD atau drive yang dapat di-boot. Bagian berikut mencantumkan berbagai metode dan alat untuk membuat drive USB Linux yang dapat di-boot.
Membuat media yang dapat di-boot Debian 11

Setelah mengunduh citra ISO Debian 11, Anda perlu membuat media USB yang dapat di-boot. Ada banyak alat pembuatan USB yang dapat di-boot untuk membuat media USB yang dapat di-boot

Anda dapat memilih salah satu alat berikut untuk membuat USB yang dapat di-boot Debian 11 bullseye.

Baris perintah alat pembuatan USB yang dapat di-boot:
Cara Membuat Drive USB Multiboot Dengan Ventoy Di LinuxCara Membuat yang Dapat Di-boot Drive USB Menggunakan dd CommandBootiso Memungkinkan Anda Membuat Drive USB yang Dapat Di-boot dengan Aman Di Linux
Alat pembuatan USB yang dapat di-boot grafis:
Membuat Drive USB yang Dapat Di-boot dengan Ventoy WebUI Di LinuxMembuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dan Kartu SD Dengan Etcher Di LinuxPopsicle – Buat Beberapa Drive USB yang Dapat Di-boot SekaligusBuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dengan USBImager Di LinuxKindd – Tampilan Grafis Untuk dd Command
Jika Anda ingin menginstal dan menguji Debian di hypervisor apa pun (Virtualbox, KVM, Vmware), lewati saja pembuatan media dan boot ISO image.
Debian 11 langkah instalasi demi langkah

Pastikan Anda telah mengatur USB sebagai perangkat bootable pertama Anda di BIOS sistem Anda. Boot sistem Anda dengan media bootable Debian 11 yang baru dibuat dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal Debian 11 bullseye.
LANGKAH 1 – Pilih tipe instalasi

Dari menu penginstal Debian, pilih “Instal Grafis” untuk memulai proses instalasi Debian.
LANGKAH 2 – Pilih bahasa

Pilih bahasa yang akan digunakan untuk instalasi dan bahasa sistem.
LANGKAH 3 – Pilih lokasi

Pilih lokasi Anda dan zona waktu Anda akan ditetapkan.
LANGKAH 4 – Konfigurasikan keyboard

Pilih tata letak keyboard dan tekan Continue.

Komponen penginstal akan dimuat dari disk sebelumnya pergi ke langkah berikutnya.
LANGKAH 5 – Konfigurasi jaringan

Ini adalah pengaturan jaringan di mana Anda akan mengatur nama host untuk mesin Anda.

Ketika Anda menekan lanjutkan akan meminta Anda untuk nama domain seperti example.com. Berikan nama domain sesuai dengan lingkungan Anda. Karena ini adalah mesin uji, saya tidak memberikan nama domain apa pun. Tekan Lanjutkan untuk melanjutkan.
LANGKAH 6 – Atur kata sandi root

Pada langkah ini, atur kata sandi untuk akun root. Buat kata sandi yang kuat untuk akun root.
LANGKAH 7 – Buat pengguna baru

Menggunakan pengguna root untuk semua aktivitas bukanlah praktik terbaik. Root hanya boleh digunakan saat Anda melakukan aktivitas terkait sistem dan aktivitas yang memerlukan hak istimewa yang lebih tinggi. Jadi pada langkah ini, Anda membuat pengguna baru yang dapat digunakan sebagai pengganti root.

Masukkan kata sandi untuk akun pengguna yang dibuat pada langkah sebelumnya.
LANGKAH 8 – Partisi disk

Pada langkah ini, Anda harus memutuskan bagaimana Anda akan mempartisi disk Anda. Ada empat opsi untuk dipilih.
Guided Partition – Gunakan seluruh disk.Guided Partition – Gunakan seluruh disk dan atur LVM.Guided Partition – Gunakan seluruh disk dan atur LVM terenkripsi.Partisi manual.
Jika Anda ingin sistem menangani partisi, Anda dapat memilih [1] di mana seluruh disk akan digunakan. Untuk LVM, Anda dapat memilih [2] dan untuk LVM terenkripsi, pilih [3]. Jika Anda ingin mengatur semuanya sendiri, pilih partisi manual [4].

Di sini saya memilih metode instalasi manual. Pilih drive dan tekan Continue.

Di jendela berikutnya, akan muncul pilihan untuk memilih drive dan membuat partisi baru.

Pilih create new partition dan tekan continue.

Berikan ukuran partisi pada langkah ini.

Pilih jenis partisi ( Misalnya Primer, Logis) dan tekan Continue.

Pilih jenis sistem file, mount point, dan tekan “Selesai pengaturan partisi”.

Demikian pula, buat partisi lain, dan setelah semua partisi dibuat, Anda akan melihat tabel partisi. Sebelum menyimpan perubahan ke disk, Anda dapat mengedit partisi jika diinginkan.

Di jendela berikutnya, ia akan meminta untuk menulis perubahan ke disk. Klik “Ya” dan tekan “Lanjutkan”.

Instalasi bullseye Debian 11 akan dimulai sekarang.
LANGKAH 9 – Konfigurasi manajer paket

Setelah beberapa menit, Anda akan diminta untuk memindai media tambahan. Pemindaian media tambahan ini untuk penggunaan manajer paket (apt). Biasanya Anda tidak akan memiliki media tambahan selain gambar iso yang Anda boot. Jadi tekan “Tidak” dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Pada langkah ini, akan diminta untuk mengkonfigurasi mirror jaringan. Mengkonfigurasi mirror jaringan akan memastikan paket terbaru diinstal menggunakan Internet meskipun ada banyak paket yang dikirimkan bersama media instalasi (ISO). Jika Anda memiliki koneksi internet, pilih “Ya”. Jika Anda tidak memiliki internet, pilih “Tidak”.

Jika Anda memilih “Ya” pada langkah sebelumnya, Anda akan diminta untuk memilih cermin terdekat dari daftar negara.

Seperti yang disarankan oleh penginstal, pilih deb.debian. org mirror dan tekan Continue.

Jika mesin Anda dikonfigurasi untuk mengakses Internet melalui proxy, masukkan informasi proxy. Jika Anda tidak memiliki proxy, biarkan kosong dan tekan Continue.
LANGKAH 10 – Konfigurasikan kontes popularitas

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk berpartisipasi dalam kontes popularitas. Jika Anda memilih “Ya”, itu akan mengirimkan statistik paket ke pengembang setiap minggu. Pilih “Ya” jika Anda ingin berpartisipasi atau “Tidak” jika Anda ingin melewati. Anda juga dapat menjalankan perintah berikut untuk mengubah pilihan Anda nanti.

$ dpkg-konfigurasi ulang popularitas-kontes

LANGKAH 11 – Pemilihan perangkat lunak

Pada langkah ini, pilih lingkungan desktop. Setiap lingkungan desktop dilengkapi dengan seperangkat utilitasnya sendiri. Di sini saya Menginstal XFCE sebagai lingkungan desktop saya.

Setelah Anda menekan Lanjutkan, penginstal akan mulai menginstal lingkungan desktop.
LANGKAH 12 – Instal GRUB

Pada langkah ini akan diminta untuk menginstal boot loader GRUB di drive utama. Pilih “Ya” dan tekan Continue.

Pilih drive untuk menginstal boot loader.

Tunggu beberapa saat hingga installer menginstal boot loader. Pada langkah berikutnya, tekan Continue untuk menyelesaikan instalasi.

System akan di-boot ulang dan Anda akan diminta untuk login menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang Anda buat saat instalasi.

Selamat! Anda telah berhasil menginstal Debian 11 bullseye dengan lingkungan desktop XFCE.

Anda dapat memeriksa versi terinstal Debian dengan menjalankan perintah berikut.

$ cat /etc/os-release

Conclusion

Dalam panduan ini, kita membahas langkah-demi-langkah Petunjuk penginstalan Debian 11. Dibandingkan dengan distribusi berbasis Debian lainnya seperti Ubuntu, instalasi Debian 11 berbeda dan mungkin rumit jika ini adalah distribusi Linux pertama Anda. Namun, setelah Anda men-setup Debian 11, itu sangat kokoh dan stabil dibandingkan distribusi Linux lainnya.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: