Cara Menginstal Fedora 35 [Panduan Langkah Demi Langkah]

Penantian sudah berakhir! Fedora Linux 35 telah dirilis! Jika Anda seorang pemula yang ingin menginstal dan menguji versi terbaru Fedora, maka kami di sini untuk membantu Anda dalam menyiapkan sistem operasi. Panduan langkah demi langkah ini menjelaskan cara mengunduh edisi workstation Fedora 35 terbaru, dan kemudian cara menginstal Fedora 35 dengan tangkapan layar.
Contents
Apa yang baru di Fedora 35? Unduh Fedora 35 ISO imageBuat media yang dapat di-boot Fedora 35 Langkah-langkah instalasi Fedora 35LANGKAH 1 – Boot sistem dengan Fedora ISOSTEP 2 – Pilih bahasa instalasiLANGKAH 3 – Konfigurasikan keyboard, zona waktu dan partisi driveLANGKAH 3.1 – Konfigurasi tata letak keyboardLANGKAH 3.2 – Konfigurasi zona waktuLANGKAH 3.3 – Partisi diskLANGKAH 4 – Mulai instalasi FedoraLangkah 5 – Instalasi Fedora PostLangkah 6 – Tetapkan kata sandi root (Opsional)KesimpulanApa yang baru di Fedora 35?

Fedora 35 hadir dengan Gnome 41 dan meningkatkan dukungan untuk manajemen daya. Ini dikirimkan dengan Linux Kernel 5.14 yang meningkatkan dukungan GPU dan USB4.

Perbaikan juga telah dilakukan pada kabel pipa yang merupakan sistem audio default sejak Fedora 34. Pustaka sistem dan bahasa pemrograman juga telah diperbarui ke versi terbaru, sehingga pengguna memiliki paket terbaru yang siap digunakan. Untuk detail lebih lanjut, periksa pengumuman rilis Fedora 35.
Download Fedora 35 ISO image

Ada tiga jenis distribusi penawaran fedora.
Fedora Workstation – Penggunaan desktop Server Fedora – Beban kerja serverFedora IoT – IoT ekosistem
Dalam artikel ini, fokus kami hanya pada workstation Fedora 35 instalasi.

Unduh gambar ISO Fedora 35 dari halaman unduhan resmi. Anda juga dapat memilih untuk mengunduh gambar ISO melalui file torrent.
Buat media yang dapat di-boot Fedora 35

Setelah file ISO Fedora 35 diunduh, Anda perlu membuat media USB yang dapat di-boot. Ada banyak alat pembuatan USB yang dapat di-boot yang tersedia untuk membuat media USB yang dapat di-boot

Anda dapat memilih salah satu alat berikut untuk membuat USB yang dapat di-boot Fedora Linux.

Peralatan pembuatan USB yang dapat di-boot baris perintah:
Cara Membuat Drive USB Multiboot Dengan Ventoy Di LinuxCara Membuat USB yang Dapat Di-boot Berkendara Menggunakan dd CommandBootiso Memungkinkan Anda Membuat Drive USB yang Dapat Di-boot dengan Aman Di Linux
Alat pembuatan USB yang dapat di-boot grafis:
Membuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dengan Ventoy WebUI Di LinuxMembuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dan Kartu SD Dengan Etcher Di LinuxPopsicle – Buat Beberapa Drive USB yang Dapat Di-boot SekaligusBuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dengan USBImager Di LinuxKindd – Tampilan Grafis Untuk dd Command
Jika Anda ingin menginstal dan menguji Fedora di hypervisor apa pun (Virtualbox, KVM, Vmware), lewati saja pembuatan media dan boot ISO image.
Langkah-langkah instalasi Fedora 35

Kami sekarang memiliki Fedora 35 yang dapat di-boot sedang di tangan. Colokkan ke sistem Anda dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal desktop Fedora 35.
LANGKAH 1 – Boot sistem dengan Fedora ISO

Boot ISO dan tunggu penginstal melakukan tugasnya. Anda akan mendapatkan lingkungan hidup dengan dua pilihan seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Jika Anda ingin menguji fedora35 sebelum menginstal pilih “Coba Fedora” dan mulai menggunakan sistem operasi. Untuk memulai instalasi pilih “Install to Hard drive”.

Jika Anda adalah pengguna baru fedora dan menginstal di bare metal, saya sarankan Anda menguji sistem operasi terhadap perangkat keras dan kompatibilitas jaringan sebelum menginstal.
LANGKAH 2 – Pilih bahasa instalasi

Dalam langkah ini, Anda harus memilih bahasa yang ingin Anda gunakan selama proses instalasi. Setelah memilih bahasa, tekan Continue.
LANGKAH 3 – Konfigurasikan keyboard, zona waktu, dan partisi drive

Pada langkah ini, ada tiga parameter penting yang harus Anda konfigurasikan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
Tata Letak KeyboardWaktu & TanggalPartisi Hard DiskLANGKAH 3.1 – Konfigurasi tata letak keyboard
Anda dapat memilih satu atau lebih tata letak papan ketik dan konfigurasikan pintasan papan ketik untuk beralih di antara tata letak yang berbeda.
LANGKAH 3.2 – Konfigurasi zona waktuPilih “Tanggal & Waktu” berdasarkan lokasi geografis Anda. Anda dapat memilih wilayah dan kota atau menggunakan peta untuk memilih lokasi Anda. Anda juga dapat mengaktifkan protokol waktu jaringan (NTP) dengan mengaktifkannya.
LANGKAH 3.3 – Partisi disk
Pada langkah ini, Anda harus memutuskan bagaimana disk Anda akan dipartisi. Secara default, sistem akan melakukan partisi otomatis.

Tetapi selalu disarankan untuk memiliki rencana dan membuat skema partisi Anda sendiri. Pilih “Kustom” dan tekan “Selesai” untuk mulai membuat partisi khusus.

Pada langkah berikutnya, Anda harus memilih partisi standar atau LVM dan tekan simbol (+) untuk menambahkan partisi baru.

Di layar berikutnya, Anda akan diminta untuk membuat titik pemasangan baru dan menetapkan ruang untuknya.

Sekarang Anda telah membuat partisi baru dan menetapkan ruang untuknya. Secara default, ini akan menggunakan EXT4 sebagai sistem file tetapi Anda dapat mengubahnya dari jendela partisi utama. Ikuti langkah-langkah di atas dan mulailah membuat skema partisi Anda sendiri.

Setelah Anda membuat partisi yang diperlukan, tekan “Selesai” dan itu akan meminta Anda untuk menerima perubahan untuk partisi tersebut. Klik Accept Changes untuk menyimpan skema partisi dan lanjutkan ke langkah berikutnya.
LANGKAH 4 – Mulai instalasi Fedora

Sekarang ketiga parameter dari ringkasan instalasi dikonfigurasi dan tekan “Mulai Instalasi” untuk melanjutkan menginstal desktop Fedora 35.

Setelah instalasi selesai, tekan “Selesai Instalasi”.

Reboot mesin untuk mulai menggunakan Fedora 35.
Langkah 5 – Instalasi Fedora Post

Setelah me-reboot mesin, Anda akan mendapatkan wizard pengaturan baru. Ini akan meminta Anda untuk mengatur beberapa parameter seperti fitur lokasi, pelaporan bug, pembuatan pengguna baru, dll.

Klik “Mulai Pengaturan untuk” lanjutkan.

Di layar berikutnya, Anda akan memiliki opsi untuk mengonfigurasi pengaturan terkait privasi seperti mengaktifkan layanan lokasi dan pelaporan kesalahan otomatis. Alihkan tombol ON/OFF untuk mengaktifkan atau menonaktifkan layanan ini. Secara default, keduanya akan diatur ke ON.

Selanjutnya, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan repositori pihak ketiga. Repositori pihak ketiga menyediakan aplikasi tambahan atau perangkat lunak berpemilik dari sumber eksternal. Secara default, opsi ini dinonaktifkan.

Pada langkah berikutnya, Anda dapat menghubungkan satu atau beberapa akun online untuk mengakses email, kontak, kalender, dokumen, dan foto Anda dari awan. Anda juga dapat melakukannya nanti dari bagian Pengaturan.

Masukkan detail akun pengguna Anda di sini. Pengguna ini akan otomatis ditambahkan ke daftar sudoers.

Masukkan kata sandi pengguna dua kali.

Selamat! Fedora 35 siap digunakan!

Berikut adalah tampilan desktop Fedora 35 GNOME.

Untuk melihat versi yang diinstal, buka bagian Pengaturan -> Tentang.

Anda juga dapat memeriksa versi Fedora yang diinstal dari baris perintah menggunakan perintah berikut:

$ cat /etc/fedora-release Fedora release 35 (Tiga Puluh Lima)

Or, gunakan perintah berikut untuk melihat detail output.
$ cat /etc/os-release
Contoh output:

NAME="Fedora Linux" VERSION="35 (Edisi Workstation )" ID=fedora VERSION_ID=35 VERSION_CODENAME="" PLATFORM_ID="platform:f35" PRETTY_NAME="Fedora Linux 35 (Edisi Workstation)" ANSI_COLOR="0;38;2;60;110;180" LOGO=fedora-logo -icon CPE_NAME="cpe:/o:fedoraproject:fedora:35" HOME_URL="https://fedoraproject.org/" DOCUMENTATION_URL="https://docs.fedoraproject.org/en-US/fedora/f35/system -administrators-guide/" SUPPORT_URL="https://ask.fedoraproject.org/" BUG_REPORT_URL="https://bugzilla.redhat.com/" REDHAT_BUGZILLA_PRODUCT="Fedora" REDHAT_BUGZILLA_PRO DUCT_VERSION=35 REDHAT_SUPPORT_PRODUCT="Fedora" REDHAT_SUPPORT_PRODUCT_VERSION=35 PRIVACY_POLICY_URL="https://fedoraproject.org/wiki/Legal:PrivacyPolicy" VARIANT="Edisi Workstation" VARIANT_ID=workstation

Langkah 6 – Tetapkan kata sandi root (Opsional)3 Ihhhn pengguna yang baru dibuat akan ditambahkan ke daftar sudoers, sehingga Anda dapat melakukan tugas administratif menggunakan pengguna tersebut dengan mengawali sudo dengan setiap perintah. Jika Anda ingin menyetel/mengubah kata sandi pengguna root untuk alasan apa pun, begini caranya:

$ sudo passwd root

Conclusion

Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkah untuk menginstal Fedora35 Gnome edisi desktop dengan tangkapan layar. Seperti yang Anda lihat, instalasi Fedora 35 cukup mudah dan mudah.

Sudahkah Anda mencoba Fedora 35? Bagikan pengalaman Anda dengan kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: