eSpeak NG – Text To Speech Synthesizer Untuk Linux

eSpeak NG adalah baris perintah, software speech synthesizer multi-bahasa untuk bahasa Inggris dan banyak bahasa lainnya. Kita dapat mengonversi teks ke ucapan menggunakan eSpeak NG di Linux dan sistem mirip Unix. eSpeak NG adalah versi terbaru dari mesin eSpeak yang dibuat oleh Jonathan Duddington.

eSpeak NG akan membacakan teks yang diberikan untuk Anda! Itu dapat berbicara teks baik dari input standar atau dari file. Jadi, Anda dapat langsung memberikan frasa untuk berbicara sebagai input untuk eSpeak NG atau menyimpan teks dalam file dan kemudian meneruskan file teks tersebut sebagai input. Menggunakan text-to-speech untuk berbicara melalui perangkat suara default.

Anda juga dapat menyimpan file output dalam format wav atau mp3, alih-alih berbicara secara langsung. File yang dihasilkan dapat diputar di pemutar media apa pun, seperti VLC, SMplayer, dll. Ini juga dapat menerjemahkan teks ke dalam kode fonem.

eSpeak NG melakukan sintesis teks ke ucapan untuk 100+ bahasa dan aksen, termasuk Afrikaans, Albania, Aragon, Armenia, Bulgaria, Kanton, Katalan, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Esperanto, Estonia, Persia, Finlandia, Prancis, Georgia, Jerman, Yunani, Hindi, Hongaria, Islandia, Indonesia, Irlandia, Italia, Kannada, Kurdi, Latvia, Lithuania, Lojban, Makedonia, Malaysia, Malayalam, Mandarin, Nepal, Norwegia, Polandia, Portugis, Punjabi, Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Spanyol, Swahili, Swedia, Tamil, Telugu, Turki, Vietnam, Welsh dan banyak lagi. Beberapa bahasa didukung lebih baik daripada yang lain.

Anda dapat menggunakan eSpeak NG untuk mendengarkan blog dan situs berita dan juga mengonversi file teks menjadi suara untuk orang dengan gangguan penglihatan. eSpeak mencakup suara yang berbeda, dan karakteristiknya dapat diubah.

eSpeak NG adalah aplikasi lintas platform yang mendukung Android, Linux, Mac OS, dan Windows. Ini adalah program open source gratis yang ditulis dalam bahasa pemrograman C. Kode sumber proyek eSpeak NG di-host di GitHub.
Install eSpeak NG di Linux

eSpeak NG dikemas untuk sistem operasi Linux populer, sehingga Anda dapat menginstal eSpeak menggunakan manajer paket default.

Untuk menginstal eSpeak NG di Arch Linux, EndeavourOS dan Manjaro Linux, jalankan:

$ sudo pacman -S espeak-ng

Debian, Ubuntu dan turunannya seperti Linux Mint dan Pop OS:

$ sudo apt install espeak-ng

Fedora, CentOS, AlmaLinux, dan Rocky Linux:

$ sudo dnf install $ sudo zypper install espeak-ng

Mengubah teks menjadi ucapan menggunakan eSpeak NG

eSpeak NG sepenuhnya kompatibel dengan eSpeak pendahulunya. Faktanya, eSpeak NG menggunakan opsi baris perintah yang sama dengan eSpeak, dengan beberapa fungsi tambahan. Mari kita lihat beberapa contoh.

1. Ucapkan frasa dengan lantang menggunakan eSpeak NG:

$ espeak-ng "Selamat datang di blog OSTechNix"

Atau, Anda dapat menggunakan perintah echo untuk menyalurkan frasa tersebut sebagai input ke eSpeak NG seperti di bawah ini:

$ echo "Keunggulan bukan kebetulan. proses, dimana seorang individu, organisasi atau bangsa terus menerus berusaha untuk memperbaiki diri. - APJ Abdul Kalam" | espeak-ng

eSpeak NG akan membacakan string yang diberikan melalui perangkat suara default.

2. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, eSpeak NG dapat membacakan konten dari file.

$ espeak-ng -f file.txt

Or,

$ cat file.txt | espeak-ng

3. Baca input teks dari input standar alih-alih file:

$ espeak-ng

Ketik kata yang akan diucapkan dan tekan tombol ENTER. Untuk keluar, tekan CTRL+C.

4. Jika Anda ingin menyimpan output ke file audio WAV, daripada mengucapkannya secara langsung, gunakan -w flag:

$ espeak-ng -w audio.wav "Saya menggunakan Arch, BTW"

5. eSpeak dapat mencetak fonem suatu teks.

Perintah berikut akan mengucapkan kata “ostechnix”, dan mencetak fonem yang diucapkan.

$ espeak-ng -x ostechnix

Contoh output:

'0stEkn,Iks

6. eSpeak NG mendukung beberapa suara yang berbeda. Untuk membuat daftar semua suara yang didukung oleh eSpeak NG, jalankan:

$ espeak-ng --voices

Anda juga dapat membuat daftar semua suara yang berbicara bahasa tertentu, misalnya bahasa Inggris (en), seperti di bawah ini:

$ espeak-ng --voices=en

7 . eSpeak NG akan mengucapkan teks yang diberikan menggunakan suara bahasa Inggris default. Jika Anda ingin menggunakan suara yang berbeda, jalankan:

$ espeak-ng -v 

Contoh:

$ espeak-ng -vta "வாழ்க !"

8. Untuk detail selengkapnya tentang eSpeak NG, lihat halaman manual:

$ man espeak-ng

Gespeaker – Front-end GTK ke eSpeak

Gespeaker adalah front-end GTK+ text to speech untuk eSpeak dan mbrola. Ini memungkinkan Anda memutar teks dalam banyak bahasa. Anda dapat menyesuaikan berbagai pengaturan seperti suara, nada, volume dan kecepatan.

Untuk menginstal Gespeaker di Debian, Ubuntu dan turunannya, jalankan:

$ sudo apt install gespeaker

Setelah diinstal, luncurkan Gespeaker dari menu atau peluncur aplikasi. Antarmuka default Gespeaker akan terlihat seperti di bawah ini:

Penggunaan Gespeaker cukup mudah! Masukkan teks untuk diucapkan dan klik tombol Putar. sesederhana itu!!

Anda dapat memilih bahasa dan suara (pria atau wanita) untuk digunakan dari tab Pengaturan dasar dan menyesuaikan nilai untuk pengaturan nada, volume, kecepatan, dan penundaan sesuai keinginan dari bagian Pengaturan lanjutan.

Resources:
eSpeak NG Repositori GitHub

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: