Tutorial Bash Heredoc Untuk Pemula

Ketika bekerja dengan skrip Bash, Anda mungkin berakhir dalam situasi di mana Anda harus memproses serangkaian input menggunakan perintah yang sama. Untungnya, ada cara di Bash untuk mencapai ini dengan cara yang lebih optimal menggunakan HereDoc.

HereDoc, singkatan dari Here Document, adalah metode Pengalihan input untuk melewatkan banyak input ke program atau perintah. Konsep heredoc tidak secara eksklusif terkait dengan Bash saja. Banyak bahasa pemrograman populer seperti Perl, Ruby, PHP mendukung heredoc.

Pada artikel ini, kita akan melihat sintaks dan penggunaan heredoc dengan beberapa kasus penggunaan di dunia nyata. Semua contoh dalam artikel ini dibuat sederhana, sehingga bahkan seorang pemula pun dapat memahami konsep ini dengan mudah. Mari masuk dan mulai bermain dengan heredoc di Bash.
Contents
DisiniSintaks DocMencetak String MultiLine Menggunakan HereDoc Di BashPengalihan dan Pipa Di SiniDocTab Suppression Di SiniDocVariabel Dan Ekspansi Perintah Di SiniDocKomentar MultiLine Dengan SiniDocEscaping Karakter Khusus Di SiniContoh Contoh Penggunaan Doc Di SiniDoc Contoh Penggunaan 2 Di SiniDoc : Menggunakan HereDoc dengan DB ClientContoh 3: Menjalankan Perintah Jarak Jauh dengan HereDoc dan SSHConclusionHereDoc Syntax

Diagram berikut menggambarkan sintaks heredoc.

Here,
Command – Perintah apa pun (cat, wc, mail, dll.) yang menerima pengalihan. Operator Pengalihan (

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: