Cara Dual Boot Ubuntu 22.04 LTS dan Windows 11

Hai teman-teman, dalam panduan ini kami akan menunjukkan cara mengkonfigurasi setup dual-boot Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) bersama Windows 11.

Agar ini berfungsi, Anda harus menginstal Windows 11 di PC Anda. Anda kemudian perlu membuat partisi terpisah pada hard drive Anda di mana Ubuntu 22.04 akan diinstal. Kami akan membahas semua ini, jadi jangan khawatir.
Prasyarat 
Sebelum mengatur layar dengan pengaturan dual-boot, inilah yang Anda butuhkan.
A drive USB bootable Ubuntu 22.04 Anda dapat mengunduh image ISO Ubuntu 22.04 dengan menuju ke Ubuntu halaman unduhan 22.04. Dengan ISO image di tempat, ambil drive USB 16GB dan gunakan aplikasi Rufus untuk membuatnya dapat di-boot.Koneksi internet yang cepat dan stabil
Langkah 1) Buat Partisi Gratis di Hard Drive Anda

Seperti yang disebutkan dalam pendahuluan, pertama-tama kita harus membuat partisi terpisah pada hard drive tempat kita akan menginstal Ubuntu 22.04.

Jadi, buka utilitas manajemen disk dengan menekan Tombol Windows + R

Di kotak dialog, ketik diskmgmt.msc dan tekan ENTER.

Konsol manajemen disk menampilkan disk saat ini partisi seperti yang Anda lihat di bawah ini. Kami akan membuat partisi untuk menginstal Ubuntu dengan Mengecilkan ‘Volume E’. Ini mungkin berbeda dalam pengaturan Anda, tetapi ikuti saja dan Anda akan mendapatkan drift.

Jadi, klik kanan pada volume yang ingin Anda kecilkan dan pilih ‘Shrink’.

Sebuah kotak dialog pop-up akan muncul seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Tentukan jumlah ruang yang akan disusutkan dalam MB dan klik ‘Shrink’.

Ini adalah ruang yang ditujukan untuk instalasi Ubuntu 22.04.

Setelah mengecilkan ruang, itu akan muncul sebagai ‘Tidak terisi’ atau ‘Ruang Kosong’ seperti yang ditunjukkan.

Dengan ruang kosong di tempat, sekarang colokkan media USB yang dapat di-boot ke PC Anda dan reboot sistem Anda. Juga, pastikan untuk mengakses pengaturan BIOS dan mengubah prioritas boot untuk menjadikan drive USB sebagai prioritas pertama. Simpan perubahan BIOS dan lanjutkan ke boot.

Step 2) Mulai instalasi

Pada layar pertama, Anda akan mendapatkan menu GRUB ditampilkan seperti yang ditunjukkan. Pilih opsi pertama ‘Coba atau Instal Ubuntu’ dan tekan ENTER.

Ubuntu 22.04 akan mulai memuat seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Ini membutuhkan waktu paling lama satu menit.

Setelah itu, wizard penginstalan akan terbuka memberi Anda dua opsi: ‘Coba Ubuntu’ dan ‘Instal Ubuntu’. Karena misi kami adalah menginstal Ubuntu, pilih yang terakhir.

Selanjutnya, pilih tata letak Keyboard pilihan Anda dan klik ‘Lanjutkan’.

Dalam langkah ‘Pembaruan dan Perangkat Lunak Lain’, pilih ‘Instalasi Normal’ untuk menginstal versi GUI Ubuntu dan centang opsi lainnya untuk mengizinkan pengunduhan pembaruan dan penginstalan perangkat lunak pihak ketiga untuk grafik, perangkat keras WiFi, dan utilitas lainnya.

Kemudian klik ‘Lanjutkan’.

Langkah berikutnya menyediakan dua opsi untuk penginstalan. Opsi pertama -‘Hapus disk dan instal Ubuntu’ – sepenuhnya menghapus drive Anda dan menginstal Ubuntu’. Tetapi karena ini adalah pengaturan boot ganda, opsi ini akan menjadi bencana bagi instalasi Windows Anda yang sudah ada.

Oleh karena itu, pilih ‘Sesuatu yang lain’ dan klik ‘Lanjutkan’.

Tabel partisi akan ditampilkan dengan semua partisi disk yang ada. Sejauh ini, kami hanya memiliki partisi NTFS dan ruang kosong yang kami menyusahkan sebelumnya. mulai dengan partisi, klik tanda [ + ] di bawah partisi ‘Free Space’.

Isi detail /boot partisi seperti yang ditunjukkan kemudian klik ‘OK’.

Selanjutnya, tentukan partisi /home dan klik ‘OK’.

Next , tentukan partisi / ( root ) dan klik ‘OK’.

Untuk menentukan ruang swap, atur ukuran dan pilih ‘Swap area’ untuk opsi ‘Gunakan sebagai:’.

Terakhir, buat partisi sistem EFI jika Anda menggunakan boot UEFI mode. Kami akan menetapkan 300 MB ke partisi EFI.

Di bawah ini adalah ringkasan partisi di tabel partisi kami.

Untuk melanjutkan instalasi, klik ‘Instal Sekarang’. Pada pop-up yang ditunjukkan di bawah ini, klik ‘Lanjutkan’ untuk menyimpan perubahan ke disk.

Selanjutnya, wizard penginstalan akan mendeteksi lokasi Anda secara otomatis. Cukup klik ‘Lanjutkan’.

Selanjutnya, buat pengguna login dengan menentukan nama, nama komputer, dan kata sandi. Kemudian klik ‘Lanjutkan’.

Pada titik ini, wizard penginstalan akan menyalin semua file dan paket Ubuntu ke partisi hard drive yang dibuat secara manual dan menginstal paket perangkat lunak yang diperlukan.

Proses ini memakan waktu cukup lama, jadi bersabarlah. Dalam kasus kami, dibutuhkan sekitar 30 menit.

Setelah penginstalan selesai, klik ‘Restart Now’ untuk mem-boot ulang sistem.

Pada titik ini, lepaskan drive USB yang dapat di-boot dan tekan ‘ENTER’

Ketika sistem dimulai ulang, Anda akan menemukan semua pilihan untuk Ubuntu dan Windows 11.

Pilih ‘Ubuntu’ untuk boot ke instalasi Ubuntu 22.04 baru Anda. Untuk boot ke Windows 11, pilih entri berlabel ‘Windows Recovery Environment.

Dan di sana Anda memilikinya. Kami telah mendemonstrasikan cara mem-boot ganda Windows 11 dengan Ubuntu 22.04.