Cara Instal Garuda Linux Langkah demi Langkah dengan Screenshot

Garuda Linux adalah distribusi Linux yang ramah pengguna dan menarik secara visual yang populer di kalangan gamer. Ini adalah distribusi bergulir berdasarkan Arch Linux yang dirancang untuk menawarkan kinerja yang patut dicontoh sambil berfokus pada menawarkan pengalaman pengguna yang imersif dengan tema desktop yang indah dan elegan.

Garuda Linux menawarkan kepada penggunanya berbagai pilihan lingkungan desktop yang dinamis termasuk Plasma KDE, GNOME, LXQt -win, Xfce, dan Qtile untuk menyebutkan beberapa. Seperti Arch Linux, ia menggunakan Pacman sebagai manajer paket default dan dikirimkan dengan banyak koleksi paket perangkat lunak.

Sorotan utama dari Garuda Linux meliputi:
Calameres installer untuk menyederhanakan proses instalasi. BTRFS adalah sistem file default dengan kompresi zstd. Kernel Linux yang disempurnakan untuk multimedia dan permainan yang dioptimalkan.Tema desktop yang elegan dengan efek blur di luar kotak.Garuda Assistant GUI tool untuk mengelola berbagai tugas bersama dengan kakap.Snapshot otomatis menggunakan alat pencadangan Timeshift.Garuda Settings Manager untuk mengelola kernel dan driver.Garuda gamer untuk mengelola game software.
Dalam panduan ini, kami akan mendemonstrasikan cara menginstal Garuda Linux langkah demi langkah dengan tangkapan layar.

Langkah 1) Unduh ISO

Garuda LinuxLangkah pertama dalam menginstal Garuda Linux adalah mengunduh file gambar ISO. Saat ini, ada 10 Edisi Garuda yang tersedia. Jadi, pergilah ke halaman Unduh Garuda resmi dan unduh file ISO pilihan Anda.

Setelah Anda mengunduh file ISO Garuda Linux, ambil drive USB 16GB dan buat media instalasi USB yang dapat di-boot menggunakan Rufus, Balena Etcher atau perangkat lunak lain untuk menulis file gambar ke drive USB.

Langkah 2)  Boot sistem dengan media instalasi

Dengan media instalasi tersedia, sambungkan ke PC Anda dan reboot sistem. Pastikan untuk mengatur drive USB yang dapat di-boot untuk memiliki prioritas booting tertinggi dan melanjutkan booting.

Layar pertama yang muncul memberi Anda daftar opsi seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Anda dapat memilih opsi ‘Boot dengan driver sumber terbuka’ atau ‘Boot yang mengizinkan driver berpemilik (NVIDIA)’.

Segera setelah itu, Anda akan melihat pesan boot muncul di layar Anda selama satu menit atau lebih.

Instalatur Garuda akan diinisialisasi, dan Anda akan melihat logo Garuda Linux.

A nanti, Anda akan mendarat di lingkungan live Garuda Linux. Pada layar pembuka, klik ‘Install Garuda Linux’ untuk memulai instalasi Garuda Linux.

Langkah 3) Pilih Bahasa Instalasi

Instaler Calameres yang cantik dan intuitif akan muncul. Di sidebar kiri adalah daftar langkah-langkah penginstalan yang harus Anda lakukan.

Untuk melanjutkan penginstalan, pilih bahasa penginstalan dan klik ‘Berikutnya’.

Langkah 4)  Pilih Wilayah Geografis

Berikutnya, pilih lokasi dan waktu geografis Anda saat ini atau yang diinginkan zona dan klik ‘Berikutnya’

Langkah 5)  Pilih Tata Letak Keyboard

Berikutnya, pilih tata letak pilihan Anda. Di sini, kita akan menggunakan pilihan default yang berfungsi dengan baik. Kemudian klik ‘Berikutnya’.

Langkah 6) Konfigurasikan Partisi

Pada bagian ini, Anda akan diminta untuk mempartisi hard drive Anda. Anda akan disajikan dengan dua opsi seperti yang ditunjukkan.
Erase Disk: Opsi ini menghapus semua yang ada di hard drive Anda termasuk sistem operasi yang ada dan semua file. Lebih disukai jika Anda ingin memulai dari awal. Selain itu, opsi mempartisi hard drive secara otomatis dan direkomendasikan untuk pengguna Linux yang tidak nyaman dengan pemartisian manual. Partisi Manual: Opsi ini menawarkan otonomi untuk membuat partisi disk Anda. Disarankan jika Anda ingin memiliki pengaturan boot ganda. Untuk panduan ini, kami akan menggunakan ‘Pemartisian manual’. Ini adalah partisi yang akan kita buat:
/boot/efi      –   512MBSwap           –   8GB/                   –   18GB/home         –   14GB

Selanjutnya, klik ‘Tabel Partisi Baru’

n yang akan dipilih dengan GPT Tabel (GPT) paling disukai, dan klik ‘Ok’.

Hard drive Anda akan diberi label sebagai ‘Ruang Kosong’ sebagai permulaan. Ini karena sejauh ini belum ada partisi yang dibuat. Untuk mulai membuat partisi disk, klik ‘Buat’.

Karena kita menggunakan mode boot UEFI, kita akan mulai dengan membuat partisi /boot/efi seperti yang ditunjukkan.
Ukuran: 512MBSistem File: FAT32Mount Point:  /boot/efiFlag:  boot
Setelah Anda selesai , klik ‘ok’.

for spasi swap:
size: 512mbfile Sistem: linuxswapflag: swap

for /partition
size: btrf -poundspnspn. /bendera: root

for ini. Untuk melanjutkan, klik ‘Berikutnya’.

Langkah 7)  Buat login dan pengguna administratif

Berikutnya, Anda akan diminta untuk membuat pengguna login reguler dan akun root. Oleh karena itu, isi rincian yang diperlukan seperti yang ditunjukkan di bawah ini dan klik ‘Berikutnya’.

Langkah 8) Ringkasan Instalasi & Mulai Instalasi Garuda

Ringkasan dari semua pengaturan yang telah Anda konfigurasi atau pilih akan ditampilkan. Jadi, tinjau pengaturan dengan hati-hati, dan jika semuanya terlihat baik, klik ‘Install’.

Pada pop-up yang muncul, klik ‘Install Now’ untuk mengonfirmasi.

Instalasi Garuda Linux akan dimulai saat installer menyalin file dari instalasi media ke hard drive. Ini memakan waktu sekitar 30 menit, sehingga Anda dapat mengambil nafas.

Setelah instalasi selesai, klik ‘Restart’ dan kemudian klik ‘Done’ untuk reboot untuk masuk ke instalasi Garuda baru Anda.

Setelah sistem di-reboot, Anda akan dapatkan pop-up bantuan Garuda berikut yang meminta Anda untuk menerapkan pembaruan sistem. Jadi, klik ‘Oke’.

Ini membuka terminal tempat pembaruan paket akan dilakukan. Otentikasi dengan kata sandi Anda dan tekan ENTER.

Setelah pembaruan selesai, Anda kemudian akan diminta untuk masuk menggunakan kata sandi Anda.

Kesimpulan
Ini menyimpulkan panduan instalasi Garuda Linux ini. Semua yang terbaik saat Anda memulai dengan salah satu distribusi Linux berbasis Arch yang paling menarik secara visual